7 Cara Mengatasi HP Disadap Melalui IMEI 2022

Abockbusup.com – Penyadapan HP bisa dilakukan dengan banyak cara, termasuk melalui nomor IMEI. Cara penyadapan ini sudah selangkah lebih maju dibandingkan cara penyadapan lainnya. Oleh karena itu, kamu juga wajib memahami cara mengatasi HP disadap melalui IMEI.

Di bawah ini akan dijelaskan tentang cara mengatasi HP yang disadap menggunakan IMEI. Sebaiknya simak informasinya sampai akhir untuk memahami langkah-langkahnya secara lengkap.

Ciri-ciri HP Disadap Melalui IMEI

Sebelum membahas lebih jauh, sebaiknya kamu pahami terlebih dahulu ciri-ciri HP yang disadap atau dibajak menggunakan nomor IMEI. Di bawah ini adalah beberapa ciri yang paling kerap muncul dan dialami para pengguna smartphone.

1. Baterai Cepat Habis

Baterai smartphone kamu tiba-tiba cepat habis padahal tidak dipakai untuk banyak aktivitas? Sebaiknya waspada karena ini merupakan salah satu ciri HP telah disadap.

Baterai bisa lebih cepat habis karena penyadap mencoba menginstall sebuah aplikasi untuk mengintai aktivitasmu di smartphone. Aplikasi tersebut pun akan terus berjalan selama 24 jam di background. Inilah yang membuat baterai lebih boros.

2. Menerima Chat atau SMS Asing

Sering muncul spam di smartphone seperti chat atau sms asing? Hal ini juga diidentifikasi sebagai salah satu ciri HP sudah dibajak melalui IMEI.

Chat atau SMS ini kerap berisi teks aneh, tidak bisa dibaca, dan tidak bisa diartikan. Pasalnya, isi chat atau SMS tersebut biasanya hanya kumpulan karakter aneh. Kalau pernah mendapatkan SMS atau chat seperti ini, sebaiknya kamu waspada.

3. Muncul Iklan

Ciri yang ketiga adalah tiba-tiba muncul iklan di luar aplikasi. Iklan ini biasanya muncul secara tiba-tiba. Iklan tersebut merupakan bentuk kamuflase dari malware yang bertugas untuk menyadap HP kamu.

Iklan tersebut akan sangat sulit dihilangkan meski kamu sudah merestart HP, menghapus aplikasi yang dicurigai sebagai penyebabnya, serta menghapus cache. Kalau sudah begini, artinya HP kamu benar-benar telah disadap.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi Kamera HP Berembun 100% Ampuh

4. HP Lebih Lemot

Kamu merasa tidak menginstall aplikasi baru atau aplikasi berat tapi HP tiba-tiba jadi lebih lemot dari pada biasanya? Hal ini bisa terjadi karena ada yang mencoba menyadap HP kamu.

Untuk menyadap HP, si penyadap harus menginstall aplikasi tersembunyi terlebih dahulu yang berguna untuk mengawasi kamu. Aplikasi ini punya ukuran yang sangat besar.

Secara otomatis, resource HP akan diprioritaskan untuk menjalankan aplikasi tersebut. Oleh karena itu, HP kamu akan terasa lebih lemot secara tiba-tiba.

5. Kuota Lebih Boros

Sebagai pengguna smartphone, kamu pasti sudah tahu berapa kebutuhan kuota kamu per bulannya. Kalau tiba-tiba kuota kamu lebih boros padahal kamu melakukan aktivitas seperti biasa, bisa jadi HP kamu sudah dibajak atau disadap melalui IMEI.

Masih ingat aplikasi yang diinstall secara diam-diam oleh hacker untuk mengawasi aktivitasmu? Aplikasi itu juga bertugas untuk mengirimkan data dari smartphone kamu ke “tuannya”. Pengiriman data ini dilakukan menggunakan kuota internet.

Itulah mengapa kuota internet yang kamu beli bisa habis secara tiba-tiba, padahal kamu memakainya dengan normal.

Cara Mengatasi HP Disadap Melalui IMEI

Dari penjelasan di atas, kamu tentu sudah memahami bagaimana ciri-ciri HP disadap melalui IMEI. Kalau begitu, sekarang adalah waktunya untuk mengetahui bagaimana cara menghadapi atau mengatasi kalau HP kamu disadap. Sebaiknya perhatikan penjelasan di bawah ini supaya tidak salah langkah.

1. Ubah Nomor IMEI

Karena kasusnya di sini adalah HP kamu dibajak melalui IMEI, maka salah satu cara ampuh yang bisa dilakukan adalah mengganti nomor tersebut. Apakah bisa IMEI diganti? Tentu saja bisa asalkan kamu tau caranya.

Penasaran bagaimana cara ubah nomor IMEI yang cepat dan mudah? Ikuti tutorial ganti IMEI tercepat berikut ini.

  1. Pertama, install aplikasi bernama Mobile Uncle Tool di smartphone kamu.
  2. Kalau sudah selesai menginstallnya, langsung saja buka aplikasi tersebut.
  3. Kemudian cari dan klik pada menu Engineer.
  4. Klik pada Engineer mode.
  5. Kemudian scroll atau gulir ke bawah untuk menemukan menu CDS Information. Klik pada menu tersebut.
  6. Selanjutnya, klik pada menu Radio Information.
  7. Kalau kamu menggunakan dua SIM, pilih salah satu SIM card yang akan diubah IMEI-nya.
  8. Setelah itu, di bagian atas halaman aplikasi akan muncul at+ yang diikuti oleh angka-angka IMEI yang baru.
  9. Klik pada tombol send at command.
  10. Selamat, sekarang kamu sudah mendapatkan IMEI yang baru.
Baca Juga:  6 Cara Mengatasi HP Lupa Kata Sandi Tanpa Reset

Dengan IMEI yang baru, artinya kamu memutus jalan yang digunakan oleh penyadap untuk mengawasi smartphone. Sekarang coba cek apakah IMEI kamu benar-benar berubah atau tidak?

  1. Buka aplikasi Phone, Call, atau sejenisnya yang biasa kamu gunakan untuk menelepon.
  2. Langsung saja ketikkan *#06# tanpa perlu menekan tombol call.
  3. Selanjutnya di layar akan ditampilkan nomor IMEI. Pastikan sudah sesuai dengan apa yang kamu dapatkan dari aplikasi tadi, ya.

2. Factory Reset

Selain mengubah nomor IMEI, kamu juga perlu melakukan factory reset. Cara mengatasi HP disadap melalui IMEI dilakukan supaya aplikasi tersembunyi yang diinstall penyadap terhapus. Selain itu, factory reset juga akan membantu kamu memberantas malware dan virus yang menginfeksi HP.

Berikut ini adalah cara melakukan factory reset yang bisa kamu ikuti.

  1. Buka Settings melalui apps drawer atau notifikasi bar.
  2. Kemudian scroll terus ke bagian bawah dan klik pada menu System.
  3. Klik pada menu Advanced untuk menampilkan menu yang lebih kompleks.
  4. Klik pada Reset Options.
  5. Pilih opsi Erase all data (factory reset).
  6. Halaman selanjutnya akan menunjukkan bahwa kamu akan menghapus data seluruh aplikasi.
  7. Kalau sudah yakin, klik Reset Phone.
  8. Proses factory akan berlangsung selama beberapa menit. Kalau sudah selesai, HP akan restart atau reboot secara otomatis.

Selain menggunakan menu Settings seperti di atas, factory reset juga bisa dilakukan melalui recovery mode. Cara ini juga disebut sebagai hard reset. Ini dia tutorial hard reset yang bisa kamu ikuti.

  1. Tekan tombol power pada smartphone dan tahan sampai muncul menu di layar.
  2. Klik pada opsi Power Off.
  3. Pastikan bahwa HP kamu sudah benar-benar dalam keadaan mati sebelum melangkah ke step berikutnya.
  4. Sekarang tekan kembali tombol power, kali ini bersamaan dengan tombol volume bawah.
  5. Kalau sudah masuk ke recovery mode, silakan lepaskan jari kamu dari kedua tombol yang harus ditekan tadi.
  6. Di recovery mode, kamu harus menggunakan tombol volume untuk navigasi atas bawah. Sedangkan untuk memilih pakai tombol power.
  7. Pilih pada opsi Wipe data (factory reset).
  8. Setelah itu akan muncul opsi untuk meyakinkan kamu memilih opsi tersebut. Pilih Yes.
  9. Tunggu prosesnya yang juga akan berlangsung beberapa menit seperti factory reset melalui menu Settings.
  10. Kalau proses wipe data sudah berakhir, kamu akan dibawa kembali ke halaman utama recovery mode.
  11. Di sini, pilih menu reboot untuk masuk ke smartphone.
Baca Juga:  9 Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri 2022

Kedua cara mengatasi HP disadap melalui IMEI yang sudah dijelaskan di atas adalah combo yang tepat. Pergantian IMEI akan menghentikan akses penyadap ke HP kamu.

Selain itu, factory reset juga membantu kamu menghapus seluruh aplikasi tersembunyi yang diinstall oleh hacker tersebut. Sekarang kamu bisa terbebas dari ancaman penyadapan.

Baca Juga:

error: