6 Cara Mengatasi Klaim Hak Cipta di YouTube 2024


Abockbusup.com – Hukum hak cipta di YouTube sangatlah ketat. Jika terdapat pelanggaran tertentu, video bisa terkena demonetisasi dan tidak menghasilkan keuntungan sama sekali. Sebagai kreator di platform ini, penting mengetahui bagaimana cara mengatasi klaim hak cipta di YouTube.

Tujuannya agar konten yang dibuat tetap terlindung dan tidak disalahgunakan oleh pihak lain. Melakukan klaim hak cipta ini tidak membutuhkan syarat yang ribet. Bahkan kreator yang baru mulai pun bisa mendapatkan perlindungan ini.

Namun jika konten terlanjur digunakan pihak tidak bertanggung jawab, kamu bisa mengajukan klaim hak cipta kepada YouTube supaya mendapatkan jalan keluar terbaik. Bagaimana prosesnya? Simak penjelasannya di bawah ini!

Cara Mengatasi Klaim Hak Cipta di YouTube Cepat

Setiap kreator berhak mendapatkan perlindungan hak cipta dari YouTube. Namun tidak semua kreator tahu bagaimana cara mengajukan klaim ini, supaya tidak terjadi masalah penyalahgunaan konten sebaiknya simak baik-baik ulasan sebagai berikut:

1. Periksa Tipe Pelanggaran Hak Cipta

Pelanggaran hak cipta jenisnya cukup beragam, seperti menggunakan audio, video dan lain sebagainya. Untuk itu, cari tahu dulu siapa yang menggunakan konten tanpa seizin kamu.

Simpan bukti yang valid mengenai pelanggaran hak cipta tersebut. YouTube tidak akan menanggapi klaim apabila tidak ada bukti sama sekali.

2. Ajukan Klaim Hak Cipta YouTube

Setelah membuat berkas-berkas laporan yang dibutuhkan, segera ajukan klaim dengan langkah-langkah berikut:

  • Masuk ke web resmi YouTube.
  • Kunjungi Studio Kreator YouTube.
  • Lalu klik video yang telah disalahgunakan oleh pihak lain.
  • Ikuti langkah-langkah yang ada di layar untuk mengajukan klaim.
Baca Juga:  6 Cara Mengatasi kWh Over Limit di Rumah 2024

3. Lengkapi Formulir Pengajuan Klaim Hak Cipta

Pada tahap pengajuan klaim, YouTube akan meminta untuk mengisi formulir hak cipta, mencakup detail video yang bermasalah serta alasan pengajuan hak cipta. Buat penjelasan dengan lengkap supaya YouTube mudah memberikan solusi terbaik.

4. Kirim Formulir yang Sudah Diisi

Jika sudah, formulir dapat langsung dikirim. Tak lupa beri baca baik-baik Ketentuan dan Persyaratan yang berlaku.

5. Tunggu Tanggapan YouTube

Prosedur klaim hak cipta YouTube terkadang memakan waktu yang cukup lama, tergantung dari jumlah klaim yang sedang ditangani YouTube. Intinya, bersabar dan tunggu sampai YouTube mengirimkan balasan.

6. Tinjau Penyelesaian Kasus

Secepat mungkin YouTube akan memberikan tanggapan terhadap klaim hak cipta terkait. Biasanya YouTube meminta penjelasan terkait hak cipta secara lebih lanjut atau mengirimkan bukti tambahan.

Apabila terbukti bahwa ada kasus penggunaan konten tanpa seizin pemilik, YouTube akan mengambil tindakan, misalnya memblokir video atau mencabut monetisasi pihak yang tidak bertanggung jawab.

Cara Melaporkan Pelanggaran Hak Cipta di YouTube

Cara mengatasi klaim hak cipta di YouTube di atas merupakan cara yang biasa diikuti oleh kebanyakan kreator. Namun ada cara pelaporan lain yang bisa diikuti supaya YouTube menanggapi kasus dengan maksimal, di antaranya yaitu:

1. Melalui Konten ID

Konten ID adalah sistem YouTube yang digunakan untuk mendeteksi apakah ada video lain yang menggunakan konten kamu. Fitur ini canggih dimanfaatkan guna membasmi kreator yang semena-mena mencuri konten milik kreator lain. Cara penggunaan fitur konten ID adalah sebagai berikut:

  • Buka browser pada perangkat.
  • Kemudian Login ke YouTube Studio.
  • Lihat menu sebelah kiri untuk melihat video yang pernah diunggah.
  • Pilih video yang telah disalahgunakan pihak lain.
  • Masuk ke menu Pembatasan, lalu klik Klaim Hak Cipta.
  • Klik tombol Lihat Detail.
  • Kemudian, pilih opsi Tindakan.
  • Terakhir klik Sengketa dan selesaikan prosesnya mengikuti instruksi yang terdapat di layar.
Baca Juga:  8 Cara Mengatasi Something Went Wrong Facebook

2. Menggunakan Perlindungan Konten

Sedangkan cara lain untuk mencegah konten digunakan kreator lain tanpa izin adalah dengan menerapkan beberapa teknik perlindungan konten. Hal ini karena YouTube tidak selalu menyetujui setiap klaim yang masuk, jelas melakukan pencegahan di awal lebih baik. Simak beberapa tipsnya:

  • Memberikan watermark atau tanda air pada video yang diunggah. Watermark berguna sebagai penanda bahwa konten tersebut milik kamu.
  • Menghubungi pihak yang menggunakan konten tanpa izin, lalu meminta agar menghapus video terkait.
  • Menggunakan lisensi Creative Commons jika konten boleh dipergunakan oleh pihak tertentu asalkan dengan izin.
  • Menggunakan bantuan hukum lain apabila YouTube tidak menanggapi klaim hak cipta yang telah diajukan.

FAQ tentang Hak Cipta di YouTube

Hak cipta adalah hak yang dimiliki oleh pencipta karya asli di YouTube. Pemilik hak ini mendapatkan kontrol penuh terhadap distribusi konten yang dibuatnya. Jenis konten yang dimaksud bisa berupa video, musik, dan lain sebagainya. Ada beberapa pertanyaan yang sering muncul terkait hak ini, yaitu:

1. Bagaimana jika YouTube menolak klaim hak cipta?

Kasus seperti ini bukanlah sesuatu yang jarang terjadi. YouTube hanya akan menanggapi kasus apabila terdapat bukti-bukti yang mendukung. Tetapi YouTube memberikan kesempatan kepada pelapor untuk menambahkan bukti tambahan.

Menghubungi tim dukungan YouTube juga perlu dilakukan untuk meminta bantuan. Cara lain yang bisa dilakukan adalah menggunakan bantuan hukum eksternal.

2. Apakah YouTube memberikan kompensasi finansial dari klaim hak cipta?

Benar sekali. Ketika mengetahui cara mengatasi klaim hak cipta di YouTube dan pengajuan disetujui, pemilik konten bisa mendapatkan keuntungan finansial.

Dengan catatan, video yang melanggar hak cipta telah mendapatkan pendapatan dari AdSense dan layanan monetisasi lainnya. Jika video terkait belum mendapatkan pendapatan, maka tidak ada kompensasi finansial sama sekali.

3. Berapa lama YouTube memproses laporan klaim hak cipta?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, proses peninjauan laporan klaim hak cipta berlangsung selama beberapa minggu.

Wajar karena YouTube menerima laporan serupa setiap harinya dan terdapat antrian yang panjang. Apalagi jika laporan yang diajukan cukup kompleks, YouTube membutuhkan waktu lebih lama untuk memproses laporan.

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi Followers Instagram Berkurang Sendiri

4. Siapa saja yang bisa mengajukan klaim hak cipta?

Semua kreator bisa mengajukan klaim hak cipta, namun dengan syarat bahwa kamu adalah pemilik asli dari konten tersebut. YouTube memberikan perlindungan ini untuk meningkatkan kenyamanan dan kebebasan berkreasi kepada para kreator.

5. Apa fungsi hak cipta di YouTube?

Sebagai platform untuk berkarya, YouTube memiliki aturan yang ketat mengenai distribusi konten. Di sini hak cipta berperan untuk melindungi pemilik pembuat konten supaya tidak disalahgunakan, dicuri atau diplagiat oleh pihak lain.

Pemilik hak cipta dapat menuntut dan mengajukan laporan supaya mendapatkan pendapatan dari konten terkait.

Sistem deteksi pelanggaran hak cipta di YouTube yang bernama Content ID membantu mengidentifikasi dan menemukan video yang diduga melakukan pelanggaran hak cipta. Secara otomatis, Content ID akan mengambil tindakan tegas.

6. Bagaimana cara agar konten tidak digunakan orang lain?

Hanya pemilik atau pencipta konten yang bisa melindungi konten yang sudah dibuatnya. Namun supaya konten tidak digunakan atau dicuri orang lain tanpa izin, kamu dapat memasang watermark pada setiap video yang mau diunggah.

Jangan lupa rutin mengecek melalui Content ID apabila merasa ada pihak lain yang menggunakan konten tanpa izin.

Segera ikuti cara mengatasi klaim hak cipta di YouTube di atas supaya cepat mendapatkan kembali apa yang seharusnya milik kamu. Pelanggaran hak cipta bisa menyebabkan kerugian finansial yang besar apabila tidak segera ditegakkan.

Baca Juga:

error: