8 Cara Mengatasi Baterai HP Kembung Terbaru 2024

Abockbusup.com – Cara mengatasi Baterai HP kembung pada era modern seperti sekarang memang sudah dapat dilakukan dengan sangat mudah. Meski ada banyak cara untuk bisa mengatasi permasalahan pada baterai HP yang kembung, namun perlu diingat jika proses penanganan yang perlu dilakukan harus teliti.

Bicara soal baterai pada perangkat ponsel, tentu bisa diketahui jika baterai merupakan salah satu komponen paling penting. Baterai secara umum merupakan komponen utama yang mempengaruhi daya hidup pada perangkat.

Apabila baterai pada perangkat ponsel menurun, maka hal tersebut akan menyebabkan beberapa masalah. Adapun masalah yang dimaksud disini yaitu seperti baterai ngedrop. Baterai yang bermasalah, jika terus menerus di charge akan mengakibatkan baterai menjadi kembung.

Beberapa Penyebab Utama Baterai Ponsel Rusak

Penggunaan perangkat ponsel yang terlalu intens tentu dapat menyebabkan kerusakan pada komponen baterai. Jika hal tersebut terjadi, maka ada beberapa hal yang menyebabkan baterai pada ponsel rusak. Apa saja penyebab kerusakan pada komponen baterai yaitu sebagai berikut.

1. Menggunakan Charger yang Tidak Sesuai

Salah satu penyebab utama mengapa baterai menjadi kembung yaitu karena penggunaan charger yang salah. Selama pengisian daya perangkat ponsel, selalu pastikan pemilik HP selalu menggunakan charger yang sesuai.

Meski bentuk adaptor yang digunakan menuju lubang pengisian sama, namun setiap merek charger memiliki fitur dan daya yang berbeda satu sama lainnya. Oleh karena hal tersebut, selalu pastikan pemilik perangkat ponsel memiliki charger dengan penyaluran daya yang dibutuhkan perangkat.

Perlu diingat, menggunakan charger yang kurang sesuai akan mengakibatkan pengisian daya baterai menjadi kurang maksimal. Adapun hal tersebut dapat terjadi karena setiap charger memiliki spesifikasi pada perangkat ponsel yang berbeda satu sama lainnya.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan

2. Over Charging

Salah satu kebiasaan yang dapat mengakibatkan baterai pada ponsel rusak adalah tindakan over charging. Bagi pengguna perangkat ponsel, tentu bisa diketahui jika tindakan satu ini seringkali tidak disadari.

Untuk bisa mengetahui cara mengatasi baterai HP kembung, maka langkah termudah yang bisa dilakukan adalah dengan merubah kebiasaan buruk tersebut. Hindari pengisian daya baterai pada saat akan tidur karena hal tersebut sering menyebabkan kondisi pengguna tidak sadar saat mengisi baterai.

3. Penggunaan Daya Baterai yang Berlebihan

Penyebab lain mengapa baterai pada perangkat ponsel rusak adalah karena penggunaannya yang terlalu berlebihan. Penggunaan yang berlebihan di sini tentu dapat merujuk pada beberapa kegiatan seperti bermain game dan menonton live streaming yang terus menerus.

Ketika pemilik HP tengah melakukan kegiatan tersebut, maka tidak mengherankan jika perangkat yang digunakan akan mengalami overheating atau kondisi panas yang berlebihan. Apabila dibiarkan terus menerus, maka kondisi tersebut akan merusak baterai ponsel di kemudian hari.

4. Menggunakan Powerbank yang Tidak Support

Perlu diingat, pemakaian beberapa fitur pada perangkat ponsel memang seringkali menyebabkan konsumsi pemakaian daya baterai menjadi sangat besar. Karena kondisi tersebut, maak tidak sedikit dari pengguna HP yang kemudian menggunakan Powerbank untuk pengisian daya.

Penggunaan powerbank memang akan sangat membantu para pengguna perangkat ponsel. Selain karena ponsel dapat dicas kapan dan di mana saja, powerbank juga terbilang sangat praktis saat dibawa.

Meski ada banyak keuntungan saat kamu menggunakan powerbank, namun perlu diingat jika tidak semua powerbank memiliki fitur pengisian daya yang baik. Ada banyak powerbank dengan harga murah yang dapat menyebabkan kerusakan saat pengisian daya baterai.

Oleh karena hal tersebut, cobalah untuk memilih powerbank yang memiliki kualitas terbaik. Jangan mudah tergiur dengan barang murah, namun kualitasnya masih diragukan.

Cara Mengatasi Baterai HP Kembung

Permasalah baterai ponsel yang kembung secara umum memang dialami oleh para pengguna perangkat ponsel. Apabila kondisi tersebut terjadi, lantas bagaimana cara untuk bisa mengatasi masalah tersebut?

Baca Juga:  7 Cara Mengatasi Layar HP Yang Tidak Bisa Ditekan

Apabila baterai ponsel menggembung, lantas berikut beberapa cara yang bisa dilakukan para pengguna HP untuk bisa mengatasi masalah tersebut. Adapun caranya akan dijelaskan di bawah ini.

1. Melepas Baterai dari Perangkat Ponsel

Cara mengatasi baterai HP kembung yang pertama adalah dengan cara mengempiskan baterai yang kembung tersebut terlebih dahulu. Untuk bisa melakukan hal tersebut, sebenarnya para pemilik HP tidak membutuhkan beberapa peralatan khusus.

Salah satu alat yang bisa digunakan yaitu obeng. Untuk bisa mengempiskan baterai yang sudah terlanjur menggembung, maka pertama pengguna HP perlu melepas baterai yang terdapat pada perangkat terlebih dahulu.

2. Masukkan ke Dalam Freezer

Salah satu penyebab mengapa baterai bisa menggembung adalah gas yang berlebihan. Hal tersebut tentu dapat terjadi karena hasil dari reaksi kimia antara antara elektrolit dan elektroda.

Dengan mengetahui penyebab baterai bisa menggembung, maka cara mengatasi Baterai HP kembung yang dapat dilakukan adalah dengan menusukan baterai tersebut dengan jarum. Jika tidak berkenan, maka ada solusi kedua di dimana baterai ponsel dapat dimasukkan ke dalam freezer lemari es.

Untuk bisa memastikan baterai aman saat dimasukkan ke dalam freezer lemari es, maka sangat disarankan kepada pemilik HP untuk membungkus baterai tersebut terlebih dahulu menggunakan plastik kering.

3. Mengeringkan Baterai

Cara mengatasi Baterai HP kembung yang selanjutnya adalah dengan mengeringkan baterai. Untuk bisa mengeringkan baterai, pengguna perangkat ponsel dapat meletakkan baterai tersebut di tempat yang teduh selama beberapa jam.

Selain itu, pemilik HP juga dapat memanfaatkan kipas angin sebagai pengering. Saat mengirimkan baterai, pastikan pemilik HP tidak meletakkan baterai tersebut di bawah sinar matahari langsung. Meletakkan baterai di bawah sinar matahari dapat menyebabkan baterai meledak.

4. Melepas dan Memasang Ulang Baterai

Setelah baterai yang kalian keringkan sudah siap, maka langkah terakhir untuk bisa mengatasi permasalahan baterai kembung adalah dengan memasukkan baterai tersebut ke dalam perangkat ponsel.

Baca Juga:  6 Cara Setting DNS Pribadi di Android 100% Mudah

Saat pengguna HP memasukkan baterai ke dalam ponsel, selalu pastikan casing pada bagian belakangnya telah tertutup dengan benar. Ingat, jangan sampai ada celah yang terbuka.

Panduan Cara Merawat Baterai

Setelah di atas dijelaskan beberapa cara untuk mengatasi masalah pada baterai yang menggembung, maka informasi terakhir yang perlu diketahui adalah bagaimana cara melakukan perawatan pada baterai. Untuk bisa melakukan perawatan pada baterai, maka berikut caranya.

1. Menggunakan Charger Bawaan

Menggunakan charger bawaan pada perangkat ponsel asli adalah tindakan yang sangat penting. Hal ini perlu dilakukan karena setiap charger bawaan sudah disesuaikan dengan kebutuhan daya pada perangkat ponsel.

Apabila daya yang dihasilkan pada charger berbeda dari daya yang bisa ditanggung oleh perangkat ponsel, maka hal tersebut dapat menyebabkan baterai menggelembung dan overheat.

2. Memastikan Daya Baterai pada Rentang 50-90%

Secara umum, daya baterai biasanya dapat bekerja secara optimal di rentang 50-90%. Saat menggunakan perangkat ponsel, usahakan baterai tidak sampai 0% dan usahakan juga tidak menyentuh sampai 100%.

Penutup

Merawat baterai pada perangkat ponsel tentu menjadi kewajiban setiap pengguna HP. Selain untuk bisa menjaga performa daya baterai tetap optimal, perawatan baterai yang baik juga dapat menghindarkan baterai menjadi menggelembung atau panas.

Apabila di sini baterai pada perangkat ponsel sudah terlanjur dalam kondisi menggembung, maka beberapa cara mengatasi Baterai HP kembung di atas dapat dicoba untuk dipraktekkan.

Baca Juga: