9 Cara Mengatasi Kepala Charger HP Panas 2024

Abockbusup.com – Charger ponsel yang panas bukan hal yang baik dan jangan sampai dibiarkan. Charger HP yang panas adalah masalah yang bisa berdampak pada kerusakan charger, korsleting, dan bahkan charger meledak. Masalah tersebut harus segera diatasi. Cara mengatasi kepala charger HP panas bisa dilakukan secara mandiri.

Apa perlu membawa charger panas ke tukang servis? Berkunjung dan menggunakan jasa servis HP tidak perlu serta merta dilakukan ketika masalah tersebut muncul. Namun, jika memang merasa kurang percaya diri menyelesaikan masalah tersebut secara mandiri, hal tersebut boleh dilakukan sesegera mungkin.

Penyebab Kepala Charger HP Panas

Apa yang menyebabkan charger panas dan bisa menimbulkan bahaya yang serius? Penyebab charger HP panas ternyata cukup banyak dan umumnya dapat dibedakan berdasarkan kualitas dari chargernya dan kebiasan buruk dari pengguna. Penyebab masalah tersebut bisa dari faktor manusia dan faktor perangkat.

Agar lebih jelas dan tidak lagi penasaran, berikut adalah berbagai penyebab charger ponsel panas.

  • Pengisian daya dilakukan dalam waktu yang terlalu lama.
  • Charger selalu dipasang atau dicolok ke sumber listrik walaupun tidak digunakan.
  • Menggunakan HP ketika pengisian daya dilakukan.
  • Umur charger yang memang sudah lama dan digunakan bertahun-tahun.
  • Kepala charger tidak cocok dengan adaptor dan HP yang digunakan.
  • Charger merupakan produk gagal, tidak orisinal, atau abal-abal.
  • Arus listrik yang tidak stabil pada berbagai kesempatan.
  • Kebiasaan mencolok dan mencabut charger yang terlalu sering, bahkan dimainkan.
  • Kerja berat charger akibat aplikasi yang berjalan ketika pengisian daya.

Berbagai penyebab kepala charger cepat panas dan bisa mengakibatkan kerusakan tersebut harus diketahui dan dipahami dengan baik. Jika memang sudah panas harus diatasi. Jika belum, maka hindari kebiasaan buruk yang mengakibatkan kepala charger cepat panas, rusak, dan harus diganti kemudian.

Baca Juga:  6 Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Ada Layanan 2024

Solusi dan Cara Mengatasi Kepala Charger HP Panas

Bahaya kepala charger panas bisa sampai meledak. Pada puncaknya (dan nasib sial tentunya), kerusakan merupakan hal remeh. Jika sampai meledak dan mengakibatkan trauma, luka bakar, bahkan sampai kematian, menyesal lah orang yang membiarkan charger HP panas. Solusinya harus segera dicari.

Berikut adalah berbagai solusi dan cara mengatasi kepala charger panas yang bisa dilakukan mandiri.

1. Jangan Pakai Ketika Dicas

Coba saja gunakan HP ketika diisi ulang dayangnya dan rasakan kepala charger akan mudah panas dan meningkat suhunya. Menggunakan ponsel ketika pengisian daya dilakukan merupakan kesalahan besar. Ketika hal tersebut dilakukan, HP, baterai, dan charger bekerja lebih keras. Kerusakan pun mudah terjadi.

Komponen yang rusak dari kebiasaan buruk tersebut adalah baterai yang mudah bocor, kerja HP yang menurun, dan tentu saja charger panas yang bisa mengakibatkan kerusakan. Pernah dengar cerita charger atau meledak ketika dicas dan digunakan? Jika tidak darurat jangan lakukan kebiasaan buruk tersebut.

2. Jangan Cas HP Terlalu Lama

90% merupakan angka baterai yang sudah cukup untuk dicabut setelah dicas. Tidak perlu melewati angka tersebut, bahkan lebih kecil pun boleh. Jangan biarkan ponsel dicas terlalu lama agar kepala charger HP tidak mudah panas dan rusak. Pertimbangkan jika ingin mengisi ulang baterai di malam hari sambil tidur malam.

3. Jangan Cas HP di Angka 0%

Cara mengatasi kepala charger HP panas selanjutnya adalah jangan mengisi ulang daya baterai ketika angkanya sudah mencapai 0% alias HP mati total. Hal tersebut merupakan kebiasaan buruk yang akan berdampak sangat buruk pada kesehatan baterai. Kepala charger pun akan cepat panas dan rusak.

Isi ulang daya baterai di angka 10% sampai 15% dan baterai serta charger akan baik-baik saja. Kepala charger tidak akan mudah panas dan membahayakan orang-orang di sekitar. Kebiasaan buruk semacam ini masih sering terjadi dan biasanya akan berhenti ketika mendapati baterai HP sudah rusak dan bocor.

Baca Juga:  10 Cara Mengatasi HP Gerak Sendiri 100% Berhasil

4. Posisi Jack Harus Tepat

Ketika mendapati kepala charger panas, periksa apakah jack yang menghubungkan HP dengan charger dalam posisi yang tepat atau tidak. Jack yang berada di posisi yang tepat, tidak miring, tidak longgar, alias pas masuk semua akan memastikan arus listrik dapat didistribusikan dengan baik dan pada tempatnya.

Hal berbeda akan terjadi jika jack miring dimana arus yang didistribusikan tidak optimal karena sebagian terbuang percuma. Jack dalam posisi yang tepat juga akan meminimalisir masalah jika kondisi arus listrik tidak stabil. Kerusakan dan masalah listrik yang menimpa ponsel dan kepala charger bisa diminimalisir.

5. Cek Aplikasi yang Bekerja di Background

Sama seperti di Windows, Android juga memungkinkan penggunanya untuk menjalankan aplikasi dan program bekerja di latar belakang tanpa terdeteksi. Dalam kasus kepala charger panas, pengisian daya baterai akan cepat dilakukan jika tidak ada aktivitas yang dilakukan di HP, baik yang disengaja atau tidak.

HP memang tidak digunakan tetapi ada aplikasi dan sistem yang sedang memperbaharui dirinya, data seluler yang keluar masuk (download dan bertukar pesan), dan kegiatan lain yang terjadi di belakang layar. Hal tersebut akan memperberat kinerja charger ketika pengisian daya dilakukan dan bisa berakibat panas.

6. Cabut Charger Jika Tidak Dipakai

Cara mengatasi kepala charger HP panas yang bisa dilakukan dengan mudah adalah mencabut charger jika tidak sedang digunakan. Cabut charger dari colokkan dan hindari kebiasaan mencolok dan mencabutnya dalam jangka waktu yang singkat. Kebiasaan tersebut membuat charger mudah rusak.

7. Gunakan Charger Orisinal

Menggunakan charger yang original dan sesuai dengan spesifikasi model HP itu adalah hal yang wajib. Charger yang original bawaan pabrik dari HP yang digunakan didesain untuk mampu bekerja dengan baik dengan durabilitas yang baik. Hal berbeda akan ditemukan pada charger KW alias abal-abal yang murah.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi HP yang Tidak Bisa di Cas 2024

Charger KW tidak didesain untuk mampu bertahan lama dan mendistribusikan arus dengan baik. Dalam situasi darurat dan beberapa waktu memang pemakaian charger KW bisa dimaklumi. Namun, jika terus menerus, pergantian charger akan sering dilakukan karena charger bukan hanya panas tetapi juga rusak.

8. Ganti Charger

Charger yang panas apalagi tidak bekerja dengan baik sebaiknya langsung diganti saja. Jangan paksakan dan coba gunakan charger tersebut untuk pengisian daya di masa depan. Mungkin sudah saatnya pergantian charger dilakukan dan panasnya charger selain karena pemakaian juga karena faktor umur.

9. Pastikan Tegangan Listrik Stabil

Tidak semua orang dilengkapi dengan kemampuan memahami kelistrikan rumah dengan baik. Memastikan tegangan listrik stabil bisa jadi perkara yang hanya bisa diselesaikan oleh orang yang ahli. Hal sederhana yang bisa dilakukan jika ada masalah tegangan listrik adalah mengontak pihak PLN terdekat.

Perhatikan jika menggunakan terminal listrik dimana kualitas terminalnya tidak baik. Sebaiknya tidak mencolokkan dan menggunakan terminal listrik yang buruk, longgar, atau terlalu keras. Jika semua tips mengatasi charger panas dilakukan dengan baik maka masalah tersebut tidak akan lagi muncul.

Cara mengatasi kepala charger HP panas umumnya menyangkut tindakan cepat mengantisipasi bahaya di kemudian hari dan perubahan kebiasaan. Jika penyebabnya ada pada charger, perbaikan charger bisa dilakukan meskipun yang dianjurkan pada umumnya adalah pergantian charger dengan yang lebih baru.

Baca Juga: