9 Cara Mengatasi HP Redmi Fastboot 100% Berhasil


Abockbusup.com – Bagi pengguna HP Xiaomi, mengetahui informasi mengenai cara mengatasi HP Redmi fastboot tentu menjadi perihal yang cukup penting dan berguna. Seperti diketahui, penggunaan perangkat ponsel yang terlalu intens memang seringkali menyebabkan masalah pada perangkat.

Adapun salah satu bentuk masalah yang sering terjadi yaitu perangkat yang sebelumnya normal namun tiba-tiba saat dinyalakan memunculkan pesan fastboot dan tidak bisa masuk ke dalam sistem perangkat secara normal.

Secara umum, masalah HP yang tiba-tiba memunculkan pesan fastbook memang dapat terjadi dis semua tipe HP Xiaomi. Masalah tersebut tidak hanya berlaku untuk keluaran HP lama, pada HP baru sekalipun masalah ini juga dapat terjadi.

Beberapa Penyebab HP Xiaomi Mengalami Fastboot

Fastboot pada HP Xiaomi sebenarnya merupakan salah satu mode recovery di mana berfungsi untuk memperbaiki suatu sistem ketika sedang membaca ada sebuah kerusakan pada perangkat.

Ketika perangkat ponsel yang digunakan dalam kondisi normal, maka secara otomatis fastboot ini sama sekali tidak akan dibutuhkan. Seperti diketahui, fastboot merupakan suatu fitur di mana tidak bisa dibuka oleh orang awam.

Jika bicara penyebab munculnya pesan fastboot pada HP Xiaomi yang digunakan, maka jawabannya akan ada beberapa hal. Adapun salah satu penyebab yang paling mengapa pesan fastboot ini keluar pada perangkat ponsel yang digunakan yaitu sebagai berikut.

  • Menekan tombol volume pada saat HP baru dinyalakan.
  • Masuk ke fastboot secara tiba-tiba karena ada masalah pada proses pengisiannya. Dalam hal ini, penyebab masalah tersebut bisa berasal dari listrik yang tidak stabil atau charger yang tidak sesuai.
  • Ada error pada sistem yang tidak dapat diproses secara sempurna.

Pesan fastboot yang muncul seringkali memang dapat terjadi secara sengaja atau tidak sengaja. Untuk bisa tahu cara mengatasi HP Redmi fastboot, maka disini pengguna perangkat ponsel dapat melihat informasi di bawah ini.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi HP Macet Tidak Bisa Disentuh 2024

Panduan Mengatasi Fastboot pada HP Xiaomi

Perangkat ponsel yang berada di dalam mode fastboot secara umum memang akan terlihat error. Namun jika dilihat lebih jauh, sebenarnya fastboot merupakan suatu proses yang normal.

Fastboot bukanlah sebuah kerusakan pada HP Xiaomi. Apabila perangkat tersebut digunakan, maka pengguna tidak akan menemukan kendala di dalamnya. Meski demikian, perlu diingat jika fastboot terbilang normal ketika sistem pada perangkat juga masih normal.

Apabila perangkat ponsel yang digunakan tiba-tiba memunculkan pesan fastboot, maka disini pengguna HP dapat melakukan beberapa hal berikut. Tiga hal berikut merupakan cara untuk bisa keluar dari mode fastboot HP Xiaomi dengan mudah.

1. Tekan Tombol Power + Volume Secara Bersamaan

Hp Xiaomi secara umum memang memiliki fitur yang di dalamnya mampu mendesain penggunanya untuk bisa masuk ke fastboot dengan kombinasi tertentu. Selain masuk, pengguna juga dapat keluar pada mode fastboot. Adapun cara untuk keluar pada mode ini yaitu sebagai berikut.

  • Apabila HP Xiaomi dalam mode fastboot, maka pemilik perangkat ponsel cukup menekan tombol power dan volume bawah.
  • Setelah melakukan hal di atas, pemilik HP tinggal menunggu hingga proses restart perangkat ponsel berjalan.
  • Ketika muncul logo MI, maka segera lepaskan tombol power dan volume yang sebelumnya ditekan.
  • Tunggu hingga HP Xiaomi selesai memproses sistem.
  • Apabila sudah, maka cara mengatasi HP Redmi fastboot di atas telah berhasil.

Selain menekan tombol power + volume bawah seperti yang disebutkan di atas, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk bisa masuk dan keluar mode fastboot. Apa saja caranya bisa disimak di bawah ini.

  • Tekan tombol power HP Xiaomi selama 8 hingga 10 detik dalam mode fastboot.
  • Jika sudah, tunggu sampai perangkat ponsel mati.
  • Kemudian, nyalakan kembali perangkat seperti biasanya.
  • Apabila berhasil, maka secara otomatis fastboot akan hilang.

2. Menggunakan Fitur CMD

Apabila menggunakan kombinasi tombol power dan volume tidak berhasil, maka cara mengatasi HP Redmi fastboot selanjutnya adalah dengan menggunakan fitur CMD. Dibandingkan dengan cara sebelumnya, menggunakan fitur CMD ini terbilang merupakan langkah yang sedikit lebih jauh.

Baca Juga:  6 Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Oppo 2024

Sebelum mulai menggunakan fitur CMD, maka ada beberapa hal yang perlu pengguna HP Xiaomi siapkan. Apa saja kebutuhan yang dibutuhkan yaitu sebagai berikut.

  • Kabel data USB di mana bisa menghubungkan perangkat ponsel dengan komputer.
  • Perangkat komputer atau laptop dengan minimal Operating System Windows 7 ke atas. Pada perangkat komputer atau laptop ini, pastikan sudah ada data driver ADB Fastboot.
  • Perangkat ponsel yang sudah diaktifkan USB debugging.

Setelah semua kebutuhan di atas telah lengkap, maka selanjutnya pengguna perangkat ponsel dapat mulai menggunakan fitur CMD dengan beberapa langkah berikut.

  • Pertama, klik kanan pada file ADB Fastboot, kemudian pilih Extract Here.
  • Kemudian, masuk ke dalam folder Fastboot. Hubungkan HP Xiaomi yang sebelumnya sudah masuk ke mode Fastboot dengan kabel data.
  • Masuk pada folder ADB Fastboot, klik kanan dan tekan Open Command Windows Here.
  • Selanjutnya, akan muncul Command Prompt.
  • Ketikan Fastboot Devices, kemudian tekan
  • Ketikan Fastboot Reboot, kemudian tekan
  • Tunggu hingga proses restart perangkat ponsel selesai.

3. Melepas Penggunaan Baterai pada HP Xiaomi

Setiap perangkat ponsel, tidak terkecuali dengan HP Xiaomi tentu memiliki baterai. Untuk bisa mengetahui cara mengatasi HP Redmi fastboot ini dapat dilakukan dengan cara melepas baterai yang terdapat pada perangkat.

Setelah melepas baterai, pemilik HP Xiaomi bisa langsung memasangkan kembali baterai tersebut pada perangkat. Apabila ponsel dalam keadaan mati, maka tekan tombol power untuk mulai menyalakan HP Xiaomi.

Apabila berhasil, maka secara otomatis fastboot yang terdapat pada perangkat ponsel akan hilang sendiri. Selain itu, pengaturan sistem pada perangkat juga akan kembali normal seperti sebelumnya.

Cara Mengatasi HP Redmi Fastboot Secara Berulang

Seperti sebelumnya telah dijelaskan, fastboot pada dasarnya bukanlah tanda jika perangkat ponsel yang digunakan dalam keadaan bermasalah. Meski demikian, pemilik perangkat harus waswasa jika fastboot muncul secara berulang.

Apabila fastboot muncul secara berulang, maka bisa dipastikan HP Xiaomi tersebut dalam keadaan Bootloop. Salah satu penyebab utama mengapa HP Xiaomi dapat mengalami masalah demikian, yaitu karena ada error pada bagian sistemnya.

Baca Juga:  4 Cara Merekam Layar di HP Samsung A12 Terbaru 2024

Untuk bisa memperbaiki masalah tersebut, maka pengguna HP Xiaomi harus melakukan flashing ulang. Apabila tidak berhasil, maka cara terakhir adalah dengan melakukan factory reset.

Catatan Saat Melepas Baterai pada HP Xiaomi

Salah satu cara mengatasi fastboot memang dapat dilakukan dengan cara melepas baterai. Namun apabila perangkat ponsel yang digunakan penggunaan baterainya adalah baterai tanam, maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan melepas casing HP Xiaomi terlebih dahulu.

Meski terdengar cukup sulit, namun itu adalah cara satu-satunya agar bisa baterai pada perangkat baterai tanam terlepas. Apabila di sini pengguna HP ingin melepas baterai tanam, maka sangat disarankan untuk menghabiskan daya pada baterai tersebut terlebih dahulu.

Tunggu beberapa saat hingga daya baterai kosong, kemudian lepas baterai dan casing pada perangkat. Apabila sudah, maka pengguna HP tinggal memasang kembali baterai dan menyalakan kembali setelah selesai di charge.

Penutup

Fastboot yang tiba-tiba muncul pada HP Xiaomi secara umum adalah suatu hal yang normal. Bisa disebut tidak normal jika ditemukan sistem error pada perangkat. Apabila ditemukan sistem error, maka pemilik HP dapat melakukan tindakan seperti reset ulang.

Penting untuk diingat, jangan khawatir jika perangkat yang kamu gunakan tiba-tiba memunculkan pesan fastboot. Jika membutuhkan penanganan, maka pengguna perangkat ponsel dapat menggunakan cara mengatasi HP Redmi fastboot.

Baca Juga: