9 Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri 2022

Abockbusup.com – Masalah layar HP bergerak sendiri memang sangat menyebalkan. Aktivitas seperti scroll media sosial, menonton video, atau bermain game, semuanya terganggu karena masalah tersebut. Kalau mengalami hal seperti ini, sebaiknya segera praktikkan cara mengatasi layar HP bergerak sendiri.

Layar HP bisa bergerak sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal. Umumnya hal ini diakibatkan oleh charger yang tidak sesuai, HP panas, layar kotor, dan masih banyak lagi. Sebaiknya kenali penyebabnya terlebih dahulu sebelum mencoba cara-cara yang akan dijelaskan di bawah ini.

Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan tentang beberapa cara yang bisa dipraktikkan untuk mengatasi permasalahan layar HP gerak sendiri. Simak terlebih dahulu dari awal sampai akhir supaya tidak bingung.

1. Restart

Metode pertama ini merupakan salah satu cara paling umum yang bisa dilakukan untuk mengatasi segala permasalahan pada smartphone. Merestart HP akan membuat seluruh aspek pada sistem kembali normal.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk merestart HP ketika bermasalah. Tidak hanya layar gerak sendiri, restart juga bisa mengatasi HP hang atau ngelag, HP tidak keluar suara, sinyal hilang, dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan restart, kamu hanya perlu menekan dan menahan tombol power sampai muncul beberapa opsi di layar. Kemudian klik Restart.

Kalau cara tersebut tidak bisa dilakukan karena layar HP terus menerus bergerak sendiri, lakukan restart secara paksa. Caranya adalah menekan dan menahan tombol power selama 10 detik atau sampai HP bergetar.

Lepaskan jari dari tombol power kalau sudah muncul logo di layar dan smartphone memulai proses booting.

2. Ganti Charger

Seperti yang sudah disebutkan di atas, layar HP bergerak sendiri juga bisa terjadi karena penggunaan yang kurang sesuai. Biasanya disebabkan oleh output charger yang lebih besar ketimbang kebutuhan HP.

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca di HP 2022

Oleh karena itu, cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengganti charger. Pastikan kamu menggunakan charger original bawaan handphone. Kalau terpaksa menggunakan charger lain, pastikan output, baik voltase maupun amperenya sesuai dengan spesifikasi smartphone.

3. Touchscreen Tester

Sebagian layar smartphone Android sudah dilengkapi dengan fitur multi touch. Ini memungkinkan layar smartphone merespons sentuhan di beberapa titik sekaligus. Namun fitur ini terkadang mengalami error sehingga layar bergerak sendiri.

Cara mengatasi layar HP bergerak sendiri yang disebabkan oleh multitouch error bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga, yaitu Touchscreen Tester. Aplikasi bisa dengan mudah ditemukan di Google Play Store.

Sudah mendownload aplikasinya? Oke, sekarang ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui apakah ada kerusakan di layar kamu atau tidak.

  1. Buka aplikasi Touchscreen Tester terlebih dahulu.
  2. Sentuh layar menggunakan 5 jari.
  3. Perhatikan apakah semua jari tersebut terdeteksi atau tidak.

Aplikasi tersebut akan memberi tahu kamu apabila ada kerusakan pada touchscreen, terutama ketika fitur multi touch tidak berfungsi.

4. Kalibrasi Layar

Layar yang mengalami bug atau error bisa diatasi dengan kalibrasi layar. Proses kalibrasi ini akan cukup panjang. Sebaiknya kamu perhatikan tutorialnya terlebih dahulu, setelah itu baru bisa mempraktikkannya.

  1. Download dan install aplikasi bernama Touchscreen Calibration melalui Google Play Store terlebih dahulu.
  2. Kalau sudah selesai diinstall, klik pada tombol Open untuk membukanya.
  3. Klik pada menu Calibrate.
  4. Kalau sudah, mulai dengan melakukan Test Pad. Ikuti saja perintah atau petunjuk yang diberikan oleh aplikasi. Misalnya geser jari di layar, double tap, sentuh dan tahan, dan masih banyak lagi.
  5. Aplikasi akan menampilkan akurasi dari setiap sentuhan atau ketukan yang dilakukan pengguna.
  6. Berikutnya akan muncul notifikasi Calibration Successfully.
  7. Klik OK dan gunakan smartphone Android seperti biasa.
Baca Juga:  8 Cara Mengatasi HP Patah Patah Saat Main Game Free Fire

5. Kosongkan Kapasitas RAM

Layar HP yang bergerak sendiri umumnya disebabkan karena ghost touch. Bukan sentuhan hantu, ya. Ini hanya istilah untuk menyebut adanya sentuhan yang tidak diinginkan oleh pengguna.

Salah satu penyebab dari ghost touch itu sendiri adalah kapasitas RAM yang sudah penuh. Untuk mengatasinya, tentu saja kamu harus memeriksa RAM dan mengosongkannya bila perlu.

Untuk mengosongkan RAM caranya sangat mudah, tinggal tutup saja aplikasi yang berjalan di latar belakang. Bila perlu, pilih opsi Force Close.

6. Bersihkan Layar dan Anti Goresnya

Permasalahan layar yang bergerak-gerak sendiri tidak hanya disebabkan oleh hal-hal teknis dan kompleks. Terkadang penyebabnya sangat simpel dan mungkin tidak kamu duga. Contohnya seperti layar dan touchscreen yang kotor sehingga muncul ghost touch.

Untuk mengatasinya, hal yang perlu kamu lakukan adalah membuka anti gores, membersihkan layar, dan memasang kembali anti gores. Kamu juga perlu mengganti anti gores ini secara berkala supaya layar tetap berfungsi maksimal.

7. Perbaiki Firmware

Tahukah kamu bahwa sistem Android atau biasa disebut dengan firmware berdampak besar terhadap smartphone? Salah satu dampaknya adalah pada layar.

Kalau tiba-tiba layar bergerak sendiri padahal kamu tidak melakukan apa-apa, bisa jadi ada permasalahan pada firmware.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu memperbaikinya. Bisa dengan melakukan update ke Android yang lebih baru. Namun pada beberapa smartphone, khususnya seri lama, masalah ini justru bisa diselesaikan dengan downgrade sistem Android.

8. Factory Reset

Sudah melakukan langkah-langkah di atas tapi belum membuahkan hasil? Tenang dan jangan khawatir karena masih ada beberapa metode yang bisa dipraktikkan. Misalnya melakukan factory reset untuk mengembalikan settingan HP seperti saat masih baru.

Langkah ini terkadang works untuk mengatasi berbagai masalah di Android, terutama masalah yang berhubungan dengan software. Berikut ini langkah-langkah melakukan factory reset.

  1. Buka Settings di smartphone terlebih dahulu.
  2. Scroll sampai ke paling bawah dan klik pada opsi System.
  3. Pilih menu Reset Option.
  4. Klik pada menu Factory Reset.
  5. Kalau sudah yakin, klik Reset.
  6. Tunggu saja saat smartphone memproses factory reset. Prosesnya mungkin memakan waktu beberapa menit.
  7. Kalau sudah selesai, smartphone akan kembali menyala dan kamu akan diminta untuk melakukan setting ulang. Persis seperti saat baru unboxing baru.
Baca Juga:  7 Cara Mengatasi HP Ngeblank Error Tanpa Root

9. Kalibrasi Baterai

Tidak hanya layar yang perlu dikalibrasi, kamu juga perlu melakukan kalibrasi pada baterai. Pada beberapa smartphone, fungsi layarnya akan kembali normal setelah dikalibrasi baterainya. Cara melakukannya tidak terlalu sulit, tapi kamu butuh komitmen untuk menyelesaikannya.

  1. Gunakan HP sampai baterai habis.
  2. Isi sampai penuh dalam keadaan mati.
  3. Cabut charger lalu nyalakan HP-nya.
  4. Kalau baterai tidak 100%, charge lagi.
  5. Restart dan charge lagi kalau masih belum 100%.
  6. Lakukan terus sampai Hp menunjukkan kapasitas baterai 100% saat menyala setelah direstart dan dalam keadaan charger tidak terhubung.
  7. Biarkan HP sampai baterai kosong lagi.
  8. Isi baterai dalam keadaan menyala tanpa dipakai untuk aktivitas apa pun.

Apabila cara mengatasi layar HP bergerak sendiri di atas sudah dilakukan semua tapi tidak ada perubahan, mungkin memang sudah waktunya ganti LCD.

Sebaiknya bawa smartphone service center resmi untuk diperiksa. Jika perlu dilakukan penggantian LCD, kamu perlu membayar biaya tambahan kecuali masih garansi. Hindari mengganti LCD di tempat service HP biasa untuk menghindari pemakaian part KW.

Baca Juga:

error: