8 Cara Mengatasi Jaringan E Menjadi 4G LTE 2024

Abockbusup.com – Munculnya ikon jaringan E kerap kali mengurangi produktivitas pekerjaan yang menggunakan smartphone. Sebaiknya kamu mewaspadai hal ini karena bisa terjadi kapan saja dan di operator seluler apapun. Oleh sebab itu, ada baiknya pengguna smartphone mempelajari cara mengatasi jaringan E dengan baik.

Pada dasarnya, jaringan E atau EDGE memiliki kecepatan transfer data yang cenderung lambat. Terlebih berbagai macam media sosial saat ini membutuhkan proses loading yang cukup lama. Bahkan, kecepatan jenis jaringan ini hanya 120 Kbps sampai 384 Kbps saja.

Tak heran jika banyak yang merasa kesal ketika sinyal 4G pada smartphonenya berubah menjadi E. Kamu membutuhkan waktu lama untuk membuka situs atau media sosial sehingga tipe jaringan ini tidak banyak diminati. Jika muncul jaringan E dalam waktu lama, maka atasi masalah ini dengan tutorial sebagai berikut.

Cara Mengatasi Jaringan E menjadi 4G

Perkembangan jaringan seluler saat ini membuat 5G menjadi tipe jaringan dengan kecepatan luar biasa. Namun, penggunaannya belum merata sehingga banyak yang masih mengandalkan jaringan 4G. Jenis jaringan berpengaruh signifikan terhadap kecepatan transfer data.

Oleh karena itu, kamu harus segera mengubah jaringan E menjadi 4G LTE agar aktivitas berselancar di dunia maya lebih leluasa.

1. Ubah Jaringan Menjadi 4G LTE

Cara ini bisa dilakukan jika kamu baru saja mengganti HP baru. Pastikan smartphone tersebut memang mendukung jaringan 4G yang dikenal lebih cepat. Adapun beberapa tipe ponsel mungkin hanya mendukung jaringan 3G yang sebenarnya hendak dihapuskan.

  • Langkah pertama, buka menu Settings lalu pilih
  • Scroll ke bawah lalu pilih Kartu SIM dan Data Seluler.
  • Kemudian pilih provider yang ingin dihilangkan jaringan E-nya, misalnya
  • Selanjutnya ubah jenis jaringan menjadi 4G di bagian Jaringan yang Disukai.
  • Selesai.
Baca Juga:  7 Cara Memasukkan Voucher Tri yang Gagal 100% Bisa

Cara di atas termasuk mudah dilakukan, terutama bagi kamu yang menggunakan dua SIM Card pada smartphone yang dimiliki. Jaringan 4G LTE masih menjadi yang utama di tanah air meskipun teknologi 5G sudah muncul.

2. Mengaktifkan Mode Otomatis Jaringan

Cara mengatasi jaringan E berikutnya yaitu dengan mengaktifkan mode otomatis jaringan. Seperti yang telah diketahui, mode otomatis memungkinkan sistem membuat jaringan menjadi lebih stabil. Tentunya, mode ini dibutuhkan ketika ikon jaringan E muncul secara tiba-tiba.

  • Langkah pertama, matikan data seluler terlebih dahulu di smartphone.
  • Buka pengaturan lalu tap Kartu SIM dan Data Seluler.
  • Pilih SIM Card yang ingin diubah jaringannya.
  • Pada opsi menu Jaringan yang Disukai, pilih
  • Tunggu beberapa saat sampai sistem pada smartphone mengubah tipe jaringan secara otomatis.

Pada dasarnya, kebanyakan smartphone Android akan memilih jaringan 4G LTE ketika kamu mengaktifkan mode otomatis. Hal ini membuktikan bahwa jenis jaringan 4G adalah yang paling efektif digunakan di daerah tersebut.

3. Memeriksa Jaringan Seluler

Jaringan pada smartphone tiba-tiba menjadi E kerap kali terjadi karena pengguna lupa mengaktifkan data seluler. Padahal, tindakan ini sangat krusial bagi yang ingin menyelam di dunia internet melalui smartphone.

Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan cara mengecek dan mengaktifkan data seluler yang ada pada HP.

  • Buka menu Pengaturan yang ada di ponsel.
  • Kemudian pilih menu Koneksi dan Berbagi.
  • Scroll ke bawah lalu pilih Kartu SIM dan Jaringan Seluler.
  • Pilih kartu SIM, misalnya
  • Periksa opsi jaringan seluler, jika belum aktif maka pilih 4G.

Selain cara di atas, kamu juga bisa memeriksa jaringan seluler lewat cara lainnya. Adapun untuk mengaktifkan jaringan seluler sendiri kamu cukup tarik ke bawah layar lalu tap ikon data seluler.

4. Restart Smartphone

Cara mengatasi jaringan E terus berikutnya yaitu dengan melakukan restart ponsel. Pada dasarnya, cara ini sangat mudah dan bisa dipraktikkan oleh siapa saja. Jadi, kamu tidak perlu khawatir ketika mendapati jaringan tiba-tiba berubah menjadi EDGE.

Baca Juga:  Frekuensi Kompas TV Telkom 4 SD dan HD 2024

Adapun cara restart smartphone yaitu dengan menekan tombol power pada smartphone lalu pilih Mulai Ulang. Tunggu beberapa detik sampai smartphone menyala kembali lalu kamu bisa mengaktifkan lagi mode 4G LTE.

5. Melepas dan Memasang Kembali Kartu SIM

Tidak perlu khawatir ketika jaringan seluler di HP tiba-tiba berubah menjadi E, kamu bisa mengatasinya dengan sangat mudah. Pengguna bisa melepas dan memasang kembali kartu SIM agar jaringan seluler muncul kembali.

  • Langkah pertama, tekan tombol Power pada smartphone.
  • Kemudian pilih Matikan dan tunggu beberapa detik sampai HP benar-benar dalam keadaan mati.
  • Siapkan alat untuk mengeluarkan Kartu SIM.
  • Keluarkan kartu SIM yang digunakan sebagai jaringan internet.
  • Bersihkan slot kartu SIM lalu pasang kembali.
  • Nyalakan smartphone lalu aktifkan data seluler.

Pada dasarnya, cara di atas memang sangat simple, namun cenderung efektif sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja. Pastikan kartu SIM yang digunakan masih aktif sehingga kamu tetap bisa menggunakannya untuk berinternet.

6. Memeriksa Area Jaringan

Perlu diketahui bahwa tidak semua area di tanah air mendukung jaringan 4G LTE. Ketika di suatu tempat jenis jaringan tersebut tidak support, biasanya akan memunculkan jaringan EDGE.

Oleh sebab itu, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu apakah area yang kamu tempati sudah mendukung jaringan 4G atau belum.

Kamu juga bisa memeriksa area sekitar karena dikhawatirkan terdapat perangkat atau faktor lainnya yang membuat jaringan seluler terganggu. Misalnya benda logam atau dinding yang terlalu tebal sehingga menghalangi akses terhadap jaringan 4G.

7. Update Sistem dan Perangkat Lunak

Tidak sedikit yang belum mengetahui bahwa sistem sudah terlalu lama bisa berpengaruh terhadap kualitas jaringan. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan pembaruan sistem secara signifikan. Pada dasarnya, hal ini bisa meningkatkan konektivitas dan kinerja jaringan secara efektif.

  • Langkah pertama, buka menu Pengaturan di HP yang memunculkan sinyal E.
  • Scroll ke bawah lalu tap opsi Pembaruan Perangkat Lunak.
  • Tunggu beberapa saat sampai sistem menampilkan pembaruan tersebut.
  • Jika terdapat pembaruan sistem, maka lakukan update sampai selesai.
Baca Juga:  10 Kode Rahasia Paket Smartfren Murah Terbaru 2024

Dengan mengupdate sistem atau perangkat lunak smartphone, maka jaringan E bisa diatasi dengan mudah. Tidak sedikit yang merasa terbantu dengan tips ini mengingat jaringan E memang memiliki kecepatan kurang mumpuni.

8. Reset Pengaturan Jaringan

Cara mengatasi jaringan E berikutnya yaitu dengan reset pengaturan jaringan. Pada dasarnya, tindakan ini akan menghapus semua pengaturan jaringan yang sebelumnya sudah di-setting.

Singkatnya, opsi ini akan mengubah pengaturan jaringan ke konfigurasi default sehingga pengaturan pun berubah seperti sedia kala. Adapun langkah-langkah melakukan reset jaringan yaitu sebagai berikut.

  • Langkah pertama, buka menu Pengaturan di ponsel lalu pilih Pengaturan Lanjutan.
  • Gulir ke bawah lalu tap opsi Reset.
  • Akan muncul beberapa opsi reset, tap Reset Pengaturan Jaringan.
  • Tunggu beberapa saat sampai ponsel berhasil di-reset sepenuhnya.
  • Selesai.

Jaringan E memang bukan pilihan tepat untuk berselancar di internet, minimal kamu harus menggunakan jaringan 4G. Cara mengatasi jaringan E yang terus muncul bisa dipraktikkan melalui beberapa tutorial di atas. Jaringan 4G LTE merupakan pilihan tepat bagi yang ingin browsing atau bermain sosial media.

Baca Juga: