11 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air 100% Ampuh

Abockbusup.com – Untuk saat ini, cara mengatasi HP kemasukan air menjadi kata kunci yang sering dicari. Ya, HP canggih keluaran terbaru memang sudah dibekali dengan fitur anti air. Namun di sisi lain, tidak sedikit HP yang belum mengantongi fitur tersebut.

Ketika sewaktu-waktu smartphone yang digunakan tercebur ke dalam air, tentu saja kamu akan langsung panik. Terlebih lagi jika kondisi HP langsung mati total dan tidak bisa dihidupkan lagi. Ya, rasanya memang seperti tidak ada harapan lagi untuk mengembalikannya.

Apalagi bagi orang-orang awam, biasanya mereka akan langsung membawa perangkat tersebut ke tempat servis. Padahal, sebenarnya ada penanganan pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi HP pada saat kemasukan air.

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air dengan Mudah

Jadi ketika HP kamu kemasukan air, jangan terburu-buru untuk langsung membawanya ke konter. Daripada nanti habis banyak uang, alangkah baiknya coba dulu beberapa cara menangani HP kemasukan air yang bisa dicoba.

1. Langsung ambil kemudian selamatkan

Tahapan pertama ketika HP tercebur dan kemasukan air, adalah dengan menyelamatkannya dengan cara mengambil HP tersebut. Semakin lama HP terendam air, tentu saja kemungkinan air akan masuk dan merusak berbagai komponen di dalamnya semakin besar.

Oleh sebab itu, segera keluarkan ponsel kamu dari dalam air dan segera keringkan. Pengeringan pertama yang bisa dilakukan, adalah dengan mengelapnya dengan menggunakan kain kering dan pastikan bagian luar HP benar-benar kering.

2. Segera matikan lalu bongkar HP

Jika HP sudah dikeringkan, tahapan yang berikutnya adalah mematikan lalu membongkarnya. Setelah HP terkena atau terendam air, jangan sampai HP dalam keadaan hidup. Jadi misal kondisinya belum mati, langsung matikan HP tersebut.

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar komponen-komponen di dalam HP tidak ada yang mengalami korsleting dan membuat HP tidak bisa menyala lagi. Selain itu, kamu juga perlu mengeluarkan SIM Card, kartu memori, dan melepas casing.

Baca Juga:  7 Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Samsung

3. Goyang-goyangkan perangkat HP

Tahapan yang berikutnya adalah dengan menggoyang-goyangkan perangkat HP dengan pelan. Dengan cara yang satu ini, diharapkan air yang tersangkut di beberapa port, seperti jack HP, port pengisian daya, serta port lain bisa keluar.

Jika kamu mempunyai alat penyedot debu, maka bisa memanfaatkannya untuk meniup lubang-lubang tersebut agar airnya bisa keluar. Namun jangan gunakan kekuatan penyedot yang terlalu tinggi, dan jangan lupa tetap jaga jarak aman, ya!

4. Jangan gunakan hairdryer (pengering rambut)

Beberapa orang berpikir jika pengering rambut akan membantu mengeringkan air yang ada pada bagian-bagian HP. Padahal, sebenarnya hal tersebut benar-benar tidak dianjurkan, atau bahkan dilarang karena berbahaya untuk HP itu sendiri.

Panas yang dikeluarkan dari pengering rambut, bisa saja merusak berbagai komponen internal HP secara permanen. Bahkan jika sudah terlalu berlebihan, bisa saja ada beberapa bagian dari HP yang meleleh akibat suhu yang terlalu panas.

5. Jangan dimasukan ke dalam freezer

Hampir sama seperti sebelumnya, banyak orang yang menyarankan untuk memasukkan HP ke dalam freezer setelah terendam air. Padahal hal ini termasuk tindakan yang salah, dan justru dapat menimbulkan dampak yang lebih buruk pada HP.

Bagaimana tidak, HP yang dimasukkan ke dalam freezer itu akan membeku dan air di dalamnya tetap tidak keluar. Jika kamu melakukan tindakan ini, maka kemungkinan besar HP tersebut akan mati total dan tidak bisa digunakan lagi.

6. Melakukan proses pengeringan sendiri

Nah, setelah tadi HP dimatikan dan semua isinya dikeluarkan, maka cara mengatasi HP kemasukan air yang berikutnya adalah mengeringkannya. Untuk melakukannya, kamu bisa coba mengelap ponsel dengan tisu atau kain yang bersih dan kering. Pastikan setia port sudah dilap hingga kering.

Baca Juga:  9 Cara Mengatasi HP Panas Batre Tanam Ampuh

Selain mengelap seluruh bagian bodi HP, kamu juga bisa menggunakan bantuan kipas angin agar proses pengeringan bisa lebih cepat. Ya, penggunaan kipas angin ini memang jauh lebih aman jika dibandingkan pengering rambut, karena udara yang dihasilkan dingin atau sejuk.

7. Coba gunakan silica gel

Untuk mengatasi HP yang kemasukan air, kamu juga bisa memasukkan paket silica ke dalam kantong plastik. Kemudian masukkan ponsel ke dalam plastik berikan silica gel tersebut dan tunggu selama beberapa saat hingga air terserap.

Silica gel sendiri merupakan pengering yang mempunyai fungsi untuk menyedot kelembapan. Jadi alat yang satu ini memang sangat cocok untuk membantu mengeringkan HP yang basah terkena air. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa menunggu hingga 3 hari sampai semua kelembapan hilang.

8. ‘Rendam’ HP dengan beras

Untuk memastikan jika HP benar-benar dalam keadaan kering, maka kamu juga dapat memanfaatkan butiran-butiran beras. Seperti pada saat digenggam beras, maka beras tersebut akan memunculkan rasa hangat jika lama dalam genggaman.

Nah, efek hangat tersebut yang dipercaya sangat bagus untuk menyerap air dan kelembapan di dalam HP yang sebelum terendam air. Kamu bisa menuangkan beras ke dalam suatu wadah, masukkan HP ke dalam wadah berisikan beras tersebut, lalu tunggu hingga 1 hari penuh.

Selama masa perendaman HP di dalam beras, jangan pernah mencoba untuk menyalakannya. Jadi ketika proses penyerapan air (kelembapan) oleh beras, maka air akan melewati berbagai komponen. Dan jika dinyalakan saat ada air di komponen tertentu, maka bisa saja mengakibatkan korsleting.

9. Pasang kembali semua komponen HP

Setelah direndam di dalam beras selama seharian, kamu bisa memasang kembali setiap komponen yang sebelumnya dilepaskan. Sebelum dinyalakan, coba isi dulu daya dari ponsel tersebut dengan menancapkannya ke kabel charger.

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi HP Xiaomi Fastboot Terbaru 2022

Apabila indikator menyala, maka kemungkinan besar HP tersebut masih bisa diselamatkan dan siap untuk digunakan kembali. Nah, sekarang coba nyalakan HP dan lakukan pengetesan pada beberapa komponen, seperti speaker, mikrofon, dan juga fitur-fitur lainnya.

Hal yang Dilarang Ketika HP Kemasukan Air

Selain sembilan cara mengatasi HP kemasukan air yang dijelaskan di atas, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan sebelum HP benar-benar kembali hidup seperti semula. Jadi berhati-hatilah dan jangan sampai melakukan beberapa hal berikut.

  • Jangan menyalakan HP, karena komponen-komponen listrik di dalamnya bisa mengalami korsleting dan mengakibatkan kerusakan permanen.
  • Untuk menghindari terjadinya masalah korsleting, kamu juga tidak boleh memasang komponen-komponen HP.
  • Jangan menekan berbagai tombol pada HP, karena bisa saja mendorong air menuju ke bagian HP lebih dalam lagi.
  • Jangan pernah meniup lubang-lubang pada HP, karena hal ini juga bisa membuat air masuk lebih dalam.
  • Menggunakan pengering rambut berudara panas hanya akan menambah kerusakan pada HP.
  • Jika ragu untuk melakukan beberapa cara di atas, kamu bisa langsung membawanya ke tukang servis HP dengan segera.

Cara mengatasi HP kemasukan air sebenarnya sangat sederhana. Namun beberapa cara di atas ternyata juga tidak benar-benar menjamin HP kamu bisa kembali normal.

Jika sudah dicoba namun gagal, maka bisa membawanya ke tempat servis. Kalau sudah tidak diselamatkan, artinya kamu perlu membeli HP baru.

Baca Juga:

error: