8 Cara Mengatasi HP Oppo Lemot 100% Berhasil

Abockbusup.com – Pemilik HP Oppo mungkin pernah merasakan performa smartphonenya menurun dan menjadi lemot. Masalah seperti ini biasanya bisa diselesaikan dengan metode yang sederhana. Penasaran seperti apa cara mengatasi HP Oppo lemot?

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan tentang cara untuk mengatasi smartphone yang lemot, khususnya untuk merek Oppo. Kalau kamu adalah salah satu pemilik HP dengan merek tersebut, sebaiknya jangan lewatkan pembahasan yang akan disampaikan pada artikel ini.

Cara Mengatasi HP Oppo Lemot

HP Oppo yang lemot bisa terjadi karena beberapa hal. Oleh karena itu, penyelesaiannya pun bisa dilakukan dengan beberapa metode. Semua metode tersebut akan dijelaskan secara lengkap di bawah ini.

1. Restart HP

Tahukah kamu kalau merestart HP merupakan langkah paling mudah untuk mengatasi permasalahan? Saat HP dalam posisi menyala atau hidup, seluruh fungsinya aktif. Semua aplikasi pun terbuka, termasuk yang berjalan di latar belakang.

Hal ini membuat smartphone menjadi lemot. Untuk menghentikan seluruh proses tersebut, kamu bisa melakukan restart. Sudah tahu bagaimana cara restart HP Oppo?

  1. Tekan tombol power dan tahan.
  2. Setelah muncul menu di layar, klik tombol Restart.
  3. Kalau HP lemot dan tidak merespons, klik dan tahan tombol power selama beberapa detik.
  4. Kalau smartphone Oppo kamu sudah getar dan muncul logo di layar, lepaskan jari dari tombol power.

2. Hapus Cache

Kalau smartphone kamu sudah nyala kembali setelah restart, langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah membersihkan cache. File sampah atau cache yang menumpuk bisa membuat storage atau penyimpanan penuh.

Saat penyimpanan internal sudah penuh, performa smartphone pun menurun. Ini membuat HP Oppo lemot. Untuk mengatasinya, kamu harus menghapus cache dari setiap aplikasi. Berikut ini cara untuk menghapus cache di HP Oppo.

  1. Buka Settings terlebih dahulu. Biasanya, menu ini diakses dari ikon yang ada di home.
  2. Setelah berhasil membuka Settings, scroll dan klik pada menu App management.
  3. Berikutnya, klik pada salah satu aplikasi.
  4. Klik Storage.
  5. Berikutnya, klik pada tombol Clear cache.
  6. Lakukan hal yang sama untuk semua aplikasi.
Baca Juga:  4 Cara Mengatasi HP Lupa Email Setelah di Reset

Langkah di atas memang membutuhkan waktu karena kamu harus melakukannya satu per satu. Namun ini merupakan cara terbaik dibandingkan menggunakan aplikasi pembersih. Pasalnya, aplikasi pembersih biasanya tidak bisa bekerja secara maksimal.

3. Uninstall Aplikasi Tidak Terpakai

Cara mengatasi HP Oppo lemot berikutnya adalah uninstall aplikasi. Tujuan dari langkah ini kurang lebih sama seperti sebelumnya, yaitu mengosongkan memori internal. Harapannya adalah membuat performa smartphone meningkat.

Langkah ini juga bisa mengurangi beban RAM dan prosesor untuk menjalankan aplikasi di latar belakang. Pasalnya, beberapa smartphone yang “kentang” memang sangat berat ketika menjalankan aplikasi berukuran besar.

Untuk uninstall aplikasi, caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu klik dan tahan pada ikon aplikasi. Berikutnya pilih menu Uninstall. Mudah, bukan?

Selain dengan cara itu, kamu juga bisa uninstall aplikasi dengan cara berikut:

  1. Buka Settings.
  2. Klik App management.
  3. Pilih salah satu aplikasi.
  4. Kalau detail aplikasi sudah ditampilkan, klik tombol Uninstall atau Disable.
  5. Klik Yes untuk mengonfirmasi.

4. Hapus File Tidak Terpakai

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mengosongkan memori merupakan salah satu cara mengatasi HP Oppo lemot. Oleh karena itu, sebaiknya kamu hapus semua file yang tidak terpakai.

Jangan biarkan file menumpuk di smartphone. Kalau tidak ingin menghapus filenya, kamu bisa memilih untuk melakukan backup di penyimpanan cloud. Contohnya seperti OneDrive atau Google Drive.

5. Kurangi Penggunaan Animasi Berlebih

Menggunakan tema yang aneka ragam dan interaktif memang menyenangkan. Namun hal tersebut bisa membuat smartphone bekerja keras. Kalau dibiarkan, seluruh energi smartphone akan dihabiskan untuk memproses animasi dan tema.

Akibatnya, resource smartphone seperti CPU dan RAM sudah tidak sanggup menjalankan aplikasi lainnya. Hal inilah yang membuat smartphone menjadi lemot, khususnya di HP Oppo di kelas low end.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Kalau kamu menggunakan HP Oppo dengan spesifikasi yang mumpuni, tidak akan menjadi masalah untuk menggunakan efek animasi yang memanjakan mata.

6. Update Aplikasi

Tahukah kamu kalau aplikasi yang sudah out of date justru membuat smartphone menjadi lemot? Oleh karena itu, kamu harus rajin-rajin mengupdate aplikasi, khususnya yang sudah kamu install di HP Oppo.

Untuk mengupdate aplikasi, kamu bisa melakukannya melalui Google Play Store. Berikut ini langkah-langka yang bisa kamu ikuti.

  1. Buka aplikasi Google Play Store dengan cara mengeklik ikonnya di halaman home screen.
  2. Kalau sudah terbuka, klik pada ikon profil. Letaknya ada di bagian kanan search bar.
  3. Sekarang klik pada menu My apps & games.
  4. Di halaman selanjutnya, kamu akan melihat daftar aplikasi yang harus diupdate. Untuk mengupdate semuanya sekaligus, klik Update All.
  5. Sekarang kamu hanya perlu menunggu sampai proses update berakhir dengan sukses.

Sebaiknya gunakan Wi-Fi saat mengupdate aplikasi seperti ini. Kalau kamu menggunakan paket data, kemungkinan akan menghabiskan banyak kuota.

7. Perbarui Sistem Operasi

Tidak hanya aplikasi, sistem operasi atau OS juga wajib kamu perbarui secara rutin. Hal ini bisa dilakukan untuk mengatasi HP Oppo lemot. Apakah kamu sudah tahu bagaimana cara update OS di Oppo? Yuk, simak tutorial yang akan disampaikan di bawah ini.

  1. Masuk ke Settings terlebih dahulu.
  2. Kemudian scroll ke bagian bawah dan klik pada menu Software update.
  3. Jika ada update, halaman tersebut akan memberikan notifikasi.
  4. Sekarang klik pada Update Now.
  5. Sekarang HP Oppo akan menginstall update. Mungkin prosesnya akan cukup lama. Jadi, pastikan baterai HP kamu masih cukup, ya.

8. Factory Reset

Sudah melakukan semua cara yang dilakukan di atas tapi masih belum berhasil membuat HP Oppo jadi sat set? Kalau memang begitu, artinya kamu harus melakukan langkah yang lebih berani, yaitu memilih opsi factory reset.

Baca Juga:  10 Cara Mengatasi Volume HP Naik Turun Sendiri

Factory reset atau setelan pabrik merupakan salah satu opsi yang tersedia di semua smartphone. Fungsinya adalah mengembalikan HP ke setelan pabrik atau ke pengaturan awal, seperti saat masih baru.

Jadi, data-data kamu yang ada di smartphone akan dihapus semua. Termasuk juga aplikasi-aplikasi yang sudah diinstall. Opsi ini memang cukup ampuh untuk mengatasi smartphone lemot. Ini dia cara factory reset HP Oppo.

  1. Masuk ke Settings terlebih dahulu. Kamu bisa mengeklik ikon yang ada di home screen maupun dari control center.
  2. Berikutnya scroll ke arah bawah dan klik pada menu Additional Settings.
  3. Sekarang klik Backup and Reset.
  4. Lalu pilih opsi Remove All Contents and Settings.
  5. Sekarang HP Oppo akan memproses permintaan kamu, yaitu menghapus semua data.
  6. Prosesnya akan memakan waktu selama beberapa menit.
  7. Kalau smartphone sudah restart, artinya factory reset sudah selesai.
  8. Kamu bisa melakukan konfigurasi seperti saat HP masih baru.

HP Oppo lemot biasanya dipengaruhi oleh banyaknya aplikasi yang diinstall, file menumpuk, bahkan usia pemakaian yang sudah cukup lama.

Kalau kamu sudah mempraktikkan semua cara mengatasi HP Oppo lemot di atas tapi masih belum berhasil, artinya memang sudah waktunya untuk beli HP baru.

Baca Juga:

error: