4 Cara Mengatasi HP Mati Total Tidak Bisa Dicas

Abockbusup.com – Memahami cara mengatasi HP mati total tidak bisa dicas akan memudahkan hidup serta membuat kamu jadi lebih hemat. Karena begitu HP mengalami mati total tidak harus langsung dibawa ke tukang servis terlebih dahulu.

Kamu bisa memperbaikinya secara langsung karena terkadang masalahnya cukup sederhana. Selain itu, ada juga beberapa metode yang bisa dilakukan di rumah asalkan memiliki kabel data dan komputer.

Artikel ini akan membahas tentang cara mengatasi HP Xiaomi mati total tidak bisa dicharge dan beberapa penyebabnya. Jadi, kamu akan paham apa saja yang harus dilakukan agar permasalahan ini bisa segera diatasi.

Cara Mengatasi HP Mati Total Tidak Bisa Dicas

Cara mengatasi HP mati total tidak bisa di-charge bisa dilakukan dengan beberapa cara di bawah ini. Pilih salah satu yang paling sesuai agar bisa langsung diterapkan.

1. Coba melakukan pengisian baterai terlebih dahulu

Coba lakukan proses pengisian baterai terlebih dahulu. Biasanya cara mengatasi HP mati total tidak bisa dicas jenis ini bisa menyalakan ponsel dengan cepat.

Terkadang ponsel yang sudah digunakan secara terus-menerus membutuhkan waktu pengisian yang sedikit lebih lama. Jadi, pastikan untuk melakukan proses pengisian secara perlahan-lahan dan bersabar.

Intinya jangan langsung dibawa ke tukang service terlebih dahulu karena bisa saja bukan merupakan kerusakan. Namun, karena kelalaian kita dalam melakukan pengisian sehingga baterai benar-benar terkuras dengan habis.

2. Gunakan alternatif charger yang lain

Terkadang menggunakan alternatif charger yang lain juga bisa digunakan untuk mengatasi hal ini. Ketika menggunakan charger yang lain ternyata daya masih bisa masuk ke dalam baterai dan melakukan pengecasan.

Kondisi ini akan sangat menguntungkan karena tidak perlu melakukan proses servis yang lebih rumit. Apabila kondisi tersebut muncul, berarti masalah terletak pada charger entah itu pada kabelnya ataupun pada adaptor.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi Kamera HP Berembun 100% Ampuh

3. Lakukan flash

Usahakan untuk melakukan proses flash terlebih dahulu apabila mati total terjadi karena kesalahan sistem. Misal ketika kamu secara tidak sengaja memasang aplikasi tertentu sehingga menyebabkan kerusakan.

Proses flash ini akan membuat HP memiliki sistem operasi yang kembali baru. Sayangnya jika menggunakan cara Ini, kemungkinan besar seluruh data yang ada di dalam HP akan hilang.

4. Dibawa ke tukang servis

Cara mengatasi HP mati total tidak bisa dicas yang terakhir adalah dengan dibawa secara langsung ke tukang service. Ini hanya bisa dilakukan apabila beberapa cara yang sudah dibahas di atas tidak bisa menyelesaikan masalah sama sekali.

Artinya harus langsung dibawa ke tukang service untuk dilakukan pengecekan. Nantinya pada tukang servis akan diperbaiki beberapa bagian yang tidak sesuai atau dilakukan proses penggantian pada baterai.

Selanjutnya barulah ponsel bisa dinyalakan lagi lalu digunakan seperti biasa. Apabila tidak segera dilakukan, kemungkinan besar HP tidak akan bisa digunakan lagi.

Penyebab HP Mati Total

Kamu sebaiknya mengetahui apa saja penyebab HP mati total sehingga tidak bisa digunakan lagi. Informasinya bisa disimak di bawah ini.

1. HP mengalami overheating

Salah satu penyebab utama kenapa HP bisa mengalami mati total adalah overheating. Apa yang digunakan secara terus-menerus akan terasa sangat panas dan ini bisa melakukan kerusakan pada hardware.

Itulah kenapa biasanya penggunaan HP harus dilakukan dengan tepat dan diistirahatkan. Apabila sudah merasa HP tidak bisa digunakan dengan baik atau terasa panas, lebih baik untuk dimatikan terlebih dahulu.

Apabila terus dipaksakan, kemungkinan besar akan mengalami overheating hingga berapa kali. Kondisi ini bisa memicu masalah yang cukup serius bahkan bisa menyebabkan HP jadi mati total.

Baca Juga:  7 Cara Mengatasi Layar HP Yang Tidak Bisa Ditekan

2. Usia HP tua

Perhatikan usia dari HP yang sedang digunakan saat ini. Apabila usia dari HP yang digunakan saat ini bermasalah atau sudah terlalu tua, kemungkinan besar juga bisa mengalami mati total.

Biasanya hardware dari HP yang sudah digunakan selama bertahun-tahun juga memiliki batas. Artinya, akan sangat sulit untuk digunakan lagi sehingga sistem akan mati dengan sendirinya dan tidak bisa dinyalakan kembali.

Kondisi ini sering terjadi untuk mereka yang memanfaatkan HP dengan usia di atas 5 tahun. Apabila memiliki HP dengan kondisi seperti ini, memang disarankan untuk membeli versi yang paling baru saja.

3. Baterai HP rusak

HP mengalami mati total bisa disebabkan oleh beberapa hal dan tidak selalu karena kerusakan secara menyeluruh pada gadget. Terkadang, masalah hanya terjadi pada baterai juga bisa menyebabkan gadget mengalami mati total.

Biasanya gadget yang mengalami mati total ini terjadi karena baterainya tidak bisa diisi sama sekali. Artinya, meskipun diisi dengan menggunakan charger jenis apa pun tidak akan langsung memasukkan daya dengan sempurna.

Itulah kenapa disarankan untuk selalu melakukan pengecekan pada baterai HP. Pengecekan ini dilakukan untuk bisa memaksimalkan penggunaannya agar tetap berfungsi dengan baik serta menghindari ponsel tidak bisa digunakan lagi.

4. IC power rusak

IC power apabila mengalami kerusakan juga bisa membuat daya yang dimiliki oleh baterai tidak bisa dimanfaatkan dengan baik. Jadi, tenaga yang nantinya dimasukkan ke dalam sistem tidak bisa berjalan.

Kondisi seperti ini akan cukup mengganggu apabila berulang. Itulah kenapa, biasanya kerusakan ini akan bisa diatasi apabila sudah melakukan servis secara langsung.

Biasanya proses penggantian ini tidak akan memakan waktu lama serta biayanya juga rendah. Jadi, tidak ada salahnya untuk langsung melakukan servis.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

5. Jatuh atau Terkena Air

Terkadang ponsel yang mengalami jatuh juga bisa menyebabkan mati total. Saat terjatuh bagian dalam dari ponsel akan terbentur dan akhirnya seluruh fungsi yang dimilikinya mengalami penurunan.

Kondisi seperti ini harus benar-benar diperhatikan untuk menghindari terjadinya masalah. Jadi pastikan HP yang dimiliki tidak terjatuh beberapa kali apalagi dari ketinggian yang cukup lumayan.

Selain permasalahan jatuh, ternyata mati total juga bisa disebabkan oleh air. Apabila ponsel tercebur ke dalam kolam atau sejenisnya, air bisa masuk di dalamnya dan memicu terjadinya korsleting. Ini menyebabkan HP benar-benar mati total.

6. Pakai charger yang salah

Penyebab terakhir yang memicu terjadinya masalah pada HP sehingga mengalami mati total adalah menggunakan charger yang salah. Ini bisa terjadi karena adanya ketidakcocokan sumber yang nantinya akan dipakai.

Apabila menggunakan tegangan yang terlalu tinggi kemungkinan besar akan menyebabkan kerusakan pada HP. Ini bisa memicu masalah seperti mati total atau terjadinya kerusakan pada baterai seiring dengan berjalannya waktu.

Jadi, daripada terjadi kerusakan lebih baik untuk dicegah. Pastikan untuk hanya menggunakan charger yang memang dibutuhkan oleh HP.

Cara mengatasi HP mati total tidak bisa dicas ada beberapa metode. Yang paling mudah adalah dengan melakukan pengecekan pada kabel charger atau pada adaptor. Selain itu, juga bisa dilakukan proses pengecekan secara langsung pada hardware.

Selama mengetahui apa saja penyebab HP tidak bisa melakukan pengisian, proses perbaikan bisa berjalan dengan baik. Namun, apabila kamu tidak memiliki ide untuk melakukan apa, coba langsung dibawa ke tukang service.

Baca Juga:

error: