14 Cara Mengatasi HP Terendam Air Terbaru 2024

Abockbusup.com – HP yang terendam air masih bisa kembali bekerja dengan normal. Ketika HP terendam air, kejadian tersebut bukan sebuah vonis mati. Sebagai pemilik HP, mengetahui cara mengatasi HP terendam air akan membuat HP yang terendam air bisa terselamatkan. Umumnya, orang panik atau putus harapan.

Mengatasi HP yang terendam air akan melibatkan semua aktivitas yang bertujuan membuat HP benar-benar kering dan sama sekali tidak basah. Dalam situasi basah HP tidak mungkin bekerja dengan baik. Penanganan cepat dan tepat harus dilakukan. Hal vital adalah memastikan air tidak masuk ke dalam HP.

Biasanya, keteledoran atau kecelakaan membuat HP terendam air. Semakin lama HP dalam keadaan basah baik di dalam air maupun di luar air, maka kemungkinan HP kembali hidup normal akan semakin kecil. Jangan remehkan HP yang basah dan terendam air, kerusakan permanen bisa terjadi kemudian.

Cara Mengatasi HP Terendam Air

Efek HP masuk air sangat bergam. Ketika HP masuk air, HP tersebut bisa mengeluarkan bunyi yang aneh, kamera menjadi kabur, gagal dicas, dan tentu saja mati total. Hal tersebut merupakan hal umum yang harus diketahui. Jangan panik karena HP yang “rusak” tersebut masih bisa kembali bekerja dengan normal.

Bagaimana cara mengatasi hp yang terendam air dan basah? Caranya banyak dan membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Satu yang pasti, dalam kondisi HP terendam air sempurna, pemakaian HP mungkin tidak akan bisa dilakukan (bisa berhari-hari) sampai HP benar-benar kering dan kembali normal.

Bersabar, berikan respons cepat, dan jangan putus ada dalam menghadapinya. Berikut adalah berbagai cara dan tips ampuh menghadapi HP yang terendam air dan basah.

Baca Juga:  4 Cara Mengatur Jam di HP Oppo 100% Mudah 2024

1. Keringkan Langsung

Ketika mendapati HP terendam air langsung angkat dan keringkan. Ini merupakan langkah serta merta yang harus dilakukan siapapun. HP yang terendam air bisa dikeringkan dengan lap atau tisu. Buka hanya bagian permukaan terutama layar, pastikan tidak ada air yang tersisa pada bagian lubang dan sela-sela.

2. Jangan Asal Pencet

Setelah HP kering, jangan asal pencet tombol sana dan tombol sini. Jangan melakukan hal konyol dan mencoba fitur-fitur yang ada pada HP yang sudah terendam air. Biarkan saja HP tersebut jangan diuji dan berusaha menjadi seorang yang bereksperimen dan melakukan sesuatu yang salah pada tombol HP.

3. Matikan Segera

Segera setelah HP kering, langsung matikan HP tersebut. Semakin lama HP dalam keadaan hidup dan berair semakin tinggi kemungkinan kerusakan yang terjadi. Oleh karena itu tidak ada aktivitas yang dilakukan selain mematikan HP dan memastikan HP mati total untuk mengerjakan langkah selanjutnya.

4. No Hair Dryer

Cara mengatasi HP terendam air selanjutnya adalah jangan sekali-kali menggunakan hair dryer untuk mengeringkan HP. HP mungkin masih basah atau terasa dingin maka biarkanlah. Menggunakan hair dryer merupakan langkah yang salah karena panas berlebih dari alat tersebut bisa merusak komponen HP.

5. Jangan Dijemur di Luar

Kesalahan lain soal mengeringkan HP adalah menjemurnya di luar untuk mendapatkan terik sinar matahari. Dalam pikiran, menjemur HP seperti itu bisa mempercepat HP kering dari dingin dan basah. Faktanya, selain kering penuh komponen HP yang ada akan ikut rusak dan penggantian komponen harus dilakukan.

6. No Goyang & Tiup

Menggoyang dan meniup HP adalah langkah yang sangat salah. Lagi-lagi, dasar pemikirannya adalah dengan meniup dan menggoyang HP, HP akan menjadi kering. Hal tersebut ternyata salah karena menggoyang dan meniup HP berpotensi membuat air masuk ke lubang dan mendorongnya ke sudut lain.

7. Pakai Vacuum Cleaner USB

Vacuum cleaner USB adalah salah satu alat yang bisa digunakan untuk mengeringkan HP selain kain dan tisu. Vacuum cleaner ini memang didesain untuk mengeluarkan air yang masih ada di HP. Vacuum tersebut mampu menggunakan sedotan udara untuk menarik keluar air yang masih bersarang di sana.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi Baterai HP yang Tidak Bisa Penuh

8. Lepas Baterai

Bagian baterai adalah bagian rentan lain selain layar jika HP terkena air. Maka dari itu, baterai tersebut harus kamu lepas agar air tidak masuk ke sana. Cara ini hanya bisa diterapkan pada HP dengan baterai lepas alias bukan baterai tanam. Baterai yang basah bisa mengakibatkan kerusakan yang permanen.

9. Lepas Kartu SIM

Cara mengatasi HP terendam air selanjutnya adalah melepas kartu SIM. Sama dengan baterai, air bisa masuk ke komponen ini melalui celah yang ada dan membuat kartu SIM rusak. Setelah dilepas, kartu SIM harus dibersihkan dan dikeringkan dengan baik. Jangan pasang kartu SIM sebelum HP kembali normal.

10. Lepas Kartu SD

Komponen terakhir yang harus dicabut ketika HP terkena air adalah kartu SD. Prinsip pelepasan kartu SD ini sama dengan pelepasan baterai dan kartu SIM. Jika dibiarkan terkena air, maka kartu SD bisa berakhir dengan kerusakan. Segera lepas, keringkan, dan jangan langsung dipasang sebelum HP sudah normal.

11. Jangan Dicas

Adakah orang yang dengan gegabah melakukan pengisian daya ulang ketika HP masih dalam kondisi basah? Ternyata ada. Kekeliruan semacam ini terjadi karena beranggapan HP yang dicas bisa langsung hidup setelah mati. Hal tersebut nyatanya cukup berbahaya dan akan membuat kondisi HP semakin buruk.

12. Peram di Dalam Beras

Salah satu trik terbaik dan termurah yang bisa dilakukan untuk mengatasi HP yang terendam air adalah dengan diperan di dalam beras. Trik ini mampu bekerja dengan baik dan bukan sebuah lelucon. Caranya pun dianggap mudah dan bisa dilakukan siapapun. Siapkan beras yang ada atau beli terlebih dahulu.

Kemudian, simpan HP di dalam beras. Hati-hati jangan terlalu dalam karena tekanan bisa berdampak buruk pada HP. Plastik atau kotak makanan bisa digunakan untuk menampung beras. Waktu perendaman bisa dari 2 – 4 hari. Ternyata, beras ini mampu menyerap air dengan baik sehingga HP bisa kering sempurna.

Baca Juga:  4 Cara Mengatasi HP Fastboot 100% Pasti Berhasil

13. Pakai Gel Silica

Gel silica bisa digunakan untuk membuat HP yang basah menjadi kering sempurna. Gel silica memiliki fungsi menyerap air dan kondisi lembab yang muncul di sekitarnya. Untuk melakukan cara ini, cukup simpan HP di dalam plastik bersama gel silica selama 2 sampai 3 hari. HP akan kering sempurna kemudian.

14. Bawa ke Tukang Servis

Bagaimana jika HP sudah kering tetapi tetap gagal hidup dan kembali normal? Jika sudah dalam kondisi tersebut, langkah selanjutnya adalah membawa HP ke tukang servis. Kemungkinan terdapat komponen yang rusak atau air sudah masuk sampai ke dalam bagian HP sehingga harus dibongkar semuanya.

Dengan membawa HP ke tukang servis penanganan yang dilakukan tentu akan lebih profesional dan lebih meyakinkan. Akan sangat menolong tukang servis jika kamu telah melakukan penanganan pertama setelah HP terendam air. Nasib baik akan membuat HP bisa kembali hidup dan bekerja dengan normal.

Cara mengatasi HP terendam air dan basah sudah teruji dan merupakan langkah taktis untuk mengantisipasi kerusakan lebih jauh. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Ke depannya, pastikan HP selalu berada dalam kondisi aman sehingga insiden HP terendam air tidak akan terjadi.

Baca Juga: