7 Cara Mengatasi HP Disadap Mudah 100% Berhasil

Abockbusup.com – Belakangan ini banyak sekali kasus penyadapan, pembajakan, atau hacking smartphone. Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati karena tidak menutup kemungkinan akan menjadi korban selanjutnya. Jadi, sebaiknya pahami ciri-ciri serta cara mengatasi HP disadap.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan secara lengkap tentang ciri-ciri smartphone yang disadap dan cara untuk mengatasinya. Akan dijelaskan pula tentang cara mengatasi ketika Whatsapp dibajak. Sebaiknya simak sampai akhir supaya kamu memperoleh informasi selengkap-lengkapnya.

Ciri-ciri HP Disadap

Sebelum mempelajari bagaimana cara mengatasi HP disadap, sebaiknya pahami ciri-cirinya terlebih dahulu. Ini akan membantu kamu mengidentifikasi apakah smartphone yang sedang kamu pakai benar-benar dihack atau tidak.

Ada Suara Bergema dan Berisik saat Menelepon

Ciri yang pertama bisa dikenali pada saat kamu menelepon, baik menggunakan telepon seluler biasa atau aplikasi seperti Whatsapp. Biasanya akan muncul suara asing yang berisik atau suaramu menjadi bergema.

Bahkan sambungan telepon bisa terputus tiba-tiba. Padahal kamu maupun orang yang sedang berbicara di ujung sana tidak menekan tombol apa pun yang bisa memutuskan sambungan.

Tidak hanya itu, suara-suara asing juga bisa muncul ketika kamu tidak menggunakan smartphone untuk melakukan apa pun. Suara ini biasanya ditimbulkan oleh ulah pihak tidak bertanggung jawab yang membajak smartphone kamu.

Volume Naik dan Turun saat Sedang Menelepon

Selain kemunculan suara yang aneh seperti tadi, volume suara ketika telepon juga akan terganggu. Contohnya suara tiba-tiba turun atau naik meski kamu tidak menekan tombol apa pun.

Tidak hanya ketika menelepon, volume suara yang tiba-tiba naik dan turun juga bisa terjadi saat kamu menonton video atau mendengarkan musik. Seolah-olah smartphone kamu sedang dikendalikan dari jarak jauh.

Baterai Cepat Habis Walau Tidak Digunakan

Selanjutnya, baterai smartphone akan terasa cepat habis dibandingkan sebelumnya. Hal ini terjadi karena hacker atau penyadap juga turut menggunakan HP-mu.

Baca Juga:  7 Cara Mengatasi Jaringan WiFi Lemot di HP 2022

Bedanya, hacker tersebut menggunakan smartphone milikmu dari jarak jauh. Karena dipakai oleh 2 orang, secara otomatis aktivitasnya lebih banyak. Hal ini membuat konsumsi baterai meningkat, bahkan hingga 2 kali lipat lebih boros.

Sulit Mendapatkan Sinyal

Aktivitas pengendalian HP dari jarak jauh yang dilakukan oleh hacker juga bisa membuat sinyal menjadi terputus. Akibatnya, kamu akan lebih sulit mendapatkan sinyal dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Kalau kamu sedang berada di tempat yang cakupan sinyalnya kuat, tapi tidak muncul sinyal di HP-mu, sebaiknya waspada. Bisa jadi smartphone kamu sedang disadap.

Kuota Lebih Boros

Aktivitas penyadapan dan pengendalian HP dari jarak jauh memerlukan koneksi internet. Hal ini membuat kuota internet yang kamu miliki menjadi cepat habis.

Pesan Sudah Terbaca Padahal Belum Dibuka

Pernah menerima pesan dan kamu merasa belum membukanya, tapi status pesan tersebut sudah dibaca? Ini bisa menjadi salah satu ciri kalau smartphone kamu disadap. Sebaiknya waspada dan segera praktikkan cara mengatasi HP disadap yang akan dijelaskan di bawah ini.

Muncul Aplikasi Asing

Ciri terakhir kalau HP-mu sedang disadap adalah muncul aplikasi asing yang tidak pernah kamu install sebelumnya. Bisa jadi aplikasi tersebut diinstall oleh penyadap tanpa kamu ketahui.

Biasanya, aplikasi ini berfungsi untuk memungkinkan hacker mengakses smartphone kamu dan mengendalikannya dari kejauhan.

Cara Mengatasi HP Disadap

Di bawah ini terdapat 5 metode yang bisa kamu praktikkan untuk mengatasi HP dihack.

1. Kode Dial untuk Memastikan HP Disadap atau Tidak

Cara pertama ini dilakukan untuk mengetahui apakah HP kamu benar-benar disadap adalah dengan nomor dial *#21#. Kalau di HP kamu tidak bekerja, coba pakai kode lain yang fungsinya sama, yaitu *#21##.

Baca Juga:  6 Cara Mengatasi HP Lupa Kata Sandi Tanpa Reset

Selain itu, masih banyak juga alternatif nomor dial lainnya yang bisa kamu coba. Berikut ini adalah beberapa nomor dial yang dimaksud.

  • *#06#
  • *#61#
  • *#62#

Yang paling banyak dipakai adalah *#61# dan *#06#. Fungsinya adalah untuk memastikan apakah HP benar-benar dipantau orang lain atau tidak. Selain itu, *#61# juga bisa memberikan data mengenai panggilan tidak terjawab yang mungkin tidak tercatat di log panggilan.

Sedangkan kode dial *#62# bisa kamu pakai untuk memeriksa call forwarding atau panggilan dialihkan ke nomor tertentu.

2. Hentikan Penyadapan dengan Nomor Dial

Kalau sudah memastikan bahwa HP kamu benar-benar disadap, sekarang adalah waktunya untuk menghentikan aksi tersebut. Caranya masih sama, yaitu menggunakan nomor dial. Kode dial yang digunakan adalah #002# atau ##002##.

Fungsi dari dial tersebut adalah menghentikan seluruh pengalihan panggilan yang masuk smartphone. Setelah itu, seluruh panggilan akan masuk ke nomor kamu dan tidak lagi dialihkan.

3. Hubungi Call Center Provider

Untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik, kamu sangat disarankan untuk menghubungi nomor call center dari provider atau operator yang kamu pakai.

Hal ini dilakukan supaya nomor kamu direset sehingga tidak ada lagi pengalihan panggilan ke pihak mana pun. Sebaiknya jangan sembarangan menghubungi call center. Pastikan kamu menghubungi nomor telepon, email, maupun akun media sosial yang resmi.

Pasalnya, saat ini ada banyak sekali modus penipuan yang mengatasnamakan call center provider, operator, maupun bank.

4. Uninstall Aplikasi Asing

Cara mengatasi HP disadap yang terakhir adalah uninstall aplikasi asing. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu ciri HP disadap adalah muncul aplikasi aneh yang tidak pernah kamu install sebelumnya.

Jadi, cara untuk mengatasinya adalah dengan uninstall. Caranya juga sangat simpel, tinggal klik dan tahan pada aplikasi lalu pilih opsi Uninstall.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi Suara HP Hilang Karena Headset

5. Factory Reset

Langkah terakhir untuk mengatasi HP disadap adalah melakukan factory reset. Ini dilakukan agar di penyadap atau hacker tidak lagi punya akses ke smartphone kamu. Berikut ini cara factory reset di HP Android yang bisa kamu ikuti.

  1. Buka Settings terlebih dahulu dengan cara klik ikon gerigi.
  2. Berikutnya klik pada menu System.
  3. Klik Advanced untuk menampilkan lebih banyak menu.
  4. Klik Reset options.
  5. Sekarang klik pada opsi Erase all data (factory reset).
  6. Klik tombol Reset phone dan tunggu saja sampai prosesnya berjalan dan selesai.

Cara Mengatasi Whatsapp Dibajak

Penyadapan tidak hanya dilakukan pada panggilan seluler, banyak juga kasus penyadapan pada aplikasi Whatsapp. Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi Whatsapp dibajak.

1. Unlink Device

Kebanyakan penyadapan Whatsapp memanfaatkan fitur Whatsapp Web atau Link Device. Untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan opsi Unlink Device. Berikut tutorial untuk melakukannya.

  1. Buka aplikasi Whatsapp dan klik titik tiga yang ada di pojok atas kanan.
  2. Klik Linked Devices.
  3. Kemudian klik pada nama device yang terhubung.
  4. Klik opsi Log out.
  5. Lakukan hal yang sama pada semua device.

2. Aktifkan Verifikasi 2 Faktor

Berikut ini adalah cara mengaktifkan verifikasi 2 faktor untuk lebih mengamankan Whatsapp.

  1. Klik titik tiga di Whatsapp lalu klik Settings.
  2. Masuk ke menu Account lalu pilih Two-step verification.
  3. Klik Enable.
  4. Masukkan PIN sebanyak 6 digit.
  5. Masukkan alamat email.
  6. Klik Next, masukkan alamat email lagi.
  7. Klik Save.

Setelah mengetahui cara mengatasi HP disadap, kamu harus lebih berhati-hati. Tidak menutup kemungkinan bahwa hacker akan mengulangi aksinya lagi.

Baca Juga:

error: