5 Cara Mengatasi HP Xiaomi Fastboot Terbaru 2022

Abockbusup.com – Kamu perlu memahami bahwa setiap smartphone pasti punya risiko untuk error atau mengalami gangguan. Salah satunya adalah fastboot yang kerap terjadi di sebagian smartphone Android termasuk Xiaomi. Lalu bagaimana cara mengatasi HP Xiaomi fastboot?

Pada kesempatan ini kamu akan mendapatkan penjelasan tentang bagaimana cara untuk keluar dari mode fastboot, khususnya di HP Xiaomi. Supaya tidak perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Fastboot di HP Xiaomi?

Sebelum kamu mengetahui cara mengatasi HP Xiaomi fastboot, sebaiknya pahami dulu apa itu fastboot. Setiap smartphone Android memiliki fitur fastboot mode yang berguna sebagai “pintu masuk” bagi pengguna ketika akan melakukan flashing.

Flashing sendiri bisa dilakukan untuk mereset smartphone menggunakan bantuan PC/laptop. Selain itu, bisa juga dipakai untuk memodifikasi smartphone seperti rooting, unlock fitur, install ROM, dan masih banyak lagi.

Kalau kamu sudah terbiasa mengoprek software smartphone pasti sudah nggak asing lagi dengan yang namanya fastboot. Mode ini lebih sering dipakai untuk menginstall ROM melalui USB karena lebih cepat dibanding dengan recovery mode.

Berbeda dengan smartphone Android lainnya, fastboot di HP Xiaomi memiliki beberapa kelebihan. Pasalnya, fastboot di Xiaomi juga menghadirkan fitur format system, wipe data, serta wipe cache. Meski punya lebih banyak fitur, fastboot tetap bisa berjalan dengan baik.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Fastboot

Meski fastboot mode sebenarnya berguna, kalau tiba-tiba masuk ke mode tersebut tanpa diinginkan tentu membuat bingung. Apa lagi kalau hal tersebut terjadi secara tiba-tiba tanpa kamu sengaja. Berikut ini merupakan hal-hal yang bisa membuat HP Xiaomi masuk ke fastboot secara otomatis.

  • Ada permasalahan saat mengisi daya atau charging
  • Gagalnya proses flashing
  • Rooting tidak berhasil
  • Kegagalan saat update MIUI terbaru
  • MIUI gagal dimuat sehingga sistem Android mengarahkannya langsung ke fastboot mode.
Baca Juga:  7 Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Samsung

Kalau kamu mendapati smartphone Xiaomi tiba-tiba masuk ke fastboot, sebaiknya ikuti tutorial di bawah ini untuk mengatasinya.

1. Tahan Tombol Power

Cara pertama ini sangat mudah untuk dilakukan. Tapi dengan satu catatan, tombol power di HP Xiaomi kamu harus masih berfungsi dengan baik. Kalau tombol tersebut sudah tidak berfungsi, maka cara pertama ini akan sangat sulit dilakukan.

Untuk keluar dari fastboot mode, kamu hanya perlu mematikan smartphone atau merestartnya. Caranya adalah dengan menekan dan menahan tombol power selama beberapa detik.

Tunggu sampai layar mati, HP bergetar, dan layar kembali menyala. Setelah layar mulai menyala dan menampilkan logo Xiaomi, segera lepaskan jari kamu dari tombol power.

Setelah itu tinggal tunggu saja smartphone melakukan booting seperti biasa. Kalau kamu berhasil sampai ke tampilan lock screen, artinya sudah berhasil mengatasi permasalahan fastboot.

2. Pakai Kombinasi Tombol

Metode kedua ini bisa kamu lakukan kalau sudah mencoba cara pertama tadi tapi tidak berhasil. Di langkah ini, kamu tidak hanya perlu menekan tombol power, tapi mengombinasikannya juga dengan volume bawah.

Lebih lengkapnya, kamu bisa melihat tutorial yang akan disampaikan di bawah ini.

  1. Tekan dan tahan pada tombol power selama beberapa detik. Pastikan kamu menekannya dengan cukup kuat.
  2. Berikutnya, smartphone Xiaomi akan mati dan nyala kembali.
  3. Lepaskan tombol tadi ketika kamu sudah melihat logo Xiaomi di layar.
  4. Tunggu sampai proses booting selesai dan membawa kamu ke halaman lock screen.
  5. Masukkan password untuk masuk ke halaman utama.

3. Melepas Baterai

Cara mengatasi HP Xiaomi fastboot selanjutnya ini hanya bisa dipraktikkan pada smartphone keluaran lama. Khususnya untuk smartphone yang masih menggunakan baterai lepas pasang (removable) seperti beberapa varian berikut ini.

  • Xiaomi Redmi
  • Xiaomi Redmi 2
  • Xiaomi Redmi 2 Prime
  • Xiaomi Redmi Note
  • Xiaomi Redmi Note 2
Baca Juga:  7 Cara Mengatasi Iklan di HP Android Tanpa Root

Untuk melepaskan baterai, kamu perlu melepas case bagian belakang terlebih dahulu. Berikutnya tinggal lepas baterai dan HP pun akan mati. Pasang kembali baterainya kemudian nyalakan seperti biasa.

4. Biarkan Sampai Baterai Habis

Apakah smartphone Xiaomi milik kamu sudah menggunakan model baterai tanam dan tombol powernya rusak? Jangan khawatir karena masih ada solusi untuk bisa keluar dari mode fastboot.

Caranya adalah membiarkan smartphone sampai kehabisan daya atau baterainya habis. Kalau sudah begitu, otomatis smartphone akan mati. Tugas kamu selanjutnya adalah menyalakan kembali ponsel agar bisa keluar dari fastboot mode.

Lalu, bagaimana cara menyalakan smartphone Xiaomi yang tombol powernya rusak? Sangat mudah. Kamu hanya memerlukan charger dan listrik untuk proses ini.

Charge smartphone kamu seperti biasa ketika keadaannya masih mati. Biarkan saja sampai baterainya terisi. Setelah itu, smartphone akan menyala dengan sendirinya dan membawa kamu ke lockscreen. Masukkan saja password seperti biasa dan kamu sudah terbebas dari fastboot mode.

Tapi perlu dipahami bahwa cara ini mungkin tidak bekerja pada semua smartphone. Kamu memerlukan keberuntungan untuk melakukan cara ini.

5. Gunakan PC

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan untuk keluar dari fastboot mode adalah memakai PC Windows, lebih tepatnya memakai CMD. Sebelum itu, kamu perlu mempersiapkan beberapa hal berikut ini.

  • USB yang masih berfungsi untuk transfer data
  • PC/laptop Windows
  • HP Xiaomi yang sudah mengaktifkan USB debugging
  • ADB driver
  • ADB fastboot and driver

Kalau sudah disiapkan, ikuti langkah berikut ini.

  1. Nyalakan laptop lalu hubungkan HP Xiaomi menggunakan USB.
  2. Masuk ke folder C:\adb.
  3. Klik kanan di mouse sambil tekan shift.
  4. Klik menu Open command Windows here.
  5. Ketik “fastboot devices” dan enter.
  6. Ketik lagi “fastboot reboot” dan enter.
  7. Kalau HP Xiaomi restart, artinya kamu berhasil.
Baca Juga:  8 Cara Mengatasi Layar HP Hitam Tapi Nyala 2022

Cara Masuk ke Fastboot Mode Xiaomi

Di atas sudah dijelaskan tentang apa itu fastboot serta cara mengatasinya kalau tiba-tiba smartphone masuk ke mode tersebut. Lalu, bagaimana sih cara untuk masuk ke fastboot mode?

Tidak menutup kemungkinan kamu juga akan membutuhkan mode ini di masa mendatang. Jadi, lebih baik pahami caranya dari sekarang. Untuk masuk ke fastboot Xiaomi, ikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan berikut ini.

1. Matikan Smartphone

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mematikan HP Xiaomi. Sudah tahu bagaimana cara melakukannya, bukan?

Benar sekali, yang harus kamu lakukan hanyalah menekan dan menahan tombol power. Setelah muncul beberapa opsi, pilih Power Off.

2. Tekan Kombinasi Tombol

Berikutnya, tekan dan tahan pada tombol power serta volume bawah selama beberapa detik. Sesaat kemudian, HP Xiaomi akan bergetar dan muncul logo fastboot.

3. Berhenti Menekan Tombol

Kalau kamu sudah melihat logo fastboot muncul di layar, segera lepaskan jari kedua tombol tadi. Hal ini dilakukan untuk menghindari smartphone kembali restart.

Setelah berhasil masuk fastboot, sekarang kamu bisa melakukan banyak hal sesuai keinginan, seperti flashing dan sebagainya.

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa mode fastboot pada HP Xiaomi sebenarnya sangat berguna. Namun akan sangat merepotkan jika tiba-tiba smartphone masuk ke mode tersebut tanpa diinginkan oleh pengguna.

Kalau kamu mengalami hal seperti itu, sebaiknya jangan panik. Pasalnya, kamu sudah mengetahui berbagai cara mengatasi HP Xiaomi fastboot. Caranya sangat mudah, bukan?

Baca Juga:

error: