6 Cara Mengatasi Followers Instagram Tidak Bertambah Padahal Ada yang Follow


Abockbusup.com – Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang amat banyak penggunanya. Sayangnya, belakangan muncul masalah soal followers. Pembahasan dalam artikel ini adalah mengenai cara mengatasi followers Instagram tidak bertambah padahal ada yang follow.

Masalah ini mulai mencuat karena banyak keluhan seolah jumlah followers akun mereka tidak bertambah padahal banyak followers baru. Bahkan, banyak fans selebritis yang mengeluhkan hal yang sama sehingga masalah ini kemudian jadi besar.

Ada beberapa penyebab yang membuat masalah ini muncul. Baik karena perangkat, masalah pada akun sendiri, atau juga karena pihak Instagram sendiri yang sedang bermasalah. Tapi untuk memastikan, coba dulu beberapa cara berikut untuk memastikan bahwa bukan pengguna sendiri yang bermasalah.

Penyebab dan Cara Mengatasi Followers Instagram Tidak Bertambah Padahal Ada yang Follow

Dari banyaknya keluhan yang berhubungan dengan jumlah followers Instagram, berikut ini adalah beberapa masalah yang umum menjadi penyebabnya. Dilengkapi dengan beberapa metode untuk mengatasi masalah tersebut:

1. Adanya ‘Bug’ atau ‘Server Down’ di Instagram

Memang hal ini biasanya bukan kesalahan pengguna tapi permasalahan dari aplikasi Instagram itu sendiri. Biasanya mereka lalu membuat versi terbaru yang sudah bebas gangguan dan bisa diunduh ulang oleh para penggunanya dalam bentuk “update versi terbaru”.

Untuk mengatasi hal tersebut, biasakanlah untuk melakukan pembaruan rutin agar aplikasi Instagram tetap dalam kondisi bagus dan berfungsi lancar. Lain halnya jika memang masalahnya disebabkan oleh server yang sedang ‘down’ di Instagram. Tunggu saja selama beberapa waktu sampai server mereka pulih.

Dalam keadaan seperti ini, biasanya Instagram akan cepat bertindak. Jadi kelumpuhan server bisa diatasi dalam beberapa jam saja.

Baca Juga:  6 Cara Mengatasi Pinjol Sebar Data ke Debt Collector 2024

2. Akun Berstatus ‘Private’

Jika akun yang dimiliki dibuat dalam status ‘private’ maka orang yang ingin ‘follow’ tidak bisa langsung karena harus disetujui oleh pemilik akun terlebih dulu. Jadi jumlah followers tidak segera bisa bertambah sebelum pengajuan disetujui.

Lain kasusnya dengan akun yang berstatus ‘public’ karena bisa langsung bertambah tanpa perlu persetujuan pemilik akun. Sehingga penambahan followers akan langsung terlihat. Jadi berikan persetujuan agar jumlah followers bertambah atau mengubah akun menjadi berstatus ‘public’.

Para pemilik akun Instagram yang memilih berstatus ‘private’ memang mempunyai alasannya sendiri. Salah satu alasan yang umum adalah ingin membatasi jumlah followers hanya pada orang-orang yang dikenalnya dengan baik saja. Sehingga tidak terlalu ingin memiliki jumlah follower yang banyak.

3. Jaringan Internet Buruk

Hal ini ternyata juga bisa jadi salah satu penyebabnya. Jadi saat ada yang ‘follow’ tidak langsung terlihat. Namun biasanya, jika hal ini yang terjadi, para followers bisa melihat penambahannya meskipun si pemilik akun tidak bisa.

Jadi, cara mengatasi followers Instagram tidak bertambah padahal ada yang follow adalah dengan mengganti jaringan yang digunakan. Jika sebelumnya menggunakan data seluler, gantilah ke jaringan WiFi. Jika jaringan internet sudah stabil, penambahan followers juga langsung ter-update otomatis.

4. Akun Terkena ‘Shadowban’

Jika akun terkena pemblokiran sementara, maka aktivitasnya memang dibatasi. Seperti memberi komentar, like atau berbagi, mengunggah konten atau membuat ‘IG Story’ dan juga menerima followers baru. Biasanya setelah pemblokiran selesai, akun akan bisa beraktivitas seperti biasa lagi.

Ada banyak alasan mengapa sebuah akun bisa terkena pemblokiran sementara. Terkadang pemilik akun pun tidak menyadarinya, seperti:

  • Unggahan konten bersifat kekerasan atau hal yang dianggap meresahkan pengguna Instagram
  • Akun tersebut mendadak ‘follow’ atau ‘unfollow’ banyak akun. Termasuk juga login dan log out terlalu sering. Sistem akan curiga dan melakukan blokir.
  • Sering memberikan komentar yang bersifat kasar, kurang pantas, ujaran kebencian, atau pelanggaran lainnya.

Pemblokiran sementara ini beragam waktunya. Mulai dari beberapa jam saja hingga rentang waktu dua minggu. Jangan lakukan aktivitas apapun di akun IG tersebut selama periode blokir. Setelah blokir selesai, barulah mulai aktif lagi.

Baca Juga:  10 Cara Mengatasi Verifikasi WA 12 Jam Terbaru 2024

5. Cache Terlalu Banyak

Makin sering aplikasi digunakan maka ‘cache’-nya juga bertambah. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya error pada aplikasi. Cache ini bukan hanya ada pada perangkat, namun juga pada aplikasi Instagram itu sendiri.

Karena itu lakukan pembersihan ‘cache’ secara rutin agar fungsi dari aplikasi tetap lancar, termasuk juga dalam mencatat penambahan jumlah followers. Hal ini berlaku bagi semua aplikasi yang terdapat pada perangkat.

Lakukan pembersihan cache secara rutin agar semua aplikasi tetap lancar fungsinya. Jika tidak tahu caranya, ikuti saja langkah berikut:

  • Masuk ke menu “Settings” (pengaturan) di perangkat lalu pilih opsi “Apps” (aplikasi)
  • Lanjutkan ke “Apps Management” (manajemen aplikasi)
  • Lalu pilih aplikasi “Instagram” dan masuk ke opsi “Storage” (penyimpanan)
  • Tekan tombol “Clear Cache” atau “Clear Data

6. Ada yang Melakukan ‘Unfollow’

Kemungkinan ini selalu ada dan terkadang tidak bisa dihindari. Jika jumlah follower baru ternyata sama dengan jumlah pengikut yang ‘unfollow’ tentunya jumlahnya menjadi tetap. Jadi jangan heran jika jumlahnya stabil karena ternyata ada yang ‘unfollow’ akun tersebut.

Berbagai Masalah yang Terjadi pada Instagram

Setelah mengetahui berbagai penyebab dan cara mengatasi followers Instagram tidak bertambah padahal ada yang follow, sebenarnya ada banyak masalah lain yang berhubungan dengan Instagram. Terkadang, bahkan tidak disadari oleh pemilik akun itu sendiri, seperti:

  • Tidak bisa login ke akun pribadi
  • Instagram malah log out sendiri
  • Tidak bisa posting atau malah tidak bisa membuka IG Story
  • Terkena auto ‘Like’ karena memanfaatkan fitur online untuk mendapatkan banyak ‘like’ atau banyak follower
  • Instagram sering ‘lemot’
  • IG sering ‘down’ atau error sendiri
  • Jumlah follower hilang atau berkurang sendiri

Instagram memang banyak pengikutnya karena bisa menjadi salah satu platform yang menjadi wadah ekspresi para penggunanya. Jika awalnya dulu seperti wadah untuk berbagi foto dan cerita, belakangan jadi berkembang hingga menjadi sarana promosi dan bisnis.

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Terus Padahal Sudah Benar

Jumlah followers banyak akan mempunyai dampak yang cukup besar bagi sebuah akun. Jadi muncul banyak aplikasi yang menawarkan penambahan jumlah followers dan interaksinya (Like, Comment dan Share) dalam jumlah besar.

Karena bisa dijadikan sarana promosi untuk usaha, menawarkan atau memperkenalkan produk, membentuk citra merk atau nama atau karakter seseorang, dan tentunya menjadi salah satu cara menghasilkan keuntungan misalnya dengan promosi produk atau ‘endorsement’.

Dengan membuat konten yang bagus dan menarik, biasanya jumlah followers bisa cepat bertambah. Apalagi jika sering berinteraksi dengan para followers, maka interaksi dan pengikut juga jadi mudah meningkat jumlahnya.

Cara mengatasi followers Instagram tidak bertambah padahal ada yang follow dan juga berbagai penyebabnya telah dibahas di atas. Pada dasarnya, masalah tersebut bisa karena perangkat sendiri namun juga tidak menutup kemungkinan adanya error atau masalah dari Instagram itu sendiri.

Namun secara umum, rutinlah melakukan ‘update’ aplikasi ke versi terbarunya agar fungsinya tetap lancar. Selain itu, lakukan pembersihan rutin untuk ‘cache’ yang seringkali menumpuk tanpa disadari sehingga menyebabkan masalah.

Baca Juga:

error: