4 Cara Mengatasi HP Fastboot 100% Pasti Berhasil

Abockbusup.com – Berikut ini adalah cara mengatasi HP fastboot yang bisa kamu ikuti dengan cukup mudah. Biasanya, merek HP yang kerap mengalami fastboot adalah Xiaomi. Adapun di ponsel seri Xiaomi sering mengalami pesan fastboot yang muncul secara tiba-tiba.

Selain itu, HP Xiaomi tersebut menjadi tidak dapat masuk ke dalam sistem secara normal saat kondisi fastboot. Perlu siapa saja ketahui, tidak sedikit di HP Xiaomi terjadi masalah fastboot pada ponselnya baik seri keluaran lama ataupun keluaran baru.

Lantas apa itu kondisi fastboot Xiaomi? Kenapa HP Xiaomi bisa tiba-tiba masuk ke dalam fastboot seperti itu? Berikut ini adalah informasi selengkapnya yang penting untuk disimak.

Cara Mengatasi HP Fastboot dengan Mudah

Sebelum mengetahui cara untuk mengatasi HP fastboot, penting pahami dahulu kenapa HP fastboot? Sebenarnya, fastboot di Xiaomi adalah mode recovery yang berguna untuk memperbaiki sistem jika tengah ada kerusakan.

Tetapi, kalau HP sedang dalam kondisi normal, tentu saja kamu sama sekali tidak memerlukan fastboot. Terlebih fastboot bukan merupakan menu yang kerap orang awam buka. Karena sebenarnya, mode fastboot ini juga tidak tersedia untuk sembarang orang.

Pasalnya, mode fastboot membutuhkan sebuah pengaturan tentang metode flash di smartphone Xiaomi ataupun Redmi. Jadi, mode fastboot memang telah pihak Xiaomi sembunyikan agar tidak mudah siapapun akses.

Tetapi karena beberapa alasan, maka bisa saja tidak sengaja masuk ke dalam mode fastboot. Untuk cara keluar dari fastboot sendiri, perlu diketahui dahulu penyebab munculnya fastboot di HP Xiaomi.

Beberapa penyebab kemunculan fastboot dalam HP Xiaomi paling sering karena tiga kemungkinan berikut ini:

  • Masuk fastboot secara tiba-tiba lantaran masalah pengecasan. Contohnya listrik yang tidak stabil atau charger tidak sesuai.
  • Menekan tombol volume di bawah saat ponsel baru dinyalakan.
  • Sistem tengah mengalami error atau firmware yaitu tidak sistem muat dengan sempurna.
Baca Juga:  8 Cara Mengatasi HP Oppo Lemot 100% Berhasil

Cara untuk Mengatasi HP Fastboot Xiaomi

Sekilas, ponsel yang ada di dalam mode fastboot mungkin tampak error. Padahal, faktanya tidak begitu adanya. Fastboot bukan sebuah kerusakaan di HP Xiaomi, sebab smartphone masih bisa dipakai selama memang sistemnya masih normal.

Berikut ini ada empat cara mengatasi HP fastboot yang bisa pengguna terapkan secara langsung:

1. Mengatasi HP Fastboot dengan Kombinasi Tombol Power + Tombol Volume

Produsen Xiaomi mendesain agar bisa masuk ke dalam fastboot memakai kombinasi tombol tertentu. Hal ini juga berlaku dengan keluar dari mode fastboot tersebut. Berikut ini adalah cara untuk keluar mode fastboot di HP Xiaomi:

  • Ketika HP Xiaomi dalam mode fastboot, silahkan tekan tombol power + tombol volume bawah.
  • Setelah itu, tunggu hingga proses restart ponsel berjalan.
  • Saat muncul logo MI, silahkan lepaskan tombolnya.
  • Berikutnya tunggu hingga HP selesai loading sistem sudah selesai.
  • Dengan begitu, HP Xiaomi dapat masuk ke dalam sistem secara normal kembali.

Ada juga alternatif lain untuk cara mengatasi ponsel Xiaomi fastboot selain tombol power + tombol volume bawah. Bisa juga tambah dengan tombol volume atas atau power + volume bawah + tombol volume atas. Cara selengkapnya yaitu:

  • Pertama tekan tombol power dalam waktu 8 sampai 10 detik ketika ponsel Xiaomi tengah fastboot.
  • Berikutnya tunggu hingga beberapa saat hingga HP mati.
  • Sesudah itu, nyalakan lagi HP seperti biasanya.
  • Jika sudah, maka fastboot otomatis hilang.

Kalau cara di atas masih belum berhasil, kamu bisa mencoba alternatif lainnya, yaitu menggunakan Command Prompt atau CMD.

2. Atasi HP Fastboot Menggunakan CMD

Untuk cara keluar dari fastboot Xiaomi yang bisa diterapkan berikutnya yaitu dengan memakai perintah CMD. Kamu dapat memakai perintah CMD tersebut untuk dapat mengembalikan smartphone ke settingan awal sebelum masuk ke mode fastboot. Bagaimana cara menggunakannya?

  • Pertama, silahkan klik kanan di file ADB Fastboot lalu Extract Here.
  • Berikutnya, masuk ke dalam Folder Fastboot.
  • Sesudah itu, silahkan hubungkan HP Xiaomi yang tengah stuck Fastboot memakai kabel data original.
  • Di dalam Folder ADB Fastboot, tekan kanan lalu klik opsi Open Command Windows Here.
  • Nantinya muncul perintah berupa Command Prompt.
  • Jika sudah silahkan tuliskan Fastboot Devices dan tekan Enter di dalam PC.
  • Setelah itu tuliskan perintah Fastboot Reboot dan lanjutkan klik Enter.
  • Kamu bisa tunggu hingga proses restart yang berlangsung selama beberapa detik.
  • Ponsel pun sudah bisa keluar dari mode fastboot.
Baca Juga:  5 Cara Mengatasi HP Xiaomi Fastboot Terbaru 2022

Namun untuk memakai CMD, pastikan sebelumnya memakai alat bantu seperti PC ataupun laptop. Kalau mempunyai alat bantu tersebut, maka bisa langsung masuk ke dalam CMD atau Command Prompt untuk mengatasi fastboot menggunakan mekanisme di atas.

3. Tahan Tombol Power

Kalau cara mengatasi HP fastboot di atas cukup rumit maka tak perlu khawatir. Sebab, ada juga alternatif lain yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan ponsel dalam kondisi fastboot. Adapun cara satu ini juga menggunakan tombol fisik seperti langkah di atas.

Untuk cara selengkapnya, silahkan simak informasinya di bawah ini:

  • Pertama-tama silahkan tekan tombol Power yang biasanya ada di samping ponsel selama 10 detik. Kamu bisa melakukan cara tersebut ketika HP Xiaomi dalam mode Fastboot.
  • Berikutnya silahkan tahan tombol Power tersebut sampai ponsel Xiaomi mati.
  • Jika HP mati, otomatis ponsel akan melakukan proses Reboot.
  • Kalau sudah begitu, otomatis fastboot akan hilang dan smartphone kembali seperti sedia kala.

Memang cara ini tidaklah sulit dan kerap menjadi alternatif user Xiaomi yang enggan menerapkan langkah rumit. Kemudian tunggu hingga smartphone melakukan reboot secara otomatis.

4. Melepas Baterai HP Xiaomi

Ada juga cara mengatasi HP fastboot Xiaomi paling mudah yaitu dengan melepaskan baterainya. Memang sebagian besar ponsel Xiaomi saat ini menggunakan baterai tipe tanam. Tetapi untuk ponsel Xiaomi tipe lama, ada juga yang masih memakai baterai mudah dilepas.

Jika menggunakan Xiaomi tipe itu, coba lepaskan baterainya ketika HP dalam mode fastboot. Jika baterai sudah terlepas, tunggu beberapa saat dan pasang kembali baterainya. Kalau HP tengah dalam kondisi mati. Silahkan tekan tombol Power agar bisa menyalakannya lagi.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi Baterai HP yang Tidak Bisa Penuh

Dengan begitu, maka fastboot akan hilang dan smartphone masuk ke dalam sistem seperti biasanya. Perlu diketahui, sebenarnya cara ini bisa pengguna lakukan untuk ponsel jenis baterai tanam. Tetapi cara ini mengharuskan untuk melepas casing HP Xiaomi yang terpasang menempel.

Namun, ada baiknya jika belum terbiasa apalagi belum pernah sama sekali jangan satu kali pun menerapkan cara tersebut. Solusi lainnya yang bisa dicoba yaitu tunggu hingga baterai HP Xiaomi habis terlebih dahulu lalu nyalakan kembali sesudah pengguna cas.

Seperti itulah cara mengatasi HP fastboot yang bisa pengguna terapkan. Tidak perlu risau jika mengalami masalah ini jika memang merasa sistem smartphone dalam kondisi normal-normal saja, sebab memang merupakan masalah umum.

Kecuali jika sistem ponsel tengah eror maka bisa mengambil langkah flashing ulang. Jika kurang mengerti, silahkan pergi ke jasa service smartphone terdekat.

Baca Juga:

error: