4 Cara Menggunakan Terabox di Android 100% Berhasil


Abockbusup.com – Alih-alih menggunakan hard disk atau flash disk, sekarang penyimpanan online lebih kerap digunakan. Beberapa aplikasi penyimpanan online yang kerap digunakan adalah Terabox, Google Drive, hingga Dropbox. Kali ini akan dibahas seputar cara menggunakan Terabox di Android dengan lengkap.

Terabox sendiri termasuk dalam aplikasi penyimpanan cloud yang cukup populer karena keunggulan berbagai fitur di dalamnya. Mulai dari kapasitas penyimpanan yang sangat besar hingga fitur backup data yang sangat mudah.

Namun, beberapa pengguna masih ragu untuk menggunakan Terabox karena belum memahami cara kerja serta cara menggunakannya dengan benar. Untuk itu, berikut ini akan dijelaskan seputar cara menggunakan Terabox serta berbagai kegunaan fitur yang ada di dalamnya.

Cara Menggunakan Terabox di Android agar Penyimpanan Tidak Penuh

Berbeda dengan sistem operasi yang dimiliki oleh beberapa jenis smartphone, Android belum dibekali dengan aplikasi penyimpanan awan. Pengguna harus menginstal aplikasi dari Play Store untuk bisa menikmati fitur penyimpanan awan.

Terabox menjadi salah satu aplikasi penyimpanan cloud yang banyak digemari karena menyediakan hingga 1TB penyimpanan. Tentu ini angka yang cukup terpaut jauh jika dibandingkan dengan penyimpanan gratis dari Google Drive yang hanya 15 GB saja.

Karena itulah Terabox merupakan aplikasi yang direkomendasikan apabila kamu membutuhkan penyimpanan cloud yang ekstra besar. Sementara itu, ikuti langkah-langkah yang akan dijabarkan pada poin-poin di bawah ini:

1. Cara Instalasi Terabox di Android

Langkah pertama yang perlu dilakukan oleh para pengguna tentu adalah dengan menginstal aplikasi ini. Setelah terpasang di ponsel, barulah nantinya pengguna bisa memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan dalam Terabox.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi HP yang Tidak Bisa di Cas 2024

Caranya cukup mudah, yaitu sama dengan saat kamu menginstal berbagai aplikasi dalam Play Store. Buka Play Store dan carilah ‘Terabox’ pada kolom pencarian aplikasi. Setelahnya ketuk aplikasi tersebut dan lanjutkan dengan memilih ikon ‘Instal’ untuk mengunduh aplikasi.

Setelah proses penginstalan selesai, maka aplikasi akan secara otomatis terpasang di ponsel dan bisa mulai digunakan.

2. Cara Mendaftar Akun di Terabox

Untuk bisa menggunakan layanan Terabox, pengguna perlu mendaftarkan akun terlebih dahulu dalam aplikasi ini. Cara mendaftarkan akun di Terabox bisa disimak pada langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Terabox yang sudah diinstal dari Play Store.
  • Klik opsi “Sign Up’ untuk mulai mendaftarkan diri.
  • Terabox akan menampilkan dua pilihan yang bisa dipilih pengguna, yaitu menggunakan email atau nomor HP. Pilihlah akun yang efektif karena nantinya aplikasi akan mengirimkan kode verifikasi pada email atau nomor HP yang dicantumkan.
  • Lakukan verifikasi akun dengan cara memasukkan kode yang dikirim Terabox pada email atau nomor HP.

Mendaftarkan akun dengan langkah-langkah seperti di atas akan membuat kegiatan sinkronisasi serta pencadangan file akan lebih mudah untuk kedepannya. Untuk itu, langkah satu ini sangat disarankan agar tidak dilewatkan.

3. Cara Mengunggah File di Terabox

Mengunggah file termasuk dalam salah satu aspek cara menggunakan terabox di Android yang penting. Karena pada dasarnya aplikasi ini digunakan untuk menyimpan berbagai berkas file pengguna. Untuk itulah pengguna juga harus memahami cara mengunggah file di Terabox.

Untuk upload berkas pada Terabox, ikuti panduan di bawah ini dengan seksama:

  • Buka aplikasi Terabox dan pastikan akun yang login di Terabox sudah sesuai dengan akun yang ingin digunakan untuk menyimpan file.
  • Ketuk opsi ‘Unggah Berkas (Upload File) yang ada di halaman utama aplikasi.
  • Selanjutnya ketuk opsi ‘Pilih File’ dan aplikasi akan beralih menampilkan File Manager yang ada di ponsel.
  • Pilih folder berisikan berkas-berkas file yang akan di upload pada Terabox.
  • Ketuk file-file yang akan disimpan di Terabox.
  • Setelah selesai memilih semua file yang akan diupload, tekan opsi ‘Unggah (Upload)’ dan tunggu hingga proses pengunggahan selesai.
  • Data akan tersimpan dalam akun Terabox saat proses telah selesai.
  • Pastikan jaringan data seluler atau Wi-Fi yang tersambung ke ponsel lancar saat proses pengunggahan data agar tidak memakan waktu yang lama.
Baca Juga:  9 Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara 100% Ampuh

4. Cara Menyalakan Fitur Pencadangan (Backup)

Selain bisa digunakan untuk menyimpan berbagai berkas penting mulai dari data, foto, hingga video, Terabox juga memiliki fitur pencadangan data. Adanya fitur ini akan membuat pengguna tidak perlu khawatir akan kehilangan file-file yang dimilikinya sekalipun perangkat tiba-tiba mati atau rusak.

Asalkan akun yang dimiliki masih aktif, maka data yang ter-backup akan tersimpan dengan aman. Itulah mengapa saat mempelajari cara menggunakan Terabox di Android pengguna juga harus mengetahui cara memanfaatkan fitur-fitur di dalamnya.

Dalam pencadangan data sendiri, Terabox terkenal dengan fitur backup otomatis yang bisa mencadangkan file foto di dalamnya. Apabila fitur ini dinyalakan, maka pengguna tidak perlu melakukan pencadangan secara manual dan berkala untuk memastikan beberapa file foto tersimpan dengan aman.

Untuk menyalakan fitur backup otomatis foto, berikut caranya:

  • Langkah pertama, pastikan email akun Terabox sama dengan email yang tersinkronisasi dengan ponsel.
  • Selanjutnya sinkronkan aplikasi Terabox dengan memori penyimpanan ponsel melalui setelan perangkat ponsel.
  • Jika langkah satu dan dua sudah dipastikan, maka barulah buka aplikasi Terabox.
  • Akses menu ‘Pengaturan (Settings)’ yang bisa ditemukan pada halaman beranda Terabox.
  • Pilih opsi ‘Pencadangan (Back Up)’.
  • Lanjutkan dengan memilih opsi ‘Aktifkan Pencadangan Otomatis’.
  • Pilih folder yang ingin dicadangkan secara otomatis dan berkala di Terabox.
  • Tunggu hingga proses pencadangan selesai.
  • Nantinya file-file yang akan dimasukkan dalam folder tersebut akan dicadangkan secara otomatis di aplikasi Terabox.

Dengan cara menggunakan aplikasi Terabox seperti di atas, maka file-file penting pengguna akan tetap aman sekalipun tidak sengaja terhapus di ponsel.

Fitur-Fitur Kelebihan Terabox

Hadir sebagai salah satu aplikasi penyimpanan cloud yang banyak digemari, tentu Terabox dilengkapi dengan berbagai fitur kelebihan. Hadirnya fitur-fitur ini yang membuat tingkat kepuasan pengguna selalu terpenuhi dengan baik.

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi HP Bunyi Sendiri 100% Berhasil

Penasaran dengan apa saja fitur yang bisa dinikmati dari Terabox? Inilah beberapa di antaranya:

1. Ruang Penyimpanan Gratis

Setelah mengetahui cara menggunakan Terabox di Android, mungkin sebagian pengguna akan penasaran apakah fitur penyimpanan di Terabox berbayar?  Menguntungkannya fitur penyimpanan hingga 1TB atau jika di detailkan mencapai hingga 1024 GB di Terabox bisa digunakan secara gratis.

Dengan kapasitas sebesar itu, tentu Terabox bisa memuat ribuan file meliputi data-data, foto, serta video.

2. Preview File Folder

Terabox juga dilengkapi dengan fitur preview yang akan memudahkan pengguna untuk melihat file saat akan mengelolanya tanpa harus mengunduhnya dulu. Aplikasi akan memuat pratinjau foto dan video sehingga pengguna bisa mengetahui isi file tersebut.

3. Privasi dan Keamanan yang Memadai

Meski disediakan oleh pihak developer lain, pengguna tidak perlu mengkhawatirkan keamanan data serta privasi saat menggunakan aplikasi ini. Terabox sendiri juga telah terdaftar secara resmi di Play Store sehingga tentunya aman untuk digunakan.

Cara menggunakan Terabox di Android ini bisa dipraktikkan bagi kamu yang ingin memanfaatkannya. Jangan lupa untuk menjaga alamat email atau nomor HP tetap aktif agar akun Terabox bisa digunakan kapan saja di masa mendatang.

Baca Juga:

error: