8 Cara Mengatasi HP Mati Sendiri Baterai Tanam 2024

Abockbusup.com – Untuk sekarang ini, hampir semua penggunaan HP Android menggunakan baterai tanam. Hal inilah yang sulit dilakukan ketika tiba-tiba ponsel mati dengan sendirinya. Namun, tenang saja karena kamu bisa mengikuti cara mengatasi HP mati sendiri baterai tanam dengan langkah yang sangat mudah.

Sekarang ini segala jenis kegiatan membutuhkan HP. Tidak hanya berkomunikasi saja, melainkan untuk mengembangkan sebuah bisnis pun juga membutuhkan ponsel pintar agar dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dengan sebaik mungkin.

Apabila menghadapi permasalahan, pastinya kamu harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, kemudian mengatasinya berdasarkan dari masalah yang terjadi.

Mengapa HP Tiba-Tiba Mati Sendiri?

Pada saat mendapati ponsel yang tiba-tiba mati dengan sendirinya, ternyata disebabkan karena beberapa faktor. Tentu hal ini membuat penggunanya merasa kebingungan mengapa tiba-tiba HP mati, padahal baterainya masih penuh.

Perlu diingat sebelumnya bahwa kondisi HP yang tiba-tiba mati tidak hanya disebabkan karena baterai yang habis. Melainkan juga bisa disebabkan karena faktor yang lainnya, seperti berikut ini:

1. Baterai Bermasalah

Penyebab paling sering terjadi tiba-tiba HP mati dengan sendirinya yaitu karena baterai yang sedang bermasalah, seperti baterai drop. Artinya bahwa kondisi baterai sudah tidak bagus lagi atau sudah bertahun-tahun penggunaan.

Sehingga persentase dari baterai ponsel mengalami penurunan sangat drastis. Permasalahan ini bisa diatasi dengan cara mengganti baterai yang baru.

2. HP Overhead

Penggunaan ponsel yang berlebihan dan tiada henti maka akan menimbulkan HP mengalami overhead yang disebabkan karena panas berlebihan. Kondisi ini menjadi penyebab tiba-tiba ponsel mati dengan sendirinya.

Semakin sering ponsel bekerja, otomatis suhu yang dihasilkan pun juga semakin panas. Hal ini memungkinkan bahwa ponsel akan mengalami overheat dan mati karena kondisi baterainya yang terlalu panas.

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi Layar HP Hitam Karena Jatuh 2024

3. Terlalu Banyak Sampah yang Menumpuk

Perlu diketahui dengan pasti bahwa cara mengatasi HP mati sendiri baterai tanam Oppo juga harus dilihat dari segi penyebabnya terlebih dahulu. Tidak semua penyebab memiliki proses penyelesaian yang sama.

Seperti penyebab dari file sampah yang terlalu menumpuk, maka membuat perangkat tidak dapat bekerja secara maksimal. sehingga ponsel akan mati sendiri sebagai tanda bahwa HP sudah tidak dapat bekerja dengan optimal. Rajinlah menghapus cache supaya tidak mengganggu kinerja ponsel.

4. Terjadi Bug di Aplikasi

Penggunaan aplikasi yang ada di ponsel seringkali tidak bisa menghindari adanya bug maupun error. Bahkan hal ini juga menimbulkan software HP mengalami kerusakan. Sebenarnya untuk bug itu sendiri hal yang biasa terjadi pada penggunaan HP.

Akan tetapi, jika sudah mengganggu software HP, otomatis hal ini wajib diperhatikan dengan sebaik mungkin.

Cara Mengatasi HP Mati Sendiri Baterai Tanam

Untuk para pengguna ponsel yang memiliki baterai tanam, tidak perlu pusing dan dibingungkan perihal bagaimana cara untuk mengatasi HP mati. Mengingat bahwa langkah yang dilakukan tidak terlalu sulit. Asalkan mengetahui tips yang bisa diikuti. Langsung saja, berikut ini cara yang bisa dilakukan:

1. Melakukan Kalibrasi

Tips yang pertama ini merupakan langkah paling umum untuk dilakukan bagi pengguna ponsel pintar yaitu bisa melakukan kalibrasi pada HP. Pada biasanya, kondisi HP yang tiba-tiba hidup dan mati sendiri disebabkan karena kondisi baterainya yang mengalami kerusakan.

Jika hal ini terjadi, maka cara mengatasi HP mati sendiri baterai tanam Samsung yang harus dilakukan yaitu dengan melakukan kalibrasi pada HP dan jangan tergesa-gesa mengganti baterai yang baru.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Apabila sudah melakukan kalibrasi di HP, akan tetapi tidak membuahkan hasil yang maksimal, maka bisa mencoba cara yang kedua yaitu dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi HP Oppo Lemot 100% Berhasil

Banyak sekali aplikasi yang bisa membantu untuk mengatasi HP yang tiba-tiba mati sendiri. Seperti aplikasi suhu baterai yang bisa di download melalui Google Play Store.

3. Mengosongkan Penyimpanan Internal

Cara mengatasi HP mati sendiri baterai tanam selanjutnya yaitu dengan melakukan penghapusan atau mengosongkan bagian penyimpanan internal.

Cara ini bisa dilakukan dengan menghapus file-file yang ada di memori internal supaya membuat memori semakin longgar dan tidak terlalu penuh. Dengan cara ini, maka ponsel akan bekerja secara maksimal.

4. Melakukan Hard Reset

Selain melakukan beberapa cara yang ada di atas, kamu juga dapat melakukan hard reset atau proses pengembalian ponsel sesuai pengaturan pabrik. Namun, harus diketahui bahwa proses ini pastinya sangat beresiko.

Mengingat bahwa hard reset tidak hanya mengembalikan pengaturan HP seperti setelan pabrik saja. Melainkan juga menghapus beragam file maupun data yang ada di dalamnya. Jika ingin melakukan hard reset, disarankan agar melakukan backup data-data yang penting terlebih dahulu.

5. Update Sistem

Untuk pengguna smartphone dengan baterai tanam yang mengalami permasalahan tiba-tiba ponsel mati bisa melakukan update bagian sistem. Pada biasanya permasalahan yang umum terjadi yaitu karena sistem belum dilakukan update.

Sehingga sering kali memunculkan permasalahan perangkat yang hidup dan mati sendiri. Silahkan lakukan pengecekan apakah perangkat yang digunakan meminta update sistem yang terbaru atau tidak.

Jika muncul notifikasi, segera lakukan update sistem. Sistem bisa juga melakukan pembaruan agar mengatasi permasalahan yang terjadi.

6. Pengecekan Tombol Power

Cara mengatasi HP mati sendiri baterai tanam yang lainnya yaitu dengan melakukan proses pengecekan di bagian tombol power. Ternyata kerusakan yang terjadi tidak hanya bagian software atau komponen hardware yang bermasalah saja.

Namun juga disebabkan karena hardwarenya yang menjadi penyebab permasalahan pada tombol fisik power. Bisa saja karena tombol tersebut tertekan. Untuk melakukan pengecekan di bagian tombol power, kamu dapat melepaskan casing tambahan pada ponsel.

Setelah itu, perhatikan apakah HP tersebut mati sendiri atau tidak. Apabila HP mati dengan sendirinya, bisa disebabkan karena HP mengalami error.

Baca Juga:  4 Cara Mengatur Jam di HP Oppo 100% Mudah 2024

7. Mendinginkan Baterai

Belum banyak yang mengetahui bahwa ternyata HP yang tiba-tiba mati dengan sendirinya juga bisa disebabkan karena penggunaan yang terlalu berlebihan. Sehingga menimbulkan baterai mengalami overhead.

Apabila permasalahan ini yang terjadi, solusi yang perlu kamu lakukan yaitu dengan mengurangi pemakaian. Terlebih lagi ketika sedang di charger. Kamu harus mendiamkan ponsel sampai dingin. Apabila ponsel dibiarkan terlalu panas dapat merusak bagian perangkat dan sistemnya.

8. Pergi ke Tempat Service HP

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi HP mati sendiri dengan penggunaan baterai tanam yaitu dengan menghubungi teknisi atau membawanya ke tempat service HP. Bisa saja hal ini disebabkan karena adanya kerusakan di mesin HP yang terlalu parah.

Jadi harus memperbaikinya menggunakan jasa teknisi. Dengan menyerahkan ponsel kepada teknisi yang tepat, maka permasalahan bisa teratasi dengan baik. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui apa yang menimbulkan permasalahan ponsel tiba-tiba mati dengan sendirinya.

Berdasarkan dari cara mengatasi HP mati sendiri baterai tanam seperti langkah yang ada di atas, maka bisa dijadikan sebagai solusi yang tepat supaya kamu tidak perlu merasa bingung dan langsung mengganti baterai.

Bisa saja HP yang tiba-tiba mati disebabkan karena faktor yang lain. Untuk itu, penjelasan di atas bisa dijadikan sebagai solusi yang terbaik untuk menemukan langkah yang tepat untuk perbaikan.

Baca Juga: