5 Cara Mengatasi Virus di HP 100% Terbukti Ampuh


Abockbusup.com – Tidak hanya di Windows (laptop dan komputer), virus dan malware juga muncul di sistem operasi Android. Virus dan malware yang ada di sana sama berbahayanya dengan virus di Windows. Maka dari itu, keduanya harus dibasmi sampai ke akarnya. Cara mengatasi virus di HP bisa dilakukan dengan cepat.

HP yang terjangkit virus dan malware akan mengalami masalah performa, dari cepat lancar ke lambat dan bermasalah. HP juga akan mudah panas dan tidak bisa menyelesaikan banyak aktivitas dengan baik. Yang lebih parah, malware yang ada di sistem bisa menjadi pintu gerbang pencurian data sensitif dan pribadi.

Peretasan bisa dilakukan dan kerugian yang diderita bukan hanya soal performa HP saja tetapi sampai kerugian finansial. Virus dan malware bisa masuk melalui berbagai cara, dari mulai dari website gelap yang dikunjungi, pertukaran file yang dilakukan, dan aplikasi berbahaya yang diunduh serta diinstal di HP.

Cara Mengatasi Virus di HP yang Berbahaya

Bagaimana cara menghilangkan virus di HP dan termasuk malware? Caranya cukup beragam dimana operasi menghilangkan virus di sana fokusnya adalah mengeliminasi aplikasi dan data yang sudah tercemar virus. Berikut adalah 5 solusi ampuh untuk mengatasi dan membasmi virus yang ada di HP.

1. Hapus Aplikasi Berbahaya

Banyak orang tidak menyadari bahwa ponsel yang digunakan telah terinfeksi virus HP dari aplikasi berbahaya dan mencurigakan. Aplikasi semacam ini jarang dianggap berbahaya, tidak disadari membahayakan, dan dipasang dengan naif di sistem. Akibatnya, virus di HP muncul, merajalela, dan merusak kerja sistem.

Aplikasi mana yang berbahaya? Ingat-ingat, apakah HP terkena virus setelah suatu aplikasi diinstal. Kemudian, hapus aplikasi yang dianggap mencurigakan dan berbahaya. Tidak tahu aplikasi mana yang harus dihapus? Periksa di daftar aplikasi dan lihat apakah ada aplikasi yang tidak diketahui muncul di sana.

Baca Juga:  2 Cara Mengatur Jam di HP Redmi 100% Mudah 2024

Berikut cara mengatasi virus di HP dan termasuk malware dengan menghapus aplikasi berbahaya.

  • Buka menu Settings.
  • Kemudian, pilih Apps & Notifications.
  • Ketuk See All Apps.
  • Semua aplikasi yang terpasang di HP akan muncul.
  • Silakan cari dan pilih aplikasi yang dianggap mencurigkana dan berbahaya.
  • Hapus alias Uninstall aplikasi tersebut.
  • Jika sudah, Restart HP.
  • Virus yang ada di HP telah musnah.

Beda model dan merek HP bisa beda pula caranya. Namun, prinsipnya sama saja meskipun beda modelnya. Aplikasi yang diunduh dari situs gelap, termasuk yang berformat APK berisiko untuk digunakan. Agar tidak terjangkit virus dan malware di masa depan, selektif dalam memilih aplikasi yang akan diinstal.

2. Hidupkan Google Play Protect

Cara menghilangkan virus di HP Android selanjutnya adalah menghidupkan Google Play Protect. Google Play Protect adalah aplikasi pemantauan dan pengawasan perilaku aplikasi yang dipasang di HP Android. Tujuan pemantauan dan pengawasan tersebut adalah mendeteksi anomali dan hal mencurigakan.

Aplikasi tersebut mampu mencegah penyebaran virus dengan memberi informasi keamanan dan rekomendasinya. Aplikasi tersebut juga mampu mengidentifikasi aplikasi yang berbahaya. Google Play Protect memang lebih cocok sebagai aplikasi pencegah virus, tetapi bisa juga sebagai identifikator virus.

Ikuti langkah berikut ini untuk menggunakan dan mengaktifkan aplikasi Google Play Protect di HP Android.

  • Buka Google Play Store.
  • Di sana, ketuk foto Profil di kanan atas.
  • Kemudian, ketuk dan aktifkan Google Play Protect yang ada di menu yang muncul.
  • Ketuk Scan untuk memindai aplikasi yang ada di HP.
  • Google Play Protect akan melakukan pemindaian.
  • Laporan hasil pemindaian akan dipublikasikan.
  • Di sana, informasi mengenai informasi aplikasi mencurigakan akan muncul.

Jangan abaikan dan biarkan laporan dari pemindaian. Untuk menyikapi laporan yang diberikan, silakan periksa aplikasi mana yang dimaksud dan putuskan untuk segera menghapusnya. Hal tersebut dilakukan untuk memutus penyebaran virus dan malware sekaligus membuat sistem bersih dari bahaya keduanya.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi Sinyal Hilang pada HP Samsung 2024

3. Bersihkan Cache dan Data

Cara Mengatasi Virus di HP dan malware yang sudah dilakukan di atas harus disempurnakan dengan pembersihan data dan cache di sistem. Bersih-bersih dilakukan untuk membuat data sampah yang sudah tidak dibutuhkan dihapus secara permanen. Bersih-bersih di sini menyasar 2 tempat, browser dan sistem.

Web browser terutama pada seksi downloadnya kerap menyimpan file sampah yang sudah tidak diperlukan lagi. Virus dan malware bisa muncul dari sana dari file sampah yang diunduh di internet. Sementara bersih-bersih sistem dilakukan untuk menghapus file sampah yang sudah tidak diperlukan lagi di Android.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membersihkan cache dan data dari browser di ponsel Android.

  • Buka menu Settings.
  • Kemudian, pilih Apps & Notifications.
  • Ketuk dan pilih
  • Pilih menu Storage & Cache.
  • Di sana, ketuk opsi hapus Cache dan Download.
  • Tunggu sampai pembersihan selesai.

Setelah bersih-bersih selesai dilakukan data sampah sepenuhnya hilang. Untuk aplikasi lain bisa dipilih di menu Apps & Notifications dan hapus data serta cache bisa dilakukan dari sana. Lakukan bersih-bersih data sampah pada sistem secara rutin agar tidak ada virus/malware dan performa sistem selalu terbaik.

4. Gunakan Aplikasi Antivirus

Aplikasi antivirus dan antimalware untuk Android adalah alat pertahanan yang sangat bisa diandalkan untuk mengantisipasi virus, malware, dan ancaman berbahaya lain yang mungkin menyerang. Menggunakan aplikasi ini sangat dianjurkan jika HP Android sering berkunjung ke berbagai situs gelap dan berbahaya.

Aplikasi antivirus mampu melakukan pemindaian dan deteksi dini virus serta malware. Selain itu, aplikasi tersebut juga mampu membasmi dan mengeliminasinya dengan baik. Aplikasi antivirus/malware umumnya dilengkapi fitur pengoptimalan yang membuatnya bisa digunakan untuk meningkatkan performa ponsel.

Terdapat banyak aplikasi antivirus yang bisa ditemukan dengan mudah di Google Play Store. Tentu tidak semuanya direkomendasikan untuk digunakan. Beberapa aplikasi antivirus yang berkualitas dan layak digunakan adalah AVG Antivirus, Avast Mobile Security, Clean Master, Security Master, dan 360 Security.

Baca Juga:  9 Cara Mengatasi HP Vivo Pengisian Daya Tidak Normal

5. Factory Reset

Cara terakhir yang bisa digunakan untuk membasmi virus dan malware yang ada sampai ke akar adalah dengan melakukan reset pabrik. Factory reset atau reset pabrik akan mengembalikan kondisi HP ke kondisi seperti setelah dibeli dari penjual. Otomatis, semua masalah yang ada di ponsel akan musnah.

Virus dan malware akan berhasil dibasmi dengan baik. Sayangnya, melakukan reset pabrik bukan pilihan yang mudah. Reset pabrik akan mengembalikan semua pengaturan yang telah kamu setel kembali ke kondisi default termasuk hilangnya data yang disimpan. Backup data penting sebelum melakukannya.

Rata-rata aplikasi antivirus bisa didapatkan secara gratis. Untuk fitur dan layanan premium dan lengkap, paket langganan berbayar harus digunakan. Virus dan malware yang bersarang di sistem Android harus mampu dibasmi sampai ke akarnya. Jika tidak, virus tersebut akan terus bersarang dan beranak pinak.

Semua cara mengatasi virus di HP yang telah dijelaskan sudah teruji dan memberikan hasil yang sesuai ekspektasi. Daripada repot membasmi virus lebih baik tidak terinfeksi sama sekali. Hati-hati terhadap aplikasi APK Android yang kian merajalela karena aplikasi tersebut berisiko menyebarkan virus malware.

Baca Juga:

error: