5 Cara Keluar dari Recovery Mode Oppo 100% Mudah

Abockbusup.com – Dalam beberapa situasi dan sebab tertentu, beberapa pengguna harus panik karena HP Oppo yang tiba-tiba masuk Recovery Mode. Biasanya ponsel akan macet atau lag sehingga menambah intensitas kepanikan pengguna. Untuk itulah berikut ini akan dijelaskan cara keluar dari Recovery Mode Oppo.

Recovery Mode Oppo atau yang kerap juga disebut sebagai ColorOS Recovery merupakan fitur yang berfungsi untuk menangani kerusakan di perangkat. Fitur ini bisa digunakan untuk mengembalikan sistem ponsel ke pengaturan awal.

ColorOS Recovery juga dihadirkan untuk menangani kerusakan mendadak yang menyerang ponsel seperti bootloop. Namun, sayangnya saat ponsel mendadak masuk dalam mode Recovery, maka biasanya beberapa fungsi ponsel mengalami kemacetan. Untuk menanganinya, simak ulasan di bawah ini!

Cara Keluar dari Recovery Mode Oppo

Karena beberapa sebab tertentu, terdapat kondisi di mana HP Oppo tiba-tiba memasuki mode Recovery. Biasanya hal ini disebabkan apabila ponsel mengalami reboot secara terus menerus atau bootloop. Jika dibiarkan, kondisi tersebut akan membuat perangkat ponsel rusak.

Itulah mengapa ponsel secara otomatis masuk dalam ColorOS Recovery, karena ini merupakan salah satu cara yang diusahakan oleh perangkat agar terhindar dari kerusakan. Masalahnya, terkadang Recovery Mode akan membuat berbagai data di dalam perangkat terhapus permanen.

Selain itu, mode Recovery pada beberapa situasi juga membuat kemampuan fisik perangkat menurun. Akibatnya perangkat jadi lag dan bahkan tombol fisik pun sulit untuk dioperasikan. Karena hal tersebut, cara keluar dari Recovery Mode Oppo pun banyak dicari.

Sebelum melakukan beberapa metode yang akan diberikan di bawah, pastikan ponsel terhubung ke pengisi daya. Pasalnya, nanti HP Oppo akan melewati proses reboot untuk bisa keluar dari ColorOS dan itu membutuhkan waktu yang cukup lama.

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi HP Oppo A3S Mati Total Terbaru 2024

Jika sudah memastikan baterai HP Oppo telah memadai, barulah lanjutkan dengan mencoba beberapa cara keluar dari Recovery Mode HP Oppo berikut:

1. Melalui Hard Reset

Cara paling cepat untuk mengatasi HP Oppo yang terus berada di Recovery Mode adalah dengan menggunakan proses hard reset. Pasalnya, fungsi dari hard reset sendiri adalah untuk mereset ulang semua yang ada di dalam ponsel.

Karena itulah berbagai masalah terkait peranti lunak hingga penyebab lain yang menjadikan sistem bootloop juga akan terselesaikan secara otomatis. Namun, sayangnya berbagai data yang ada di dalam juga akan terhapus.

Lebih singkatnya, hard reset akan membuat HP Oppo kembali seperti dalam keadaan pengaturan pabrik. Setelah proses selesai maka semua data yang tersimpan termasuk berkas-berkas file, data aplikasi, dan beberapa software baru akan terhapus bersih.

Jika sudah memahami konsekuensi dalam menggunakan metode satu ini, inilah cara yang bisa dilakukan untuk keluar dari ColorOS Recovery Oppo menggunakan hard reset:

  • Apabila halaman ponsel sudah berada dalam mode Recovery, maka langsung saja pilih opsi ‘Wipe Data’ dengan cara menggerakkan tombol volume atas atau bawah.
  • Untuk memasuki opsi ‘Wipe Data’, tekan tombol fisik power yang ada pada HP Oppo.
  • Layar perangkat akan menampilkan sandi HP berupa pola atau password yang kamu gunakan, masukkan sandi tersebut untuk melanjutkan proses.
  • Lanjutkan dengan memilih opsi ‘Wipe Data & Cache’ dan ketuk menu pilihan ‘Yes’.
  • Ponsel akan melakukan proses reset.
  • Setelah proses reset selesai, arahkan navigasi ke opsi Reboot’ dan perangkat akan mati dan menyala lagi secara otomatis.
  • Selanjutnya perangkat akan memberikan beberapa instruksi termasuk mengatur setelan dasar dan sebagainya, ikuti instruksi hingga akhir.

2. Menggunakan Tombol Power + Volume

Cara ini bisa menjadi salah satu metode yang dapat dicoba apabila pengguna tidak bisa merelakan keberadaan data penting dalam ponsel. Sebagaimana yang telah dijelaskan, jika menggunakan metode poin pertama maka seluruh data akan terhapus permanen.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi Tombol Power Tidak Berfungsi Pada HP

Di beberapa kondisi cara keluar dari Recovery Mode Oppo satu ini memang terbukti berhasil tanpa membuat ponsel harus kembali ke setelan pabrik. Cara ini sendiri sebenarnya digunakan untuk me-restart atau reboot HP Oppo.

Karena itulah di beberapa kondisi metode satu ini tidak berhasil dilakukan. Ponsel akan restart namun kembali menyala dengan keadaan masih berada di Recovery Mode. Namun, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba metode satu ini agar data-data di dalam ponsel tidak terhapus.

Untuk keluar dari Recovery Mode Oppo menggunakan metode ini, cukup tekan tombol power dan tombol volume secara bersamaan selama beberapa detik. Jangan lepaskan kedua tombol tersebut hingga layar HP Oppo mati. Nantinya, ponsel akan kembali menyala setelah proses reboot selesai.

3. Melepaskan Baterai Ponsel

Cara satu ini bisa diterapkan apabila kamu menggunakan HP Oppo keluaran lama. Jika ponsel belum menggunakan baterai tanam, maka coba copot baterai tersebut untuk mengeluarkan perangkat dari mode Recovery.

Namun apabila baterai yang digunakan oleh perangkat berupa baterai tanam, maka jangan gegabah untuk mencoba mengeluarkannya sendirian. Cobalah untuk meminta bantuan orang yang sudah profesional seperti ahli service dan sebagainya.

4. Flash Firmware Oppo

Cara keluar dari Recovery Mode Oppo dengan flash firmware akan membuat semua data serta file terhapus permanen. Walaupun beresiko kehilangan berbagai data di dalam ponsel, cara ini sebenarnya sangat efektif untuk mengatasi HP Oppo yang stuck di mode Recovery terus.

Pasalnya, metode ini berfungsi untuk mengatur ulang semua sistem yang ada di perangkat termasuk menghapus kesalahan sistem, cache, hingga bug. Dengan begitu, HP Oppo akan langsung terbebas dari adanya kerusakan yang berasal dari software.

5. Bawa ke Orang yang Ahli di Bidangnya

Apabila beberapa metode di atas telah dicoba dan ternyata belum berhasil membuat ponsel keluar dari mode Recovery, maka sudah saatnya untuk membawa HP ke orang yang lebih ahli. Bawa Oppo ke tempat service terdekat agar bisa ditangani dengan lebih tepat dan benar.

Baca Juga:  7 Cara Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri Baterai Tanam

Pasalnya, jika cara-cara di atas tidak berhasil mengatasi masalah ini, maka bisa jadi penyebab utamanya terletak pada komponen hardware. Nantinya orang yang sudah profesional akan mencoba memperbaiki komponen yang sekiranya butuh diperbaiki.

Penyebab ColorOS Recovery pada HP Oppo

Setelah menilik pembahasan di atas, bisa diketahui bahwa sebenarnya Recovery Mode sama dengan mode pemulihan. Lantas apa saja faktor yang menyebabkan HP Oppo memasuki mode pemulihan secara tiba-tiba?

Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, inilah beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab masuknya HP Oppo ke mode Recovery:

  • Adanya peningkatan atau pembaruan sistem operasi Android yang terjadi di HP Oppo.
  • HP Oppo sedang dalam proses menginstal ROM atau custom
  • Adanya proses mengubah kata sandi karena terlupa sehingga perangkat masuk dalam Recovery Mode.
  • Adanya bug, bootloop, atau kemacetan pada Sistem Android Oppo.
  • Terdapat hardware yang bermasalah sehingga perangkat tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Setelah membaca ulasan cara keluar dari Recovery Mode Oppo di atas apakah kamu menemukan cara yang paling ampuh? Jika setelah mencoba semua metode ternyata masalah tidak terselesaikan cobalah untuk membawa ponsel ke tempat service terdekat agar segera mendapatkan penanganan.

Baca Juga: