9 Cara Mengatasi HP Restart Sendiri 100% Terbukti Ampuh


Abockbusup.com – Perangkat yang sering tiba-tiba restart sendiri tentu menjadi suatu hal yang sangat merepotkan, jika demikian maka adalah solusi yang bisa dilakukan yaitu menerapkan cara mengatasi HP restart sendiri. Pasalnya, masalah ini dapat terjadi oleh siapapun.

Meski sering dianggap sebagai suatu hal yang tidak berbahaya, namun perangkat yang terlalu sering melakukan restart dalam kurun waktu yang lama dapat membahayakan perangkat tersebut. Untuk bisa menghilangkan masalah tersebut, maka berikut penjelasannya.

Beberapa Penyebab Utama HP Sering Restart Sendiri

Perangkat ponsel yang melakukan restart sendiri tentu memiliki masalah pada bagian sistem perangkat. Apabila hal tersebut terjadi, maka berikut beberapa penyebab utamanya.

  • Bug pada sistem.
  • Crash pada sistem.
  • Kondisi RAM terlalu penuh.
  • Memori internal pada perangkat ponsel penuh.
  • Perangkat ponsel overheat.

Cara Mengatasi HP Restart Sendiri dengan Cara Mudah

Setelah di atas dijelaskan beberapa penyebab utama mengapa perangkat ponsel dapat mengalami restart sendiri, lantas berikut beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan saat perangkat yang digunakan tengah mengalami masalah tersebut.

Perlu diingat, beberapa tips dan trik berikut merupakan cara mengatasi HP restart sendiri yang dapat dilakukan di semua merk HP. Detailnya, informasi tersebut bisa disimak di bawah ini.

1. Nonaktifkan Perangkat Ponsel

Secara umum, setiap perangkat ponsel tentu memiliki batas limit suhu pada setiap komponen di dalamnya. Apabila HP dalam kondisi yang terlalu panas, maka hal tersebut akan menyebabkan perangkat mengalami overheat.

Jika kondisi perangkat sudah overheat, maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan mematikan HP sejenak. Lebih baiknya lagi, ketika perangkat ponsel sedang didinginkan, baterai, SIM, dan semua kartu memori yang terpasang pada ponsel dilepas terlebih dahulu.

Baca Juga:  7 Cara Mengatasi Google Terhenti pada HP Samsung

2. Aktifkan Aplikasi Sistem dengan Posisi Disable

Pada perangkat Android, maka akan diketahui jika ada dua golongan aplikasi dimana hal tersebut berasal dari aplikasi yang diinstal sendiri maupun aplikasi bawaan sistem. Apabila aplikasi bawaan sistem tidak sengaja ter-disable, maka hal tersebut akan menyebabkan sistem menjadi bermasalah.

Jika pengguna HP tidak sengaja melakukan hal di atas, maka cara mengatasi HP restart sendiri yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Buka menu Pengaturan.
  • Selanjutnya pilih opsi Aplikasi dan tekan Aplikasi Sistem.
  • Cari aplikasi sistem yang tidak sengaja ter-disable.
  • Kemudian, aktifkan kembali aplikasi sistem tersebut seperti sebelumnya.

3. Lakukan Update pada Perangkat Ponsel

Setiap vendor HP secara umum akan memberikan beberapa waktu dalam merilis update perbaikan bug dan keamanan sistem pada perangkat. Apabila perangkat mengalami masalah restart sendiri, maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan update. Dalam hal ini, cara yang dilakukan yaitu:

  • Masuk ke menu Pengaturan.
  • Pilih menu About/Tentang Telepon pada perangkat.
  • Kemudian cek apakah tersedia update.
  • JIka tersedia pilihan update, maka cara mengatasi HP restart sendiri dapat dilakukan dengan cara update.

4. Reset Ulang Perangkat Ponsel

Apabila masalah ponsel yang restart sendiri dikarenakan sistem yang tidak stabil, crash, atau lainnya, maka cara mengatasi HP restart sendiri yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan reset ulang. Adapun caranya yaitu sebagai berikut.

  • Buka menu Pengaturan.
  • Masuk ke dalam menu Backup dan Reset.
  • Masuk ke dalam Factory Reset.
  • Kemudian lakukan reset ulang seperti sistem bawaan pabrik.
  • Sebelum melakukan Factory Reset, selalu pastikan pengguna perangkat ponsel selalu melakukan backup agar data yang dimiliki tidak hilang.

5. Bersihkan  Cache

Seperti diketahui, cache merupakan suatu file sistem yang akan terus menerus muncul seiring digunakannya perangkat ponsel tersebut. Dalam hal ini, fungsi cache yaitu menyimpan konfigurasi untuk mengingat semua hal yang terdapat pada sistem.

Baca Juga:  3 Cara OFF WA Tanpa Mematikan Data Seluler di Redmi

Dengan adanya cache, maka perangkat pengguna HP dapat mempercepat kinerja yang dilakukan. File cache umumnya juga bisa menyimpan error secara berkelanjutan di mana hal ini akan menyebabkan HP sering melakukan restart sendiri.

Apabila perangkat yang digunakan dalam masalah tersebut, maka berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

  • Matikan terlebih dahulu perangkat ponsel yang digunakan.
  • Kemudian, nyalakan kembali perangkat dengan cara menekan tombol power + volume up + volume down.
  • Selanjutnya, cari menu Pengaturan Wipe Dalvik Cache dan Wipe Cache Partition pada ponsel.
  • Terakhir, pengguna HP tinggal melakukan restart pada ponsel.

6. Mengganti Baterai Menjadi Baru

Apabila perangkat yang digunakan sudah menggunakan baterai dengan usia yang lama, maka sangat penting bagi pengguna perangkat ponsel untuk mulai mempertimbangkan penggantian komponen baterai pada ponsel.

Secara umum, semakin lama penggunaan perangkat smartphone dapat menyebabkan kinerja baterai menjadi turun secara terus menerus. Apabila dibiarkan, maka hal tersebut dapat menyebabkan perangkat ponsel sering mengalami restart sendiri.

Sebelum mulai mengganti baterai pada perangkat ponsel yang digunakan, maka pertama-tama pengguna HP juga harus mengetahui beberapa informasi seperti berikut. Dua informasi di sini dapat dijadikan alternatif ketika pengguna HP ingin mengganti baterai pada perangkat.

  • Membeli baterai asli

Secara umum, baterai asli atau original tentu memiliki tegangan yang sudah sesuai dengan kebutuhan komponen pada perangkat ponsel. Dengan menggunakan baterai original, maka hal tersebut merupakan cara aman untuk merawat perangkat ponsel.

Ingat, jangan pernah menggunakan baterai yang non original. Selain karena spesifikasi pada baterai tersebut tidak sesuai, baterai non original juga dapat menimbulkan kerusakan pada perangkat ponsel.

  • Lakukan kalibrasi pada baterai

Setelah membeli baterai baru, pengguna HP juga dapat melakukan kalibrasi. Fungsi dari kalibrasi ini secara umum digunakan untuk mengecek status dari baterai tersebut error atau tidak.

Apabila ditemukan error, maka biasanya ditemukan perbedaan dari daya baterai yang ditampilkan pada perangkat dengan aplikasi kalibrasi baterai.

7. Mengecek Aplikasi Terakhir yang Digunakan

Apabila masalah perangkat ponsel yang restart sendiri terjadi di beberapa hari terakhir, maka perlu dianalisa terlebih dahulu apakah penyebab utamanya berasal dari aplikasi yang digunakan terakhir kali?.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi Tombol Power Tidak Berfungsi Pada HP

Percaya atau tidak, memang ada aplikasi yang menyebabkan masalah pada perangkat ponsel saat digunakan. Biasanya, aplikasi-aplikasi yang sering menyebabkan masalah tersebut merupakan aplikasi yang berhubungan dengan sistem cleaner atau sejenisnya.

Untuk bisa mengatasi HP restart sendiri, maka pengguna perangkat dapat melakukan beberapa langkah. Apa saja langkah yang bisa dilakukan yaitu sebagai berikut.

  • Masuk ke dalam menu Pengaturan.
  • Pilih opsi Aplikasi yang terdapat di Menu Pengaturan.
  • Kemudian, cara aplikasi mana yang belakangan ini sering digunakan.
  • Jika sudah ketemu, segera hapus aplikasi tersebut lewat perangkat ponsel yang digunakan.

Penutup

Ada banyak penyebab mengapa HP sering melakukan restart sendiri. Selain beberapa penyebab yang sudah disebutkan di atas, sebenarnya masih ada beberapa penyebab kecil lainnya. Untuk bisa mengatasi masalah tersebut, maka penting bagi pengguna HP untuk melakukan trial and error.

Apabila setelah beberapa cara HP tetap melakukan restart sendiri, maka cara terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan mengunjungi tukang servis. Namun sebelum datang ke tukan servis, pastikan pengguna HP sudah coba beberapa cara mengatasi HP restart sendiri di atas.

Baca Juga:

error: