7 Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Lampu Merah Menyala


Abockbusup.com – Epson membekali setiap printer yang dibuatnya dengan lampu indikator. Apabila lampu ini menyala, tak jarang orang justru heran karena tandanya ada masalah pada printer. Bagaimana cara mengatasi printer Epson L3110 lampu merah menyala? Jawabannya mudah.

Terdapat solusi sederhana untuk mengatasi hal ini. Ketika lampu merah menyala, bukan berarti lampu tersebut yang rusak. Namun lampu ini hanyalah indikator yang menjelaskan bahwa ada masalah di dalam printer, biasanya berkaitan dengan kondisi cartridge tinta printer.

Jangan diambil pusing saat hal ini terjadi, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasinya. Mulai dari cara yang paling sederhana, sampai cara yang menggunakan software tersendiri. Selengkapnya telah disajikan di bawah ini!

Penyebab Lampu Merah Printer Epson Menyala

Ketika lampu indikator merah hidup terus-menerus, bisa jadi printer sedang membutuhkan perawatan atau perbaikan. Terdapat sejumlah penyebab yang membuat lampu merah ini menyala, di antaranya yaitu:

  • Cartridge kotor atau rusak, sehingga mengirimkan informasi yang salah ke printer.
  • Terdapat sisa sobekan kertas di bagian roller atau tempat keluarnya kertas.
  • Selang tinta tersumbat yang menyebabkan printer macet.
  • Kerusakan pada tabung pembuangan tinta yang membuat printer tidak bisa mencetak alias error.
  • Printer kehabisan kertas, padahal masih banyak kertas yang belum dicetak.

Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Lampu Merah Menyala Berkedip

Secara umum, cara mengatasi masalah ini dilakukan dengan melakukan reset. Tetapi masih banyak cara lain yang dapat digunakan tanpa reset, seperti melakukan pembersihan pada komponen printer. Biar semakin paham, mari cek satu per satu solusi di bawah ini:

Baca Juga:  3 Cara Mengatasi Hasil Fotocopy Bercak Hitam 2024

1. Menggunakan Tombol Reset pada Printer

Printer Epson tipe L13110 mempunyai tombol reset yang dapat membantu mengatasi masalah ini. Cara ini disebut sebagai reset manual. Banyak yang menyukai cara ini karena dinilai lebih praktis dan cepat.

Meski prosesnya bisa membutuhkan waktu lebih dari 10 menit. Kalau masih bingung bagaimana cara reset manual Epson l13110, langsung saja ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Cabut kabel daya dari printer, lalu diamkan selama 5 menit.
  • Pasang kembali kabel dan nyalakan printer.
  • Kemudian, tekan dan tahan tombol berlogo tinta selama kurang lebih 6 detik.
  • Lepaskan jari dari tombol. Lalu, tekan tombol tersebut lagi selama 3 detik.
  • Apabila lampu indikator masih belum menyala, coba ulangi menekan lagi tombol tersebut lebih lama.
  • Setelah itu, tunggu sampai printer melakukan reset secara manual.
  • Gunakan printer seperti biasa dan lihat seharusnya lampu merah tidak berkedip atau menyala terus-menerus lagi. Selesai.

2. Bersihkan Kelebihan Tinta

Ketika printer terlalu banyak menyedot tinta, entah karena tabung yang bocor atau masalah lainnya, ini bisa menyebabkan lampu merah menyala.

Kamu perlu melakukan pembersihan kelebihan tinta tersebut menggunakan kain lembut yang dibasahi dengan air sedikit. Hindari menggunakan zat pembersih tajam, karena bisa merusak komponen printer di dalamnya. Pastikan dilakukan secara hati-hati.

3. Instal Software Resetter Epson

Cara mengatasi printer Epson L3110 lampu merah menyala tanpa aplikasi tidak selalu bekerja. Biar lebih efektif, kamu bisa mencoba menggunakan resetter Epson yang dapat diunduh secara gratis di web resmi Epson atau pihak ketiga.

Tenang, prosesnya sangat mudah dan tidak terlalu teknikal bagi yang tidak suka hal-hal teknis. Selengkapnya dijelaskan di bawah ini:

  • Unduh resetter Epson L3110 terlebih dulu di sini.
  • Lakukan instalasi software seperti biasa.
  • Selanjutnya, jalankan file exe.
  • Pilih tombol Select ketika muncul kotak pop-up.
  • Berikutnya klik opsi Auto Selection untuk Port. Tekan OK untuk konfirmasi.
  • Tunggu beberapa saat sampai software berhasil mengidentifikasi tipe printer.
  • Pilih menu Particular Adjustment Mode. Lalu, klik Waste Ink Pad Counter.
  • Beri centang pada kotak Platen Pad Counter dan Main Pad Counter.
  • Kemudian tekan tombol Check.
  • Pilih Initialize dan matikan printer seperti instruksi di layar. Lalu, tekan OK.
  • Terakhir, hidupkan printer kembali dan printer pun akan kembali normal.
Baca Juga:  Cara Setting Ukuran Kertas F4 di Printer dengan Mudah

4. Melakukan Pembersihan pada Komponen Printer

Solusi printer Epson L3110 error lampu merah yang bisa dilakukan berikutnya adalah dengan membersihkan komponen printer. Tak jarang masalah ini disebabkan oleh komponen printer yang kotor atau macet.

Ketika printer head atau roller printer kotor, bisa-bisa printer error dan lampu merah menyala. Printer head perlu dibersihkan menggunakan alkohol dan cotton bud. Sedangkan komponen roller printer dapat dibersihkan dengan kain lembut yang telah dibasahi air.

Gunakan pula cotton bud untuk menjangkau area yang kecil dan sempit. Ketika membersihkan komponen-komponen ini, pastikan tidak menyisakan bekas air. Komponen printer harus dalam keadaan kering, tidak kotor oleh tinta atau tersumbat potongan kertas.

Lakukan pembersihan saat printer dalam keadaan mati. Tak lupa kembalikan segala komponen ke tempatnya semula, lalu hidupkan printer kembali. Lakukan uji coba mencetak dengan kertas kosong untuk melihat lampu apakah masih menyala.

5. Memeriksa Kabel Power Printer

Hal sepele terkadang bisa menyebabkan masalah ini pula. Sudahkah mengecek apakah kabel power printer sudah terhubung dengan printer? Atau justru printer belum dihubungkan ke sumber listrik, maka tak heran kalau printer error.

Pastikan bahwa kabel sudah terhubung dengan benar. Periksa juga sekiranya ada kerusakan pada kabel yang menyebabkan aliran listrik ke printer terganggu.

6. Isi Ulang Tinta

Cara mengatasi printer Epson L3110 lampu merah menyala berikutnya adalah mengisi ulang cartridge tinta. Khususnya jika tinta printer sudah habis atau kering. Lakukan penggantian kartu tinta yang kosong atau isi ulang untuk mengembalikan fungsi printer seperti semula.

7. Mendatangi Tempat Servis Printer Terpercaya

Sudah mencoba cara-cara di atas, namun lampu merah masih menyala? Tidak usah khawatir. Printer masih bisa digunakan setelah menjalani perbaikan terlebih dulu. Bawa printer ke tempat servis terpercaya dan berpengalaman.

Baca Juga:  6 Cara Mengatasi Laptop Layar Hitam Saat Dinyalakan

Biasanya tidak butuh waktu lama melakukan perbaikan, sehingga printer dapat digunakan kembali sesegera mungkin. Jika sudah di tahap ini, kerusakan yang terjadi bisa berupa sensor printer bermasalah.

FAQ tentang Printer Epson L3110 Error Lampu Merah

1. Apakah lampu merah menyala pada printer normal?

Tentu tidak. Lampu merah pada printer yang menyala merupakan tanda bahwa terjadi masalah teknis yang membutuhkan penanganan sesegera mungkin.

2. Apakah aplikasi resetter berbayar?

Apabila mengunduh langsung dari web resmi Epson, memang ada beberapa tipe printer yang software resetternya berbayar. Tetapi bisa mendapatkan resetter gratis lewat web pihak ketiga.

3. Apakah memperbaiki printer harus menggunakan resetter?

Jika tidak ingin menggunakan resetter, perbaikan Epson L3110 bisa dilakukan dengan pembersihan hingga pemeriksaan komponen printer.

4. Kenapa lampu merah Epson masih menyala?

Hal ini karena melakukan cara-cara di atas tidak menjamin dapat mengatasi masalah ini sampai selesai. Printer yang sudah rusak parah membutuhkan penanganan yang lebih kompleks. Akan tetapi, cara-cara di atas mampu mengatasi sebagian besar masalah yang dialami printer.

Silakan ikuti cara mengatasi printer Epson L3110 lampu merah menyala di atas, siapa tahu berhasil mengatasi masalah ini dengan cepat. Namun, tidak perlu dipaksakan bila solusi di atas belum berhasil, serahkan semuanya kepada tempat servis terpercaya.

Baca Juga: