12 Cara Mengatasi HP Keluar Sendiri dari Aplikasi 2023

Abockbusup.com – Cara mengatasi HP keluar sendiri dari aplikasi merupakan salah satu informasi di mana dibutuhkan bagi kamu yang tengah mengalami masalah tersebut. Bicara soal perangkat smartphone, tentu bisa diketahui jika aplikasi memiliki peran yang sangat penting.

Tanpa adanya aplikasi pada perangkat ponsel yang diinstal, maka smartphone yang digunakan akan terasa membosankan. Pada era modern seperti sekarang, ada banyak sekali aplikasi di mana bisa membantu penggunanya untuk menunjang segala macam aktivitas sehari-hari.

Meski memiliki fungsi yang cukup besar, seringkalinya perangkat Android yang digunakan juga mengalami masalah di mana suka keluar sendiri (forced close) ketika dijalankan. Apabila hal tersebut terjadi, lantas apa penyebab dari masalah tersebut?

Beberapa Penyebab Utama HP Sering Keluar Sendiri

Apabila dilihat secara umum, aplikasi yang sering keluar sendiri atau forced close disebabkan karena ada bugs pada aplikasi tersebut. Namun meski demikian, sebenarnya ada penyebab lain mengapa aplikasi dapat keluar sendiri. Apa saja penyebabnya yaitu sebagai berikut.

1. Terdapat Bugs pada Aplikasi

Penyebab pertama mengapa aplikasi sering keluar sendiri adalah karena terdapat bugs pada aplikasi. Bisa saja, bugs tersebut berasal dari aplikasi saat dibuka. Apabila aplikasi tersebut dibuka, maka perangkat ponsel yang digunakan akan mengalami kendala dan berjalan tidak stabil.

2. RAM Penuh

Salah satu penyebab mengapa aplikasi sering keluar sendiri adalah karena terlalu banyak aktivitas yang dijalankan oleh perangkat ponsel. Hal tersebut akan diperparah jika perangkat yang digunakan dalam kondisi low-end dan berkapasitas kecil.

3. Terjadi Penumpukan File (Cache)

Salah satu cara mengatasi HP keluar sendiri dari aplikasi adalah dengan rutin menghapus file sementara atau cache pada perangkat. Saat melakukan pembersihan, pengguna HP dapat terlebih dahulu melakukan pemindaian menggunakan aplikasi pembersih bawaan.

4. Memori Internal Penuh

Salah satu penyebab mengapa aplikasi sering keluar sendiri adalah karena memori penuh. Seperti diketahui, sistem dan aplikasi pastinya akan membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup untuk memproses semua data dan informasi di mana dibutuhkan.

Apabila memori internal pada perangkat penuh, maka beberapa proses yang dijalankan pada perangkat tersebut akan mengalami beberapa kendala dan tidak berjalan seperti biasanya.

5. Aplikasi Tidak Support

Salah satu penyebab mengapa aplikasi sering keluar sendiri adalah tidak supportnya aplikasi tersebut pada perangkat. Salah satu contoh yang bisa dilihat yaitu ketika mengunduh game Genshin Impact.

Seperti diketahui, Genshin Impact merupakan salah satu game di mana hanya bisa support pada perangkat dengan spesifikasi minimal Android 7.0. Apabila di sini game tersebut dipasang di perangkat dengan spesifikasi di bawah Android 7.0, maka bisa dipastikan akan terjadi crash.

6. Aplikasi Masih Dalam Tahap Beta Version

Selanjutnya, bisa saja aplikasi yang Anda install masih dalam tahap beta atau pengujian. Hal ini wajar terjadi, karena mungkin developer APK sedang melakukan pengujian dan mencari apakah ada bugs. Maka dari itu, sebaiknya gunakan aplikasi yang sudah bukan tahap pengujian lagi.

Cara Mengatasi HP Keluar Sendiri dari Aplikasi

Mengatasi aplikasi yang sering keluar sendiri dari perangkat ponsel sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Untuk bisa melakukan hal tersebut, maka berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan sendiri bagi para pengguna HP.

1. Menutup Aplikasi yang Sedang Dijalankan

Untuk bisa mengatasi masalah aplikasi yang keluar sendiri dapat dilakukan dilakukan menutup semua aplikasi yang sedang dijalankan. Dengan melakukan cara ini, maka otomatis perangkat yang digunakan juga akan berkurang dari segi penggunaan memori RAM-nya.

2. Restart Ulang Perangkat Android

Apabila dengan cara menutup aplikasi yang bekerja di latar belakang tidak berhasil, maka cara mengatasi HP keluar sendiri dari aplikasi yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan restart ulang pada perangkat ponsel.

Perangkat ponsel yang sering keluar sendiri dari aplikasi seringkali disebabkan karena terdapat error atau aplikasi tersebut tidak berjalan dengan stabil. Untuk bisa melakukan restart, pengguna HP tinggal menekan tombol power selama beberapa saat dan memilih Reboot atau Muat Ulang.

3. Update Secara Berkala Aplikasi

Cara mengatasi HP keluar sendiri dari aplikasi selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan rutin memperbarui sistem dan aplikasi yang terdapat pada perangkat ponsel. Dalam hal ini, selalu cek apakah sistem dan aplikasi tersebut telah menyediakan versi pembaharuan.

Seringkalinya, pihak pengembang mewajibkan pengguna untuk melakukan update agar aplikasi yang digunakan lebih stabil dan optimal saat digunakan. Update tersebut juga biiasanya berisi perbaikan bugs serta penambahan fitur di mana dapat berguna bagi pengguna aplikasi.

Untuk bisa mengetahui beberapa cara untuk melakukan pembaharuan pada sistem dan aplikasi perangkat, pengguna HP dapat melakukan beberapa langkah berikut.

  • Pertama, buka menu Pengaturan.
  • Selanjutnya, pilih Tentang Ponsel dan tekan Pembaruan Sistem.
  • Apabila terdapat versi update terbaru, pengguna HP dapat langsung melakukan update.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses update sistem selesai dilakukan.
  • Jika sudah selesai, maka pengguna perangkat ponsel tinggal melakukan restart.

JIka di atas telah dijelaskan beberapa langkah untuk melakukan update sistem, selanjutnya akan dibahas juga beberapa cara untuk bisa melakukan pembaharuan pada aplikasi. Adapun caranya yaitu sebagai berikut.

  • Pertama, buka Google Play Store terlebih dahulu.
  • Tekan bagian menu yang terdapat pada bagian atas layar.
  • Pilih Aplikasi dan Game, kemudian pilih aplikasi yang mengalami masalah atau error.
  • Apabila aplikasi tersebut menyediakan pembaharuan, maka segera update aplikasi tersebut pada perangkat.

4. Bersihkan Cache pada Perangkat

Salah satu cara mengatasi HP keluar sendiri dari aplikasi adalah rutin menghapus chace pada perangkat. Seperti diketahui, pengumpulan file sementara pada perangkat memang secara langsung dapat menyebabkan masalah pada ponsel.

Untuk bisa menghindari masalah tersebut, maka sangat disarankan bagi para pengguna HP untuk selalu rutin dalam membersihkan file cache dan melakukan perawatan yang disediakan oleh pihak developer.

Saat membersihkan file cache ini, pengguna perangkat ponsel juga dapat memanfaatkan penggunaan manajemen aplikasi. Lebih lengkapnya, cara tersebut bisa disimak di bawah ini.

  • Buka menu Pengaturan pada perangkat ponsel.
  • Kemudian, pilih opsi Kelola Aplikasi dan pilih aplikasi yang ingin pengguna HP hapus.
  • Tekan opsi Hapus Data kemudian Bersihkan Cache.
  • Untuk melanjutkan proses di atas, pengguna HP tinggal menekan Ok untuk mulai membersihkan.

Setelah berhasil menghapus cache pada aplikasi yang bermasalah pada perangkat, pengguna perangkat ponsel juga dapat menggunakan pembersih bawaan yang terdapat di ponsel. Adapun caranya yaitu sebagai berikut.

  • Buka terlebih dahulu aplikasi pembersih bawaan yang terdapat pada perangkat.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses scanning cache selesai dilakukan.
  • Selanjutnya, tekan opsi Bersihkan untuk mulai membersihkan.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat hingga proses pembersihan pada perangkat selesai dilakukan.

Penutup

Aplikasi yang sering keluar sendiri secara umum memang disebabkan karena banyak faktor. Selain karena terjadi penumpukan file sementara, terdapat bugs, aplikasi yang terlalu banyak dijalankan, memori internal yang penuh, sebenarnya masih banyak lagi penyebab mengapa aplikasi sering keluar sendiri.

Apabila perangkat yang digunakan tengah mengalami masalah tersebut, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pilih salah satu cara mengatasi HP keluar sendiri dari aplikasi seperti sudah dijelaskan di atas.

Baca Juga:

error: