3 Cara Mengatasi Tempered Glass Gelembung 2024

Abockbusup.com – Bagaimana cara mengatasi tempered glass gelembung memang harus diketahui bagi yang mengalaminya. Memasang tempered glass dapat menjadi tugas yang cukup menantang. Salah pemasangan dapat menghasilkan gelembung yang mengganggu di permukaannya.

Keberadaan gelembung ini merusak estetika perangkat kamu dan mengganggu penggunaan sehari-hari. Oleh karena itu, penting untuk menghilangkan gelembung di tempered glass kamu. Jangan khawatir jika kamu bingung tentang cara melakukannya, karena akan dijelaskan.

Penyebab Gelembung di Tempered Glass

Sebelum membahas cara mengatasi tempered glass ada gelembung, penting juga dalam memahami apa saja hal yang bisa menyebabkannya. Berikut ini beberapa faktor yang bisa memicu timbulnya gelembung di Tempered Glass:

  • Dekat dengan debu saat pemasangan. Saat memasang tempered glass, keberadaan debu di sekitarnya dapat menjadi penyebab gelembung. Debu yang terperangkap di bawahnya akan menciptakan gelembung saat ditekan.
  • Udara terperangkap. Udara yang terjebak di bawah tempered glass selama pemasangan adalah penyebab umum gelembung. Ketika udara tidak dihilangkan sepenuhnya, gelembung akan muncul.
  • Kegagalan saat proses memasang. Jika tidak ada usaha yang cukup untuk memasang tempered glass secara merata, itu bisa mengakibatkan gelembung. Kurangnya tekanan dan perataan menyebabkan masalah ini.
  • Penempatan yang tidak tepat. Memasang tempered glass dengan tidak benar pada sudut yang salah atau dengan ketidaksempurnaan dalam penempatan bisa menciptakan gelembung.
  • Kualitas produk yang buruk. Terkadang, kualitas tempered glass yang buruk dengan lapisan perekat yang tidak baik dapat menyebabkan gelembung meskipun pemasangan dilakukan dengan benar. Pilihlah produk yang berkualitas untuk menghindari ini.

3 Cara Mengatasi Tempered Glass Gelembung

Menyingkirkan gelembung di tempered glass sebenarnya merupakan tugas yang memerlukan kesabaran. Terutama jika gelembungnya disebabkan oleh debu yang terperangkap di bawahnya. Namun, jika kamu ingin mencoba mengatasi masalah ini, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan, seperti berikut:

Baca Juga:  7 Cara Mengatasi HP Disadap Melalui IMEI 2024

1. Memasang Ulang Tempered Glass

Cara mengatasi tempered glass gelembung pertama yang dapat kamu coba adalah memasang ulang tempered glass tersebut. Namun, sebelum melakukannya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya proses pemasangannya bersih.

Pertama-tama, periksa apakah kotoran yang terlihat di layar saat ini benar-benar menempel pada tempered glass atau hanya ada di permukaan layar. Hal ini penting karena jika kotoran tersebut tidak menempel pada tempered glass, kamu bisa membersihkannya tanpa perlu melepas tempered glass.

Jika kotoran terbukti menempel pada tempered glass, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Lepaskan tempered glass dengan hati-hati, pastikan kamu tidak merusaknya.
  • Bersihkan layar HP dengan tisu atau kain microfiber yang disediakan. Jangan sampai ada sidik jari atau debu.
  • Setelah membersihkan layar, pasang kembali tempered glass secara perlahan dan pastikan posisinya sesuai dengan layar.
  • Gunakan alat penyeka yang biasanya disertakan dalam paket tempered glass untuk membantu menghilangkan gelembung udara di bawahnya.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu dapat mencoba mengatasi gelembung pada tempered glass dengan cara memasang ulangnya dengan benar. Pastikan untuk melakukannya dengan hati-hati agar hasilnya rapi dan bebas gelembung.

2. Menggunakan Tisu Basah

Untuk mengatasi gelembung pada tempered glass, kamu juga dapat mencoba menggunakan tisu basah. Jenis tisu ini bisa dibilang cukup mudah ditemukan, misalnya untuk pemakaian bayi. Berikut adalah cara mengatasi tempered glass gelembung:

  • Siapkan tisu basah yang bersih dan lembut.
  • Pastikan gelembung yang ingin kamu atasi benar-benar disebabkan oleh udara terperangkap atau kotoran di bawah tempered glass.
  • Gosok tisu basah dengan lembut pada area gelembung, arahkan ke sudut layar. Ini membantu menghilangkan udara terperangkap atau kotoran.
  • Jika masih ada banyak gelembung setelah percobaan pertama, ulangi langkah ini hingga semua gelembung hilang.
Baca Juga:  5 Cara Mengatasi Nomor HP di Hack Terbaru 2024

Ingatlah untuk melakukan langkah-langkah ini dengan hati-hati. Terlalu banyak gesekan atau tekanan berlebihan dapat merusak tempered glass atau membuat gelembung semakin sulit dihilangkan. Dengan kesabaran dan kehati-hatian, kamu dapat mengembalikan tempered glass kamu dalam kondisi yang baik.

3. Mengganti dengan yang Baru

Jika kamu menemukan bahwa kotoran pada tempered glass sangat banyak dan sulit dibersihkan, pertimbangkan untuk menggantinya dengan yang baru. Terlalu banyak kotoran yang menempel pada tempered glass dapat membuat membersihkannya menjadi tugas yang sulit.

Cara menghilangkan gelembung screen dengan mengulang pemasangan tempered yang sudah terlalu kotor juga bisa memperbanyak gelembung, membuatnya lebih rumit. Oleh karena itu, jika kondisi sudah terlalu buruk, solusi terbaik adalah mengganti tempered glass dengan yang baru dan bersih.

Pastikan untuk membersihkan layar dengan teliti sebelum pemasangan tempered glass yang baru untuk memastikan hasil yang terbaik dan bebas dari gelembung. Dengan demikian, kamu dapat menjaga tampilan HP kamu tetap terlihat sempurna.

Tips dalam Memilih Tempered Glass yang Bagus

Kamu sudah mengetahui bagaimana cara mengatasi tempered glass gelembung. Mungkin, gelembung tersebut tidak bisa diperbaiki dan mengharuskan kamu untuk membeli yang baru. Gelembung udara memang bisa juga disebabkan karena kualitas dari tempered glass itu sendiri yang tidak bagus.

Oleh karena itu, ada beberapa tips dalam memilih jika ingin membeli yang baru:

1. Kompatibilitas dengan HP

Pastikan tempered glass yang kamu beli cocok dengan model handphone kamu. Ukuran, bentuk, dan pemotongan harus sesuai dengan layar handphone agar melindungi layarnya tanpa mengganggu fungsi sentuh. Ini penting untuk perlindungan yang efektif dan kinerja yang baik.

2. Kualitas dan Ketebalan

Kamu harus memperhatikan kualitas dan ketebalan tempered glass dengan seksama. Pilih yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan memiliki ketebalan yang memadai. Tempered glass berkualitas akan melindungi layar handphone dari benturan dan goresan dengan baik.

3. Tingkat Ketahanan

Selalu periksa tingkat kekerasan dan ketahanan goresan pada tempered glass yang kamu pilih. Pilihlah yang memiliki tingkat kekerasan 9H karena dapat melindungi layar handphone dari goresan sehari-hari seperti kunci atau koin yang tidak sengaja tergesek dengan layar.

Baca Juga:  9 Cara Mengatasi HP Tidak Ada Sinyal 100% Berhasil

Ini adalah pilihan yang baik untuk menjaga layar handphone tetap utuh.

4. Mudah Dipasang

Sebaiknya pilih tempered glass yang memiliki proses pemasangan yang sederhana pada layar handphone. Terdapat beberapa tempered glass yang dilengkapi dengan lapisan perekat yang kuat dan mudah diaplikasikan tanpa menimbulkan gelembung udara atau meninggalkan residu perekat.

5. Lapisan Anti Sidik Jari dan Gores

Untuk pengalaman penggunaan handphone yang lebih baik, pilih tempered glass dengan lapisan anti sidik jari yang mengurangi bekas sidik jari dan noda. Juga, pilih yang memiliki lapisan anti gores untuk melindungi layar dari goresan sehari-hari.

6. Kualitas Tampilan dan Transparansi

Pilih tempered glass dengan tingkat transparansi tinggi agar tampilan layar handphone tetap jernih dan cerah. Selain itu, jangan sampai memilih yang terlalu gelap supaya nyaman digunakan. Ini akan memungkinkan kamu menikmati pengalaman visual yang optimal tanpa gangguan.

Dengan mengikuti langkah di atas, kamu dapat dengan mudah mengatasi masalah gelembung pada tempered glass. Sehingga, mengembalikan tampilan layar handphone kamu menjadi cantik seperti semula.

Pilih tempered glass berkualitas baik jika cara mengatasi tempered glass gelembung dilakukan dengan menggantinya. Dengan kesabaran dan perhatian terhadap detail, kamu dapat memastikan bahwa layar handphone akan terlihat hebat dan bebas gelembung.

Baca Juga: