5 Cara Mengatasi Tombol Volume Rusak di HP (Semua Merk)

Abockbusup.com – Cara mengatasi tombol volume rusak memang perlu diketahui oleh siapapun yang mengalami kenaikan. Tombol HP yang tidak berfungsi, memang menjadi problem tersendiri dan oleh karena itu harus dicari solusinya. Masalah ini memang seringkali ditemukan terutama pada pengguna handphone.

Dalam sebuah smartphone, volume merupakan salah satu elemen yang sangat penting yang bertujuan untuk menikmati berbagai media di dalam perangkat. Pada umumnya digunakan untuk mengatur kekuatan suara. Kemudian, bagaimana kalau tombol volume di ponsel tersebut tidak berfungsi lagi?

Jika memang terjadi, kamu tidak perlu langsung terburu-buru membawanya ke pusat perbaikan. Karena, ada sejumlah cara yang dapat dilakukan dalam mengatasi tombol volume rusak Xiaomi dan lainnya. Diharapkan nantinya dapat digunakan kembali secara normal.

Penyebab Tombol Volume Rusak di Smartphone

Sebelum mengulas tentang cara mengatasi tombol volume rusak, cukup penting juga untuk tahu apa penyebabnya. Saat dalam keadaan normal, kamu dapat melakukan pengaturan suara di handphone dengan memakai tombol volume.

Akan tetapi, kadang-kadang tombol volume tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya karena berbagai faktor. Ada beberapa hal yang mungkin bisa menjadi penyebab tombol volume pada smartphone ini tidak berfungsi.

Namun, seringkali tombol volume yang bermasalah ini penyebabnya karena kerusakan pada hardware maupun sistem yang ada di dalamnya sendiri. Berikut penyebabnya:

1. Pemakaian Terlalu Intensif

Pemakaian berlebihan seiring waktu dapat membuat kontak dalam tombol volume aus atau kotor, menghambat fungsinya. Saat tombol volume sulit ditekan, pengguna cenderung menekannya dengan lebih keras.

Kalau hal tersebut dilakukan terlalu sering, maka dapat merusak mekanisme internal lebih lanjut. Oleh karena itu, merawat dan membersihkan tombol secara teratur penting untuk mencegah kerusakan ini.

Baca Juga:  6 Cara Off WA Tanpa Mematikan Data Seluler di Samsung

2. Penggunaan yang Terlalu Keras

Menekan tombol volume terlalu keras secara terus-menerus dapat merusak mekanisme di bawahnya. Ini bisa mengakibatkan patah atau longgar, sehingga tombol tidak lagi berfungsi dengan baik. Disarankan untuk menekan tombol dengan lembut dan hati-hati agar mekanisme ini tetap awet.

3. Kerusakan Akibat Benturan

Saat HP jatuh atau terbentur, komponen internalnya dapat mengalami kerusakan. Hal ini juga berlaku untuk tombol volume. Benturan bisa menyebabkan retakan atau pergeseran komponen dalam tombol. Hal tersebut akan mengganggu kemampuannya untuk mengontrol volume.

4. Kontaminasi Cairan

Cairan seperti air atau minuman yang masuk ke dalam tombol volume dapat merusak sirkuit dan menghambat responnya. Cairan ini bisa mengakibatkan korosi atau hubungan listrik yang tidak baik, yang akan mengganggu fungsi tombol volume.

5. Keausan Alami

Seiring penggunaan yang normal, tombol volume dapat mengalami keausan alami dari pemakaian sehari-hari. Ini terjadi ketika permukaan tombol mulai mengikis atau mengeras. Meskipun ini adalah proses alami, penggunaan yang hati-hati dan pemeliharaan yang baik dapat memperpanjang umur tombol volume.

Cara Mengatasi Tombol Volume Rusak di Smartphone dengan Mudah dan Cepat

Saat mengalami tombol volume yang rusak, tentu tidak bisa dibiarkan karena akan sangat mengganggu kenyamanan penggunanya. Oleh karena itu, kalau kamu juga menghadapi kendala ini harus segera diperbaiki. Ada beberapa alternatif cara mengatasi tombol volume rusak, yaitu sebagai berikut:

1. Mengatur Volume dengan Pintasan

Tentu, berikut adalah cara pertama untuk mengatasi masalah tombol volume HP yang rusak, yaitu dengan menggunakan tombol pintasan. Tombol pintasan memungkinkan kamu tetap mengatur volume suara, meskipun tombol volume fisik mengalami kerusakan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama, gulir atau usap layar ponsel kamu ke arah atas untuk mengakses menu notifikasi.
  • Kemudian, di bagian atas layar, kamu akan melihat beberapa menu notifikasi yang muncul.
  • Terakhir, pilih opsi yang memungkinkan kamu untuk mengatur volume suara sesuai keinginan kamu.

Namun, perlu diingat bahwa cara ini hanya berlaku untuk mengatur volume suara media seperti video atau musik. Untuk mengatur volume panggilan atau nada dering, kamu mungkin perlu mencari solusi lain jika tombol volume fisik benar-benar rusak.

Baca Juga:  5 Cara Keluar dari Recovery Mode Oppo 100% Mudah

2. Melalui Pengaturan

Apabila tombol volume HP kamu mengalami kerusakan total, maka kamu dapat menggunakan cara yang kedua ini. Dengan memakai langkah ini, kamu dapat mengatur volume tanpa perlu menggunakan tombol sama sekali. Berikut cara memperbaiki tombol volume HP yang rusak:

  • Pertama, buka menu pengaturan atau “Settings” pada ponsel kamu.
  • Selanjutnya, cari dan pilih opsi yang bertuliskan “Suara dan Getar” di dalam menu pengaturan.
  • Terakhir, kamu akan menemukan opsi “Volume” di dalam pengaturan suara. Di sana, kamu dapat mengatur semua volume sesuai dengan kebutuhan kamu, baik untuk video, musik, maupun media lainnya.

Dengan memakai cara ini, kamu dapat mengontrol semua aspek volume pada HP kamu tanpa harus mengandalkan tombol volume fisik yang mungkin rusak. Jadi, tidak perlu lagi melakukan pengaturan secara langsung melalui tombol fisik.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Kamu bisa mengatasi masalah ketika tombol volume HP tidak berfungsi dengan menggunakan aplikasi pengganti tombol volume. Aplikasi pengatur volume yang tersedia memungkinkan kamu untuk mengontrol tingkat suara tanpa perlu mengganti komponen tombol volume fisik.

Dengan memanfaatkan berbagai aplikasi ini, kamu menghemat biaya dan upaya yang diperlukan untuk perbaikan fisik. kamu hanya perlu mengunduh dan menginstal salah satu aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Ini adalah solusi yang praktis dan efektif untuk mempertahankan pengalaman penggunaan HP kamu. Terutama, jika tombol volume fisik mengalami kerusakan. Referensi aplikasinya bisa kamu cari pada sumber di internet.

4. Menggunakan Aplikasi Volume Chopcut

Chopcut adalah aplikasi yang memungkinkan kamu mengontrol volume di HP kamu ketika tombol volume mengalami masalah. Penggunaannya sangat sederhana, karena kamu dapat mengatur suara tanpa perlu menggunakan tombol volume fisik.

Untuk mendapatkan aplikasi Chopcut, cukup instal dari Google Play Store. Aplikasi ini memiliki ukuran yang kecil, jadi tidak memakan banyak ruang penyimpanan. Salah satu keunggulan utama Chopcut adalah fitur-fitur lengkapnya.

Baca Juga:  4 Cara Mengatur Jam di HP Oppo 100% Mudah 2024

Selain pengaturan volume, aplikasi ini menyediakan berbagai fitur seperti Floating Widget, Basic Notification, Floating Equalizer, dan Extended Notification. Ini memberikan pengalaman yang lebih kaya dalam mengatur suara pada perangkat.

Dengan Chopcut, kamu dapat mengatasi masalah tombol volume dengan mudah.

5. Mendatangi Service Center Terdekat

Salah satu cara mengatasi tombol volume rusak terbaik adalah dengan datang ke service center resmi atau bengkel yang dapat memperbaikinya. Ini adalah pilihan yang sangat baik jika kerusakan bersifat total atau memerlukan perbaikan fisik.

Ketika kamu mengunjungi service center resmi, teknisi yang berpengalaman akan menganalisis masalahnya dengan cermat dan memberikan solusi yang tepat. Mereka dapat mengganti komponen yang rusak atau merawat tombol volume secara profesional.

Penting untuk memilih service center resmi atau bengkel yang terpercaya dan memiliki reputasi baik untuk memastikan perbaikan yang berkualitas. Meskipun ini mungkin memerlukan biaya tambahan, kamu dapat yakin bahwa perangkat akan diperbaiki dengan baik dan dapat digunakan lagi dengan normal.

Dengan mengikuti solusi yang telah disebutkan di atas, diharapkan kamu dapat mengatasi masalah tombol volume yang rusak pada HP kamu. Apakah itu dengan menggunakan aplikasi kontrol suara, tombol pintasan, atau dengan bantuan teknisi profesional di service center resmi.

Semua cara mengatasi tombol volume rusak ini diharapkan bisa memperbaiki kendala dan membuat perangkat kamu kembali berfungsi seperti biasa. Coba cara tersebut, diharapkan smartphone dapat kembali digunakan dengan lancar!

Baca Juga: