8 Cara Mengatasi Layar HP Bergaris 100% Ampuh

Abockbusup.com – Di era digital seperti saat ini, HP menjadi salah satu kebutuhan hampir semua orang. Jadi ketika ada masalah seperti layar yang bergaris, maka aktivitas akan terganggu. Terlebih lagi, belum banyak yang tahu bagaimana cara mengatasi layar HP bergaris.

Ketika layar HP error dan muncul garis vertikal maupun horizontal, maka kamu tidak akan bisa menggunakannya, bukan? Ya, kamu tidak akan bisa melihat layar dengan jelas, sehingga pengoperasiannya juga akan terganggu.

Penyebab layar HP bergaris sendiri juga beragam, mulai dari hardware hingga software pada HP tersebut. Jika masalah berasal dari software, mungkin kamu bisa memperbaikinya sendiri. Namun jika asalnya dari hardware, sepertinya butuh orang yang lebih ahli dalam bidangnya.

Cara Mengatasi Layar HP Bergaris dengan Benar

Namun ketika kamu menemui masalah semacam ini, jangan terburu-buru untuk langsung membawanya ke tempat servis. Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan pada layar HP tersebut, sebagaimana berikut ini!

1. Restart HP dan gunakan safe mode

Cara pertama yang bisa dicoba adalah dengan restart HP yang kamu gunakan, kemudian lanjut dengan mengaktifkan fitur ‘safe mode’. Safe mode sendiri berfungsi untuk melacak kinerja dari sistem operasi dan menemukan diagnosis apakah ada masalah pada OS tersebut

Apabila dalam safe mode ditemukan kesalahan pada software, maka sistem akan segera memberi notifikasi. Nah, berikut ini cara untuk mengaktifkan safe mode di HP.

  1. Tekan tombol power di HP hingga muncul menu pop-up.
  2. Setelah itu, tap tombol power off dan tahan sampai pop-up lain muncul.
  3. Pilih opsi OK, untuk segera melakukan reboot HP dan masuk ke dalam Safe Mode.
  4. Nantinya kamu menemukan akar permasalahan ini jika memang terjadi kerusakan pada software HP.
Baca Juga:  9 Cara Mengatasi HP Panas Batre Tanam Ampuh

Kalau sudah menemukan masalah dan mengatasinya di safe mode, kamu bisa merestart HP dan menggunakannya secara normal.

2. Dengan menggunakan opsi developer

Opsi pengembangan atau developer merupakan laman di mana para pengguna bisa mengatur setting HP secara lengkap dan mendetail. Di dalam laman ini, kamu juga akan menemukan pengaturan yang bernama Show Pointer Location.

Nah, pengaturan inilah yang bisa membantumu untuk menghilangkan garis pada HP yang muncul karena ada kesalahan dari sistem.

  1. Langkah pertama, buka dulu menu Pengaturan di HP.
  2. Cari dan tap menu About phone atau Tentang ponsel untuk membuka.
  3. Di dalam menu tersebut, carilah kolom Nomor Bentukan.
  4. Sekarang tap beberapa kali hingga kamu menemukan pesan “Anda sudah menjadi pengembang”.
  5. Jika menu tersebut sudah terbuka, silahkan nonaktifkan opsi Tampilan Petunjuk.
  6. Nantinya, garis-garis di bagian layar akan hilang secara otomatis.

3. Dengan aplikasi LCD Fixer

Untuk cara yang selanjutnya, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi ketiga yang bernama LCD Fixer. Sesuai dengan namanya, aplikasi yang satu ini memiliki fungsi utama untuk memperbaiki LCD HP yang mengalami masalah, seperti halnya bergaris.

Bisa dibilang jika sebenarnya ada banyak aplikasi yang mempunyai fungsi serupa. Namun LCD Fixer dianggap sebagai aplikasi yang paling cocok digunakan.

  1. Pertama, download dan install dulu aplikasi LCD Fixer dari Google Play Store.
  2. Setelah itu, buka aplikasi tersebut dan berikan izin akses untuk sistem di HP kamu.
  3. Nah, pada bagian menu utama, kamu bisa langsung tap pada opsi Check Dead Pixel and Fix Dead Pixel.
  4. Nantinya, aplikasi akan memulai proses pengecekan dan perbaikan masalah layar.
  5. Kamu hanya perlu menunggu hingga proses selesai, dan layar kembali seperti normal lagi.

4. Tekan Layar ke bawah

Jika beberapa metode yang sudah dijelaskan belum ada yang berhasil, kamu bisa coba menekan permukaan layar HP ke bawah. Cara yang satu ini bisa dilakukan bila gangguan atau kerusakan layar tersebut berasal dari hardware atau faktor eksternal.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi Kamera HP Berembun 100% Ampuh

Dalam hal ini, kamu bisa menekan permukaan layar secara intens dan perlahan ke arah bawah menggunakan ujung jari. Lakukan penekanan tersebut secara berulang hingga garis yang muncul di bagian layar benar-benar menghilang.

5. Keringkan HP bila terkena air

Setelah HP terkena air, biasanya akan muncul berbagai masalah, salah satunya adalah garis-garis di layar. Karena garis tersebut muncul setelah HP terkena air, maka kamu perlu segera mengeringkan ponsel. Kamu bisa menggunakan beberapa alat bantu seperti hairdryer atau kipas asing.

Selain itu, coba menyerap air yang ada di lubang-lubang dengan bantuan kapas. Untuk pengeringan yang lebih maksimal, kamu bisa mengikuti metode berikut ini.

  1. Pertama, matikan dulu HP yang kamu gunakan.
  2. Kemudian lepaskan casing belakang, memori eksternal, kartu SIM, dan baterai jika memungkinkan.
  3. Masukkan beras ke dalam wadah yang sekiranya cukup untuk merendam HP.
  4. Jika sudah, kubur HP ke dalam beras dan tunggu antara 2 hingga 3 hari. Penggunaan beras dilakukan untuk menyerap air yang ada di dalam HP.

6. Cek bagian soket layar HP

Untuk cara mengatasi layar HP bergaris yang satu ini, seperti hanya bisa dilakukan oleh pengguna yang memang sudah mempunyai pengetahuan khusus mengenai elektronik. Pasalnya, kamu diharuskan untuk membongkar HP dan melihat bagian soket layar HP tersebut.

Tetapi jika kamu masih merasa ragu, disarankan untuk tidak mencoba metode yang satu ini. Alangkah baiknya meminta bantuan orang yang sudah ahli dalam hal elektronik untuk membantu membuka HP dan mengecek bagian soket, kemudian memperbaikinya.

7. Pastikan casing HP tidak longgar

Hal lain yang bisa membuat garis-garis muncul di layar HP adalah pengaruh dari casing HP itu sendiri. Ya, casing yang terlalu longgar, bisa menjadi tanda bahwa ada komponen hardware pada HP yang tidak terpasang dengan baik.

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi Layar HP Retak dengan Pasta Gigi

Jadi kamu bisa coba mengecek bagian casing belakang dari HP tersebut, apakah terlihat longgar atau memang sudah terpasang dengan baik. Jika terlihat longgar, kamu bisa membukanya, melihat setiap komponen terpasang dengan benar, dan pasang kembali casing dengan rapat.

8. Mengecek komponen-komponen hardware

Pembongkaran HP tidak hanya dilakukan untuk mengecek masalah pada soket layar saja. Ketika HP dibongkar, kamu bisa mengecek semua komponen-komponen yang ada pada HP tersebut. Nah, coba perhatikan dengan seksama, apakah ada komponen yang bermasalah atau tidak.

Namun seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, proses pembongkaran HP ini sangat berisiko. Jadi kamu tetap butuh bantuan orang yang ahli jika tidak yakin dengan kemampuanmu sendiri. Pastikan orang yang dimintai bantuan tersebut memang sudah paham dengan betul akan elektronik, terutama HP, ya!

Jika cara mengatasi layar HP bergaris yang sudah dilakukan di atas tidak ada yang berhasil, kemungkinan besar penyebab masalah ini adalah kerusakan pada komponen layar itu sendiri. Layar HP tersebut memang sudah rusak dan tidak dapat diperbaiki lagi.

Apabila hal ini terjadi, maka tidak ada opsi lain selain menggantinya dengan LCD baru. Nah, pastikan kamu menggantinya dengan LCD original sehingga terhindar lagi dari berbagai macam gangguan layar seperti layar bergaris.

Baca Juga:

error: