7 Cara Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri Baterai Tanam

Abockbusup.com – Banyak orang mencari cara mengatasi HP mati hidup sendiri baterai tanam karena memang masalah ini sangat merepotkan. Terlebih lagi ketika HP tersebut benar-benar dibutuhkan, pasti kamu akan panik dan tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Penggunaan baterai taman memang memberi banyak keuntungan bagi para penggunanya. Akan tetapi, ternyata jenis baterai tersebut tidak luput dari kekurangan. Salah satunya, yakni perangkat yang mati hidup sendiri tanpa sebab.

Namun untuk mengatasi masalah ini, kamu tidak bisa sembarangan. Pasalnya, penanganan yang salah justru akan mengakibatkan kerusakan yang lebih fatal. Jadi untuk mengantisipasinya, alangkah baiknya ikuti beberapa metode yang akan dijelaskan di bawah ini.

Cara Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri Baterai Tanam

Jadi ada beberapa cara menangani HP mati hidup sendiri baterai tanam yang bisa dicoba. Kamu bisa mencoba setiap metode yang ada di bawah ini sampai akhirnya HP yang digunakan dapat hidup dan bisa digunakan kembali.

1. Dengan melakukan kalibrasi HP

Kondisi HP mati hidup sendiri itu biasanya diakibatkan oleh baterai yang rusak. Jika hal ini terjadi, jangan tergesa-gesa untuk mengganti baterai baru. Kamu bisa mencoba kalibrasi HP dengan cara sebagai berikut ini.

  1. Langkah pertama, gunakan HP kamu sampai baterainya benar-benar habis alias mati total.
  2. Setelah itu, isi kembali daya baterai sampai penuh atau 100%. Pengisian ini dilakukan dalam kondisi HP mati.
  3. Jika sudah, lepaskan kabel charger HP dan hidupkan kembali.
  4. Pastikan indikator HP berada di angka 100% dan gunakan lagi hingga baterainya kosong lagi.
  5. Kemudian isi ulang lagi dayanya sampai penuh kembali.
  6. Hidupkan HP yang baterainya sudah penuh, lalu buka menu Pengaturan HP.
  7. Lalu buka menu Pengaturan Perawatan Perangkat, dan tap opsi Baterai.
  8. Tap pada opsi Penggunaan Baterai.
  9. Nah, sekarang kamu sudah berhasil melakukan kalibrasi HP. Jika HP tidak hidup mati, itu tandanya kalibrasi yang dilakukan benar-benar berhasil.
Baca Juga:  7 Cara Mengatasi HP di Hack 100% Terbukti Ampuh

2. Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga

Cara yang kedua, yakni dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Nah, aplikasi ketiga yang bisa kamu coba adalah Suhu Baterai. Kamu bisa mendownload dan memasang aplikasi ini secara gratis dari Google Play Store. Jika sudah, langsung saja lanjut ke langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka aplikasi Suhu Baterai yang sebelumnya sudah diinstall.
  2. Kemudian tap pada opsi cek suhu pada baterai yang terpasang.
  3. Tunggu selama saat hingga hasil pengecekan suhu keluar.
  4. Jika sudah, tap opsi optimalkan suhu baterai.
  5. Proses pengoptimalan suhu baterai akan berlangsung dan kamu perlu menunggu sampai selesai.
  6. Pengoptimalan suhu baterai ini akan membantu baterai tidak overheat dan membuat ponsel mati hidup.

3. Mengosongkan penyimpanan internal

Cara mengatasi HP mati hidup sendiri baterai tanam yang berikutnya, yakni dengan mengosongkan memori atau menghapus file-file di memori internal yang dirasa sudah tidak diperlukan lagi. Seperti yang sudah diketahui, salah satu penyebab HP mati adalah memori internal penuh.

Oleh sebab itu, kamu perlu mendeteksi apakah sisa memori internal masih banyak atau tidak. Jika tidak, maka disarankan untuk segera membersihkan atau mengoptimalkannya. Cara untuk mengoptimalkan memori internal, adalah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, buka dulu Pengaturan yang ada di HP kamu.
  2. Setelah itu, buka menu Perawatan Perangkat, dan tap opsi Device Management.
  3. Lanjut dengan memilih Penyimpanan atau Memori.
  4. Terakhir pilih opsi Optimalkan Sekarang, dan tap Selesai untuk mengakhiri proses.

Selain itu, kamu juga bisa membersihkan file-file yang dirasa sudah tidak digunakan lagi. Semakin banyak file yang dihapus itu semakin bagus, karena ruangan penyimpanan akan semakin lega. Bahkan kamu juga bisa menggunakan bantuan aplikasi ketiga untuk membersihkan file cache dan file sampah.

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi HP Xiaomi Fastboot Terbaru 2022

4. Melakukan hard reset

Selain beberapa cara yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamu juga bisa melakukan hard reset atau pengembalian ponsel ke pengaturan pabrik. Namun perlu untuk diketahui, bahwa cara yang satu ini juga cukup berisiko.

Pasalnya, hard reset tidak hanya mengembalikan pengaturan ponsel seperti semua saja, namun juga menghapus berbagai file dan data yang ada di dalamnya. Untuk itu, lakukan backup data terlebih dahulu, baru ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama buka dulu menu Pengaturan di HP kamu.
  2. Setelah itu, tap untuk membuka menu Manajemen Umum.
  3. Tap pada tombol Reset dan pilih opsi Reset Data Pabrik.
  4. Nantinya proses reset data pabrik akan segera berlangsung.

Pastikan selama proses reset data pabrik ini tidak ada gangguan sama sekali. Jika gagal di tengah jalan, maka bisa mengakibatkan masalah yang fatal. Untuk itu, jangan lupa untuk melakukan reset data pabrik dalam keadaan ponsel terhubung dengan charger.

5. Dengan update sistem

Masalah HP yang mati hidup sendiri ternyata juga bisa diatasi dengan melakukan update sistem. Bisa dibilang sistem yang belum diupdate, akan mengalami berbagai macam masalah, salah satunya adalah perangkat yang mati hidup sendiri.

Untuk itu, kamu bisa mengecek apakah perangkat yang digunakan meminta update sistem terbaru atau tidak. Jika memang ada notifikasi untuk segera update sistem, langsung saja lakukan pembaruan untuk mengatasi masalah-masalah yang terjadi.

6. Mengecek tombol power

Selain dari software, komponen hardware yang bermasalah juga bisa menyebabkan HP mati hidup sendiri. Nah, dalam hal ini, hardware yang kemungkinan besar menjadi penyebab masalah adalah tombol fisik power yang mungkin saja tertekan.

Untuk itu, coba kamu lepaskan dulu casing tambahan yang digunakan. Kemudian perhatikan, apakah HP tersebut masih mati hidup sendiri. Jika sudah tidak, maka berarti casing HP itulah yang menekan tombol power, sehingga menyebabkan HP error.

Baca Juga:  10 Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air

Namun jika casing tambahan sudah dilepas dan ternyata HP masih tetap bermasalah, bisa jadi karena tombol power-nya yang memang rusak. Untuk mengecek rusak tidaknya tombol power, mungkin kamu butuh bantuan orang yang memang sudah paham terkait smartphone.

7. Membawa HP ke tempat service

Jika semua metode yang ada di atas sudah dilakukan tetapi tidak ada yang berhasil, maka tidak ada cara lain yang bisa dilakukan selain membawa HP tersebut ke tempat servis. Ya, memang inilah cara terbaik yang dapat dilakukan ketika sudah tidak ada pilihan lain.

Walaupun akan menguras sedikit lebih banyak uang di kantong, namun membawa ke tempat service akan menghindarkanmu dari kerusakan yang lebih parah.

Perlu untuk diingat, jangan pernah coba membongkar HP sendiri karena bisa saja kerusakan yang terjadi malah bertambah atau menjadi lebih parah.

Beberapa cara mengatasi HP mati hidup sendiri baterai tanam yang sudah dijelaskan, sebenarnya memang cukup mudah untuk dilakukan. Kamu bisa mencoba setiap metode tersebut satu persatu hingga menemukan penyelesaian yang paling tepat.

Namun diingatkan sekali lagi, jangan sampai nekat membongkar HP tanpa pengetahuan yang cukup. Jika kerusakan menjadi tambah parah, tentu saja kamu sendiri yang akan rugi nantinya.

Baca Juga:

error: