6 Cara Mengatasi Printer Offline Menjadi Online Lagi


Abockbusup.com – Saat menggunakan perangkat printer, ada berbagai kendala yang seringkali muncul. Diantaranya adalah mengalami offline. Jika mengalami kendala, tidak perlu bingung. Cobalah mencari penyebabnya terlebih dahulu untuk dapat mengetahui cara mengatasi printer offline efektif yang bisa dilakukan.

Mencetak dokumen merupakan kegiatan yang sering dilakukan. Untuk itu kebanyakan orang memiliki printer dirumah sebagai solusi agar bisa mencetak berkas dokumen yang dibutuhkan secara lebih fleksibel dan hemat waktu.

Selain tata cara penggunaannya, kamu juga harus memahami kendala yang mungkin muncul dan cara mengatasinya. Hal tersebut dibutuhkan agar masalah yang dihadapi bisa segera teratasi. Dengan begitu aktivitas pun tidak terhambat.

Beberapa Penyebab Printer Mengalami Offline

Pertanyaan tentang bagaimana cara mengatasi printer yang offline tentu sering diajukan. Printer menjadi perangkat yang memiliki peranan penting untuk mengelola dokumen, diantaranya seperti scan, cetak, hingga fotocopy. Beragam fungsinya membuat pengguna sangat membutuhkannya.

Namun karena berbagai faktor, kendala bisa saja muncul. Sebelum mempelajari cara mengatasinya, ketahui terlebih dahulu faktor penyebab printer offline. Dengan mengidentifikasi penyebab, kamu bisa memilih solusi yang paling tepat untuk mengatasi kendala. Perhatikan informasi sebagai berikut.

  • Printer tidak memiliki tinta untuk mencetak.
  • Driver printer mengalami masalah, seperti error, versi tidak update, dan lainnya.
  • Kabel printer putus.
  • Masalah spooling printer.
  • Kerusakan pada komponen printer.
  • Konektivitas antara printer dan komputer terganggu.
  • Adanya kertas yang tersangkut pada bagian printer.

Pilihan Cara Mengatasi Printer Offline Paling Efisien

Ketika printer mengalami offline, tentu akan membuat panik. Apalagi saat harus mencetak dokumen secepatnya. Cobalah untuk tetap tenang dan pelajari beberapa cara mengatasi printer offline di bawah ini agar kendala dapat diselesaikan secara cepat.

1. Update Driver Printer

Driver berfungsi menghubungkan sistem operasi pada perangkat komputer dengan printer. Umumnya fungsional driver akan di update sesuai dengan sistem kerjanya agar bisa berjalan optimal. Untuk itu pengguna perlu melakukan update secara berkala.

Terlalu usangnya versi driver membuat sistem operasi komputer tidak bisa mendeteksinya sehingga statusnya menjadi offline.

Driver juga bisa saja mengalami eror apabila tidak diupdate. Solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan update driver. Jika belum memahami caranya, simak tahapannya sebagai berikut.

  • Pada halaman utama Windows silahkan pilih tombol Start.
  • Akses opsi Pencarian untuk dapat menemukan opsi Device Manager dengan mudah.
  • Klik opsi yang sesuai untuk masuk ke dalam pengaturan.
  • Temukan opsi menu Printers.
  • Klik Kanan pada mouse dengan bagian kursor ke menu tersebut. Pilih Update Driver.
  • Ketuk bagian opsi Search Automatically for Updated Driver Software untuk update secara otomatis.
  • Jika sudah memiliki file driver terbaru silahkan pilih opsi Browse My Computer for Driver Software. Lanjutkan dengan memilih file terkait.
  • Dalam beberapa saat proses update akan selesai. Nantinya status printer akan berubah menjadi ready dengan tanda centang hijau.

2. Periksa Konektivitas Printer

Masalah yang sering menyebabkan printer menjadi offline adalah karena terjadi masalah kabel atau konektivitas. Untuk itu cara mengatasi printer offline sederhana yang bisa dilakukan adalah memeriksa konektivitas printer.

Pastikan semua kabel terhubung dengan baik agar printer bisa digunakan. Jika semua kabel sudah terhubung namun masih offline, artinya terdapat masalah lain yang terjadi.

Coba ganti kabel yang digunakan, karena bisa saja kabel putus atau mengalami kerusakan. Kondisi kabel yang tidak baik dapat menyebabkan masalah sehingga membuat printer menjadi offline.

3. Install Ulang Driver

Upaya lain yang bisa diterapkan untuk atasi printer offline adalah dengan install ulang driver. Permasalahan error pada driver printer seringkali terjadi karena berbagai faktor sehingga tidak bisa mendeteksi perangkat.

Penanganan harus segera dilakukan agar aktivitas dengan printer tidak terkendala. Cara install ulang driver dapat dilakukan secara praktis dengan mengikuti panduan berikut ini.

  • Ketuk icon Windows untuk dapat masuk ke menu Start.
  • Pilih icon Gear untuk pergi ke bagian Settings.
  • Klik bagian menu Devices.
  • Pilih opsi Printer and Scanner.
  • Tap opsi driver printer yang akan diinstall ulang. Tekan Remove Device terlebih dahulu untuk menghapus driver bermasalah pada komputer.
  • Install kembali driver dengan memilih opsi Add a Printer or Scanner.
  • Proses refresh akan berlangsung, apabila printer sudah terdeteksi klik opsi Add Device.
  • Setelah proses install ulang, printer membutuhkan waktu beberapa saat untuk refresh. Jika statusnya sudah ready bisa langsung digunakan.

4. Restart Printer Spooler

Permasalahan yang dapat menyebabkan printer mengalami offline adalah karena adanya error pada printer spooler. Cara memperbaiki printer offline dalam kondisi seperti ini adalah dengan restart ulang.

Printer spooler merupakan file berformat exe yang mempunyai peranan agar dapat memproses pencetakan dokumen.  Apabila terjadi masalah pada file ini, maka status printer menjadi offline.

Kebanyakan orang mungkin tidak familiar dengan istilah yang satu ini, namun kamu perlu melakukan pengecekan menyeluruh untuk dapat menemukan solusi terbaik guna mengatasi kendala secara efisien.

Apabila masalahnya terjadi pada file spooler printer, simak cara mengatasinya di bawah ini.

  • Gunakan opsi Pencarian untuk pergi ke opsi Service.
  • Silakan ketik tujuan kemudian enter.
  • Pada halaman service, silahkan cari opsi Print Spooler.
  • Apabila statusnya tertulis Running, silahkan Klik Kanan > Restart.
  • Namun jika Tidak Ada Keterangan status, Klik Kanan > Start.
  • Tunggu hingga status printer menjadi ready.

5. Isi Ulang Tinta Printer

Untuk dapat mencetak dokumen, printer membutuhkan tinta. Kendala tidak hanya bisa terjadi pada perangkat printer saja. Namun tinta habis juga bisa menyebabkan printer mengalami offline. Umumnya, indikator akan memberikan informasi jika tinta pada printer habis.

Namun seringkali pengguna mengabaikannya hingga masalah printer offline muncul. Hal ini menyebabkan perangkat tidak dapat digunakan untuk mencetak dokumen. Apabila mengalami kondisi tersebut, cobalah untuk memeriksa tempat penyimpanan tinta terlebih dahulu.

Jika memang kendala disebabkan karena tinta yang habis, segera lakukan isi ulang. Perhatikan kembali agar kondisi tersebut tidak terulang lagi.

Periksa kondisi cartridge secara berkala dan isi tinta sebelum habis. Selain mencegah printer mengalami offline, langkah ini juga bisa dilakukan untuk merawat cartridge agar awet digunakan.

6. Bawa Printer ke Service Center

Cara mengatasi printer offline terakhir yang bisa dilakukan apabila metode lainnya tidak efektif adalah dengan membawa printer ke tempat service. Disana akan ada teknisi berpengalaman yang akan membantu menyelesaikan masalah.

Silahkan berkonsultasi dengan pihak penyedia jasa service agar mendapatkan solusi. Pilihlah tempat service yang terpercaya agar hasilnya memuaskan. Berbagai kemungkinan bisa saja terjadi diantaranya seperti komponen hardware mengalami kerusakan, ditutupi debu, dan lainnya.

Untuk mengatasi situasi tersebut, pergi ke tempat service adalah pilihan terbaik. Sebelum penanganan dilakukan, perangkat nantinya akan diperiksa terlebih dahulu untuk menemukan penyebab masalahnya.

Melalui beberapa cara mengatasi printer offline, kendala yang terjadi bisa diatasi dengan mudah. Dengan begitu, kegiatan cetak dokumen dan lainnya tidak terhambat dan bisa berjalan lancar. Lakukan perawatan dan pemeriksaan secara berkala agar kinerja printer bisa tetap terjaga.

Baca Juga: