8 Cara Mengatasi Layar HP Hitam Tapi Nyala 2022

Abockbusup.com – Sebagian pengguna mengeluhkan bahwa layar HP mereka blank hitam alias tidak menampilkan apa pun. Padahal dalam keadaan menyala. Bahkan ada bunyi notifikasi. Lalu bagaimana cara mengatasi layar HP hitam tapi nyala?

Di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai langkah-langkah untuk mengatasi HP blank hitam tapi nyala. Simak informasinya sampai akhir supaya kamu bisa menemukan solusi yang sesuai dengan kondisi smartphone kamu saat ini.

Cara Mengatasi Layar HP Hitam tapi Nyala

HP nyala tapi hanya menampilkan blank hitam bisa terjadi karena beberapa sebab. Oleh karena itu, cara untuk mengatasinya pun bermacam-macam. Pada kesempatan ini akan dijelaskan semuanya. Langsung saja, berikut ini adalah pembahasan lebih lengkapnya.

1. Restart secara Paksa

Langkah paling mudah untuk mengatasi smartphone nyala tapi blank hitam adalah restart secara paksa. Hal ini perlu dilakukan karena layar HP tidak menampilkan apa pun sehingga pengguna tidak bisa memberi perintah menggunakan touch screen.

Untuk merestart secara paksa, caranya sangat mudah. Tekan dan tahan pada tombol power selama kurang lebih 10 detik. Kalau smartphone sudah bergetar dan menampilkan layar booting, artinya restart telah berhasil.

Dengan merestart, seluruh fungsi pada smartphone akan dimulai ulang dari awal. Hal ini memungkinkan kamu memulai kembali fungsi layar. Jadi, saat HP nyala lagi, layar sudah normal.

2. Lepaskan Baterai, SIM, dan MicroSD

HP kamu belum menggunakan baterai tanam? Ini merupakan suatu privilege karena kamu bisa mengatasi layar blank hitam dengan lebih mudah.

Lepaskan saja baterai, kartu SIM, serta kartu MicroSD dari HP. Melepaskan baterai akan membuat smartphone mati. Setelah itu, kamu bisa menyalakannya kembali secara normal?

Kenapa harus melepaskan kartu SIM dan MicroSD? Smartphone yang blank hitam tapi masih nyala terkadang disebabkan oleh komponen tersebut. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba melepasnya untuk memastikan.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi HP Patah Patah Saat Main Game Free Fire

3. Clear Cache

Cache atau file sementara yang menumpuk juga bisa membuat smartphone hang dan nyala hitam. Untuk mengatasi permasalahan ini, kamu bisa mempraktikkan clear cache seperti di bawah ini.

  1. Matikan smartphone secara paksa terlebih dahulu. Caranya yaitu menekan tombol power dan menahannya selama beberapa detik.
  2. Kalau smartphone sudah bergetar, tekan tombol power bersamaan dengan tombol volume bawah.
  3. Layar smartphone akan menampilkan Recovery Mode.
  4. Gunakan tombol volume bawah untuk mengarahkan ke menu “Clear cache partition”.
  5. Tekan tombol power untuk memilih menu tersebut.
  6. Sekarang pilih Yes.
  7. Tunggu prosesnya selesai, ini hanya akan memerlukan waktu 1-2 detik.
  8. Kalau sudah, pilih menu Reboot system now.

Selanjutnya smartphone akan kembali restart. Kalau smartphone bisa masuk ke layar kunci, artinya kamu sudah berhasil.

4. Masuk Safe Mode

Cara berikut ini merupakan lanjutan dari metode sebelumnya. Tujuan dilakukan ini adalah memastikan bahwa tidak ada masalah sistem yang membuat layar blank hitam. Langkah ini harus dilakukan segera setelah smartphone menyala.

Kenapa? Karena ditakutkan layar smartphone akan keburu mati lagi sebelum sempat melakukan langkah ini. Berikut adalah langkah-langkah untuk masuk ke safe mode di Android.

  1. Tekan tombol power dan tahan beberapa saat sampai muncul menu di layar.
  2. Berikutnya, klik dan tahan menu power off yang tampill di layar.
  3. Kalau muncul pop up Reboot to safe mode, tekan OK.
  4. Smartphone pun akan restart dan masuk ke safe mode.
  5. Di sini akan terlihat masalah apa saja yang terjadi di HP sehingga menyebabkan layar blank hitam.
  6. Setelah memahami apa masalahnya, yang harus kamu lakukan adalah mengatasi masalah tersebut sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh smartphone.

5. Uninstall Aplikasi Terbaru

Cara mengatasi layar HP hitam tapi nyala adalah menginstall aplikasi terbaru. Langkah ini masih dilakukan di safe mode.

Baca Juga:  9 Cara Mengatasi HP Mati Sendiri 100% Ampuh

Aplikasi yang baru-baru ini kamu install mungkin saja menjadi penyebab kenapa layar blank hitam. Kemungkinan aplikasi tersebut terlalu berat atau memang ada bug yang akibatnya cukup fatal.

Untuk uninstall aplikasi di safe mode, caranya tidak berbeda dengan biasanya. Tapi kalau kamu masih bingung, simak tutorial di bawah ini terlebih dahulu.

  1. Pertama, buka halaman Settings terlebih dahulu.
  2. Berikutnya, klik pada menu Apps & notifications.
  3. Pilih aplikasi yang baru saja diinstall.
  4. Setelah itu, klik pada tombol Uninstall.
  5. Klik Yes jika muncul pop up konfirmasi.

6. Hard Reset

Opsi berikutnya adalah melakukan hard reset. Langkah ini bisa kamu pilih kalau sudah mencoba semua cara di atas tapi masih belum membuahkan hasil yang signifikan.

Sebelum yakin untuk mencoba hard reset, kamu perlu paham satu hal. Proses hard reset akan menghapus seluruh data yang ada di smartphone. Data tersebut termasuk foto, video, semua file, serta data-data aplikasi yang sudah diinstall.

Kalau sudah yakin memiliki back up dari semua data tersebut, memilih hard reset tidak akan berdampak buruk. Lain halnya kalau tidak punya back up data, kamu harus mengikhlaskan semua data tersebut hilang.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti untuk melakukan hard reset pada smartphone Android.

  1. Tekan power bersamaan dengan tombol volume bawah selama beberapa detik atau sampai smartphone bergetar.
  2. Kalau sudah masuk ke Recovery Mode, gunakan tombol volume untuk memilih menu Wipe data/factory reset.
  3. Selanjutnya pilih Yes.
  4. Kalau sudah, kamu tinggal menunggu saja sampai proses penghapusan data selesai.
  5. Sekarang kamu bisa mengatur smartphone. Sama seperti saat masih baru.

7. Flash HP

Flashing dan hard reset sebenarnya adalah langkah yang tidak jauh berbeda. Tujuannya sama-sama menghapus seluruh data smartphone dan mengembalikannya ke pengaturan awal.

Baca Juga:  7 Cara Mengatasi HP di Hack 100% Terbukti Ampuh

Bedanya, flashing HP dilakukan menggunakan bantuan laptop/PC. Di samping itu, pada proses flashing juga ada langkah instalasi ROM atau software baru.

Jika ingin melakukan flashing HP sendiri, kamu perlu mempersiapkan banyak hal. Untuk detail hal-hal yang perlu disiapkan bisa disimak di bawah ini.

  1. Laptop/PC Windows.
  2. Kabel USB yang masih berfungsi dengan normal untuk transfer data.
  3. File driver USB agar smartphone dikenali oleh sistem Windows.
  4. Aplikasi Odin khusus untuk HP Samsung.
  5. File image disk ROM atau sistem operasi yang akan diinstall ke HP.

Ada banyak yang harus dipersiapkan, bukan? Selain persiapannya yang cukup banyak, langkah flashing juga sebaiknya hanya dilakukan oleh orang yang sudah ahli.

Pasalnya, langkah ini berisiko besar. Bahkan kalau salah langkah, HP kamu bisa mati total. Tidak ingin hal ini terjadi, kan?

8. Bawa ke Service Center

Langkah pamungkas yang bisa dilakukan untuk mengatasi layar HP hitam tapi nyala adalah membawanya ke service center. Pastikan kamu membawa smartphone hanya ke service center resmi.

Hal ini dilakukan supaya HP kamu mendapatkan penanganan yang tepat, sesuai dengan aturan dari merek atau brand HP tersebut.

Apa lagi kalau kamu masih punya garansi. Memperbaiki HP di konter selain service center resmi justru akan menghanguskan garansi tersebut.

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa layar HP mati tapi smartphone masih menyala bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Baik itu software atau hardware.

Kalau tidak yakin bisa melakukan cara mengatasi layar HP hitam tapi nyala seperti di atas, sebaiknya serahkan saja pada ahlinya.

Baca Juga:

error: