10 Cara Mengatasi HP Gerak Sendiri 100% Berhasil


Abockbusup.com – Informasi seputar cara mengatasi HP gerak sendiri tentunya dibutuhkan untuk mereka yang mengalami problem ini. Bahasa lain dari hal tersebut adalah ghost touch dan merupakan masalah yang terjadi di layar LCD handphone Android. Disini, touchscreen mengalami error misalnya sering klik sendiri.

Tak dipungkiri, masalah ini sangat merepotkan. Apalagi kalau pengguna sedang melakukan aktivitas dengan layar, contohnya chatting. Pasti akan terjadi salah ketik yang akan membuat kalimat jadi acak-acakan. Ada juga error lainnya misalnya geser sendiri entah itu ke atas, ke samping, atau ke bawah.

Penyebab Layar Touchscreen Handphone Android Bergerak Sendiri

Ketika mengalami layar touchscreen handphone Android bergerak sendiri, ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebabnya seperti berikut ini:

  • Masalah di bagian charger.
  • Masalah di baterai.
  • Perangkat terlalu overheat.
  • Adanya bug pada sistem.
  • Kerusakan pada layar.

Masalah pada layar ini memang dapat terjadi pada semua tipe handphone Android dari berbagai merk. Mulai dari Vivo, Xiaomi, Oppo, Samsung, dan lain-lain tetap dapat mengalaminya. Oleh karena itu, untuk menuntaskan masalah ini bisa mengikuti panduan yang akan dijelaskan.

Beberapa Cara Mengatasi HP Gerak Sendiri

Untuk kamu yang mengalami kendala ini. Ada beberapa cara mengatasi HP gerak sendiri yang dapat dilakukan dan bisa diikuti sebagai berikut:

1. Melakukan Reboot

Untuk langkah pertama yang dapat kamu coba, sangatlah mudah, yaitu merestart perangkat yang mengalami masalah. Hal ini bertujuan untuk memberikan istirahat sementara bagi perangkat setelah digunakan dalam waktu yang lama.

Kemungkinan ghost touch disebabkan oleh smartphone yang bekerja di luar batas normal, sehingga mengalami overheat atau masalah serupa.

Baca Juga:  6 Cara Off WA Tanpa Mematikan Data Seluler di Samsung

2. Mengganti Baterai

Kelistrikan merupakan salah satu faktor yang sering menjadi penyebab utama masalah pada ponsel. Komponen yang dapat menyebabkan masalah ini adalah baterai. Jika baterai ponsel Android sudah rusak atau habis, maka dampaknya dapat menyebabkan touchscreen ponsel mengalami error.

Ini disebabkan oleh tegangan baterai yang tidak stabil, yang dapat semakin diperparah oleh kapasitas baterai yang abnormal. Selain menyebabkan layar ponsel bergerak sendiri, masalah baterai juga dapat menyebabkan masalah lain, seperti ponsel sering restart sendiri atau bahkan mati total.

Solusinya adalah dengan mengganti baterai dengan baterai baru yang asli, sehingga kapasitasnya real dan tegangannya stabil.

3. Mengganti Charger

Layar bergerak sendiri juga kerap kali hanya terjadi ketika dicas saja. Oleh karena itu jika mengalaminya, maka ada kemungkinan masalah pada charger smartphone tersebut.

Apabila handphone dicas kemudian touchscreen mengalami error, cara mengatasi HP gerak sendiri bisa mencoba mengganti charger dengan yang asli. Penggunaan charger KW yang kualitasnya tidak terjamin, bisa membuat masalah dan bahkan kerusakan, termasuk layar yang bergerak sendiri.

4. Memeriksa Kapasitas RAM

Untuk memperbaiki touchscreen yang tidak berfungsi dengan baik atau tidak responsif saat digunakan, salah satu caranya adalah dengan memeriksa kapasitas RAM pada smartphone. Alasannya, masalah tersebut bisa disebabkan oleh tidak hanya hardware, tapi juga software.

Jika kapasitas RAM pada smartphone terlalu penuh, maka hal tersebut dapat menyebabkan touchscreen tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, cobalah untuk memeriksa kapasitas RAM dan hapus aplikasi-aplikasi yang tidak penting atau jarang digunakan jika memang terlalu penuh.

Dengan begitu, pekerjaan RAM smartphone akan sedikit longgar, sehingga touchscreen akan berjalan dengan baik dan responsif. Ini merupakan salah satu cara efektif untuk mengatasi masalah touchscreen ghost touch.

5. Menggunakan Touchscreen Tester

Mungkin salah satu alasan mengapa touchscreen pada smartphone kurang responsif atau tidak berfungsi dengan baik adalah karena masalah dengan fitur multi touch-nya. Hal ini dapat menyebabkan hp terlihat rusak, padahal touchscreen hanya mengalami lag atau lemot saja.

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi HP Oppo A3S Mati Total Terbaru 2024

Untuk mengatasi masalah ini, pengguna dapat menggunakan aplikasi MultiTouch Tester yang dapat diunduh dan digunakan secara gratis di Google Play Store. Dengan menggunakan aplikasi ini, dapat diketahui apakah touchscreen pada perangkat android rusak atau tidak.

Caranya adalah dengan membuka aplikasi MultiTouch Tester dan menempelkan lima jari di layar. Aplikasi ini kemudian akan mendeteksi seberapa banyak jari yang terdeteksi.

Biasanya akan terdeteksi sebanyak 5 jari atau lebih, tergantung pada smartphone yang digunakan. Dengan demikian, akan kelihatan apakah touchscreen pada hp rusak atau tidak.

6. Memperbaiki Firmware

Sistem Android atau firmware mungkin mengalami beberapa masalah yang akan mempengaruhi kinerja android tersebut. Ini bisa terjadi pada layar, file yang tersimpan, kamera, aplikasi yang digunakan, atau hal lainnya.

Cara mengatasi HP gerak sendiri, salah satu solusinya adalah dengan melakukan pembaruan sistem android ke versi terbaru. Dengan melakukan upgrade, semua bugs dan masalah yang terdapat dalam sistem akan hilang secara otomatis.

7. Melakukan Factory Reset

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah pada smartphone adalah dengan melakukan setel ulang pabrik. Cara ini dapat membuat perangkat kembali pada tampilan default.

Namun, sebelum melakukan reset, pastikan untuk melakukan backup pada semua file yang ada pada smartphone. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti untuk melakukan factory reset:

  • Buka menu pengaturan atau setting.
  • Pilih setelan tambahan.
  • Pilih buat cadangan dan reset.
  • Pilih tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi yang dapat di Bongkar”.

8. Memperbaiki LCD

Dalam penggunaan smartphone, terkadang kita bisa ceroboh dan melakukan kesalahan seperti menjatuhkannya, terkena air atau debu. Hal ini dapat menyebabkan layar sentuh tidak dapat merespon dengan baik dan melompat-lompat (jumping).

Jika masalahnya belum parah, mungkin masih dapat memperbaikinya. Namun jika tidak dimungkinkan, maka mungkin harus mengganti layar LCD dengan yang baru.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi Layar HP Hitam Tapi Nyala 2024

9. Membersihkan Anti Gores

Menggunakan anti gores pada layar smartphone memang dilakukan agar melindungi dari debu, atau air atau goresan. Di samping itu, pemakaiannya juga dapat meminimalisir resiko layar pecah jika terjatuh atau terbentur benda tumpul.

Akan tetapi, karena penggunaannya dalam jangka waktu lama mungkin Ada banyak debu dan kotoran yang menempel. Dengan begitu, bisa membuat performa layar sentuh tidak maksimal dan bergerak sendiri. Oleh karena itu, gantilah dengan anti gores yang baru Jika memang sudah waktunya.

10. Mendinginkan Layar

Setiap perangkat, baik itu smartphone atau laptop, memiliki batas penggunaannya sendiri. Jika pemakaian terlalu berlebihan, perangkat tersebut akan mengalami overheat. Suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan banyak masalah, termasuk masalah pada layar atau LCD, seperti ghost touch.

Untuk menghindari masalah ini, usahakan untuk menggunakan perangkat sesuai dengan kemampuannya dan jangan memaksakan mereka untuk bekerja di luar batas kemampuannya.

Kesimpulan

Penyebab layar bergerak atau ghost touch pada smartphone Android bisa bervariasi, mulai dari masalah software hingga hardware. Jika sudah mengalaminya, Jangan dibiarkan begitu saja karena akan sangat mengganggu aktivitas baik itu chatting, video call, sosial media atau game online.

Dengan memahami dan menerapkan beberapa cara mengatasi HP gerak sendiri di atas, kamu dapat mengatasi masalah layar bergerak atau ghost touch. Selanjutnya, perangkat akan dapat dipakai untuk berbagai aktivitas. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:

error: