10 Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air

Abockbusup.com – Ketika speaker HP kemasukan air, maka akan membuat suara yang dikeluarkan bermasalah. Namun tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara mengatasi speaker HP kemasukan air yang bisa dilakukan tanpa membawanya ke tempat servis.

Terkadang, kita menumpahkan air ke atas HP secara tidak sengaja. Mungkin air yang tumpah di permukaan layar HP tidak menimbulkan masalah yang berarti. Namun jika sudah masuk ke dalam lubang speaker, tentu saja akan mempengaruhi penggunaanya.

Bahkan tidak jika tidak ditangani dengan segera, bisa saja terjadi berbagai masalah yang serius. Hal ini karena komponen-komponen di dalam HP sangat rawan terkena air. Jika terjadi korsleting bisa menimbulkan kerusakan.

Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air

Nah, hal pertama yang harus dilakukan saat masalah ini terjadi, adalah jangan panik. Panik hanya akan membuat konsentrasi buyar dan tidak bisa fokus dalam menyelesaikan masalah. Jika sudah tenang, langsung ikuti beberapa metode yang ada di bawah ini.

1. Matikan perangkat

Apabila perangkat jauh ke dalam air dengan keadaan masih hidup, segera matikan perangkat tersebut. Jika perangkat tidak bisa dimatikan, keluarkan kartu SIM dan baterai yang ada di dalamnya. Kemudian keringkan bagian-bagian yang memungkinkan dengan kapas atau kain bersih.

Setelah itu, biarkan saja sisa air keluar sendiri dengan menaruh HP dalam posisi terbalik selama 10 hingga 15 menit. Pastikan perangkat dalam keadaan mati sebelum diperbaiki. Selama ada kemungkinan sirkuitnya basah, jangan coba-coba untuk menyalakannya.

2. Gunakan fitur pembersih speaker

Perlu untuk diketahui, bahwa beberapa ponsel Android sudah dibekali dengan fitur khusus yang berfungsi untuk menghilangkan partikel-partikel asing pada speaker. Fitur yang satu ini akan mengeluarkan suara dengan nada tinggi dan volume keras untuk membersihkan speaker.

Nah, bagi yang perangkatnya mempunyai fitur ini, tidak ada salahnya mencobanya untuk membersihkan speaker dari air. Fitur ini bisa ditemukan di dalam menu Pengaturan Tambahan, dan biasanya di sana ada petunjuk untuk menggunakannya.

Baca Juga:  4 Cara Mengatasi HP Bootloop Terbaru 100% Work

3. Download aplikasi pembersih speaker

Untuk HP yang belum dibekali dengan fitur pembersih speaker tidak perlu khawatir, masih ada aplikasi tambahan yang akan membantu mengeluarkan air dari speaker. Beberapa aplikasi pembersih speaker yang dapat ditemukan seperti Super Speaker Cleaner, Fix My Speakers, dan lain sebagainya.

Sama halnya seperti pembersih speaker bawaan, aplikasi-aplikasi tersebut juga bekerja dengan menggetarkan ponsel dan mengeluarkan suara keras agar partikel pada speaker bisa dikeluarkan.

Namun perlu diingat bahwa proses penggunaan aplikasi semacam ini memang membutuhkan waktu cukup lama.

4. Biarkan air mengering

Cara menangani speaker HP kemasukan air yang berikutnya adalah dengan membiarkan air hingga kering. Jika air yang masuk ke dalam speaker sudah terlalu dalam, kemungkinan besar aplikasi pembersih speaker tidak dapat bekerja secara efektif.

Oleh sebab itu, tindakan yang paling tepat untuk dilakukan adalah membiarkan perangkat sampai benar-benar kering. Posisikan perangkat sehingga speaker menghadap ke arah bawah dan air yang ada di dalamnya bisa menetes keluar.

5. Rendam HP di dalam beras

Bisa dibilang ini adalah cara mengatasi speaker HP kemasukan air klasik, namun ternyata sangat efektif, lho. Ya, jadi beras sendiri memang memiliki kemampuan untuk menyerap kelembapan yang sangat baik. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba HP yang speakernya kemasukan air di dalam beras.

Pastikan HP benar-benar terkubur di dalam beras, dan tunggu setidaknya hingga 24 jam. Oh iya, sebelum merendam HP ke dalam beras, buka dulu penutup belakang dan lepaskan baterai serta SIM card yang digunakan. Hal ini dilakukan agar proses penyerapan air oleh beras bisa lebih maksimal.

6. Gunakan pengering rambut

Untuk membantu proses pengeringan air agar lebih cepat, sebenarnya juga bisa dilakukan dengan bantuan hairdryer alias pengering rambut. Nah, coba nyalakan hairdryer dan semburkan di area HP yang basah. Pastikan jarak antara hairdryer dan speaker sangat dekat, ya.

Baca Juga:  7 Cara Mengatasi HP di Hack 100% Terbukti Ampuh

Untuk memastikan semua air di dalam speaker menguap, mungkin saja diperlukan waktu antara 10 sampai 15 menit. Jika dirasa air yang masuk tidak terlalu banyak, sebaiknya jangan terlalu lama menyemburkan pengering rambut.

Selain itu, tetaplah berhati-hati ketika menggunakan pengering rambut. Angin yang dikeluarkannya adalah angin panas yang bisa saja merusak komponen-komponen lain. Jika sudah, taruh HP di tempat dengan ventilasi yang baik agar benar-benar kering dan kondisinya kembali normal.

7. Gunakan kipas angin

Bagi yang tidak punya alat pengering rambut atau ingin cara yang lebih aman, bisa menggunakan kipas angin. Arahkan kipas angin ke dalam lubang speaker dan pastikan kipas angin memutar dengan kecepatan yang paling tinggi agar air di dalamnya segera keluar.

Ya, penggunaan kipas angin dalam hal ini memang jauh lebih aman ketimbang pengering rambut. Akan tetapi, proses pengeringan air membutuhkan waktu yang lebih lama. Jadi memang harus benar-benar sabar jika ingin mencoba cara yang satu ini.

8. Bersihkan dengan cotton bud

Untuk membersihkan air serta kotoran yang ada di bagian speaker, bisa dilakukan dengan menggunakan cotton bud. Pembersihan ini dilakukan melalui lubang speaker secara perlahan. Nantinya air akan meresap pada cotton bud tersebut.

Akan tetapi, lakukan metode ini dengan hati-hati untuk menghindari gesekan atau tekanan berlebih pada komponen speaker itu sendiri. Ditakutkan cotton bud tidak mampu mengeluarkan air, namun justru membuat speaker rusak dan tidak bisa berbunyi lagi.

9. Gunakan silika gel

Metode selanjutnya adalah menggunakan silika gel, yaitu salah satu gel yang mampu menyerap kelembapan dengan baik. Gel yang satu ini memang sering diletakkan di tempat-tempat tertentu untuk menyerap air atau kelembapan dan mencegah jamur muncul di tempat tersebut.

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi Layar HP Retak dengan Pasta Gigi

Dengan fungsinya itu, tentu saja silika gel bisa dimanfaatkan untuk mengeringkan air yang masuk ke dalam speaker HP. Caranya juga cukup mudah, yakni pendam HP di dalam silica gel dan tunggu selama kurang lebih seharian penuh. Nantinya, gel akan bekerja menyerap air dengan sendirinya.

10. Bawa ke tempat service

Jika beberapa cara yang ada di atas sudah dicoba tetapi tidak ada yang berhasil, maka tidak ada lagi yang bisa dilakukan selain membawanya ke tempat servis. Pasalnya, kelembapan bisa saja mengakibatkan korosi pada bagian speaker dan perlu dibersihkan secara langsung atau diganti.

Bagi yang tidak tahu atau tidak paham tentang ponsel, jangan sampai mengambil risiko. Daripada membongkarnya sendiri dan tidak ada hasil, lebih baik bawa ponsel tersebut ke tempat service. Nantinya, masalah tersebut akan ditangani oleh orang yang memang sudah profesional di bidangnya.

Berhasil tidaknya cara mengatasi speaker HP kemasukan air yang sudah dijelaskan di atas, sebenarnya tergantung dari jumlah air yang masuk dan tingkatan kerusakan yang terjadi. Bisa speaker langsung mengalami masalah setelah air masuk.

Namun tidak sedikit juga yang berhasil menangani masalah tersebut dengan mudah, karena sejatinya air dalam speaker belum memberikan efek apapun untuk perangkat. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa cara-cara tersebut.

Baca Juga:

error: