9 Cara Mengatasi Tombol Back Home dan Recent Tidak Berfungsi


Abockbusup.com – Tombol navigasi pada ponsel memang merupakan tombol penting dalam operasional kesehariannya. Jika tombol ini tidak berfungsi, sulit menggunakan ponsel dengan benar. Cara mengatasi tombol back home dan recent tidak berfungsi berikut ini bisa menjadi solusi agar navigasi kembali berfungsi baik.

Kehadiran layar sentuh memang membuat tombol operasional bisa dikurangi. Tombol navigasi yang ditampilkan di layar utama hanya yang perlu saja. Seperti tombol Back Home dan Recent. Kedua tombol ini memang sangat penting dan boleh disebut tombol yang digunakan terus menerus.

Jadi jika terjadi kerusakan sehingga kedua tombol ini tidak berfungsi, jelas akan membuat operasional ponsel jadi terganggu. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Sekilas tentang Tombol Navigasi

Pada zaman ponsel pintar atau “smartphone” seperti sekarang, tombol navigasi dibuat sebagai tombol sentuh di layar ponsel. Umumnya tombol navigasi terdiri dari tiga ikon yaitu:

  • Ikon bentuk “Kotak” yang biasa disebut tombol “Recent” yang memperlihatkan beberapa aplikasi yang selama ini kerap dibuka oleh pengguna
  • Ikon bentuk “Segitiga mengarah ke kiri” yang disebut tombol “Back Home” yang bisa mengembalikan layar ke layar utama ponsel. Namun setahap demi setahap.
  • Ikon bentuk “Lingkaran” yang seperti tombol “Back Home” namun bergerak langsung ke layar utama. Tidak per tahapan seperti di atas.

Jadi jika sedang membuka aplikasi dan ingin kembali per halaman yang sebelumnya dibuka, gunakan ikon segitiga. Namun jika ingin langsung ke layar utama, maka gunakan tombol dengan ikon lingkaran. Ketiga tombol ini disebut tombol navigasi yang biasanya terletak di bagian bawah layar ponsel.

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi HP Vivo Yang Tidak Bisa Disentuh

Namun, tombol navigasi ini terkadang bisa bermasalah atau tidak berfungsi. Misalnya tidak bisa disentuh atau tidak bereaksi saat disentuh. Jadi perlu menerapkan cara mengatasi tombol back home dan recent tidak berfungsi agar bisa memperbaikinya.

Beberapa Penyebab Tombol Navigasi Malfungsi

Ada beberapa hal yang menyebabkan ketiga tombol navigasi tersebut tidak berfungsi (malfungsi). Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Ponsel pernah terjatuh atau terbentur keras sehingga merusak sistem
  • Terjadi overload atau terlalu banyak aplikasi yang dibuka sehingga prosesnya lambat
  • Adanya kerusakan layar sentuh (touchscreen)
  • Gangguan pada sistem operasi

Dengan penyebab yang beragam, solusi yang diberikan juga bervariasi. Oleh karena itu, dalam cara mengatasi tombol back home dan recent tidak berfungsi berikut perlu dicoba satu persatu agar lebih mudah dideteksi masalah penyebab malfungsi tersebut.

Cara Mengatasi Tombol Back Home dan Recent Tidak Berfungsi

Seperti yang disebutkan di atas, ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kondisi tombol navigasi yang tidak berfungsi.

Pengguna bisa melakukannya satu persatu untuk melihat cara mana yang bisa memperbaiki masalahnya karena setiap pengguna mungkin berbeda penyebab kerusakannya.

1. Melakukan “Restart” Perangkat

Cara ini biasanya bisa menyelesaikan masalah yang diakibatkan oleh ‘overload ‘atau perangkat yang membuka terlalu banyak aplikasi. Performa perangkat jadi lambat jadi sepertinya tombol navigasi jadi tidak berfungsi. Lakukan “Restart” perangkat biasanya bisa menyelesaikannya.

2. Pembaruan Sistem Android

Alternatif langkah berikutnya adalah melakukan pembaruan atau “update” sistem Android di perangkat. Pembaruan penting dilakukan karena sistem Android versi terbaru tentunya sudah lebih mampu mengatasi “bugs” atau masalah lainnya.

3. Masuk ke Mode Aman

“Safe Mode” juga disebut sebagai salah satu cara mengatasi tombol back home dan recent tidak berfungsi yang bisa dicoba. Cara ini akan memeriksa apakah ada aplikasi yang bermasalah sehingga hal tersebut terjadi. Begini cara melakukannya:

  • Tekan sejenak tombol “On/Off” (tombol Power) di perangkat kemudian pilih opsi “Reboot to Safe Mode
  • Biarkan prosesnya berjalan hingga selesai.
Baca Juga:  5 Cara Mengatasi Tombol Volume Rusak di HP (Semua Merk)

Jika dengan mode aman ini bisa mengembalikan fungsi tombol navigasi, berarti ada aplikasi yang menjadi penyebab masalah dan memiliki “bugs”. Jika sebelumnya tidak ada masalah serupa, berarti mungkin aplikasi terakhir yang diunduh (download) itu yang jadi pemicunya.

4. Menghapus Aplikasi yang Baru Dipasang

Seperti yang disebutkan di atas, aplikasi yang baru dipasang (install) mungkin bisa menjadi penyebab masalah tombol navigasi yang tidak berfungsi. Jadi segera buang (uninstall) aplikasi tersebut dari perangkat sehingga bisa mengaktifkan kembali tombol navigasinya.

5. Menggunakan Aplikasi “Assistive Touch for Android”

Aplikasi ini sebenarnya mirip dengan fitur bernama sama yang sudah ada pada perangkat dengan sistem operasi iOS. Aplikasi ini membantu pengguna untuk melakukan berbagai navigasi dengan menggunakan tombol virtual yang terlihat di layar.

Aplikasi ini bisa diunduh dari Google Play Store dan dipasang di perangkat. Dengan begitu, bisa memiliki tombol navigasi seperti biasa walaupun tombol aslinya tidak berfungsi.

6. Menggunakan Aplikasi “Handy Soft Keys”

Aplikasi ini juga serupa dengan “Assistive Touch” dan juga sama-sama bisa diunduh dari Google Play Store. Dalam fungsinya, memang bisa menggantikan fungsi tombol navigasi asli yang tidak berfungsi misalnya karena layar retak tepat di area tombol navigasi tersebut.

7. “Unroot” dan Kembali ke “Stock ROM”

Jika perangkat pernah dilakukan “Root” dengan maksud untuk peningkatan kinerja perangkat, maka segera lakukan proses “Unroot” agar kembali ke “Stock ROM”. Karena mungkin saja custom ROM yang diterapkan ternyata tidak kompatibel dengan sistem para perangkat.

8. Lakukan “Factory Reset”

Langkah ini memang agak riskan karena itu hal ini merupakan cara mengatasi tombol back home dan recent tidak berfungsi yang terakhir. Menggunakan cara ini akan meminta pengguna untuk melakukan “backup” atau pencadangan atas semua data yang ada dalam perangkat agar tidak hilang.

Karena melakukan “Factory Reset” berarti akan mengembalikan isi perangkat ke pengaturan dari pabrik. Dengan kata lain, kondisi ponsel akan seperti saat pertama kali dibeli. Tidak ada aplikasi atau data yang saat ini dimiliki dan berada dalam perangkat.

Baca Juga:  6 Cara Mengatasi Ghost Touch Samsung 100% Berhasil

Jadi lakukan dulu pencadangan untuk semua data, foto, informasi dan aneka hal penting lainnya di tempat yang aman. Misalnya ke komputer atau menggunakan USB atau bisa juga disimpan ke awan (Cloud). Setelah selesai reset, data bisa diambil dan dipasang kembali di perangkat.

9. Serahkan Kepada Ahlinya

Cara terakhir adalah dengan membawa perangkat atau ponsel yang bermasalah tersebut ke Service Center. Serahkan perbaikannya kepada ahlinya karena mereka pasti memiliki teknisi profesional yang bisa menemukan penyebab masalah dan mengatasinya.

Biasanya hal ini yang dilakukan oleh banyak pengguna untuk menghindari “Factory Reset”. Meski begitu, disarankan agar tetap melakukan pencadangan jika memang teknisi juga beranggapan harus melakukan reset yang sama karena kerusakan yang terjadi.

Terkadang karena perbaikan yang dilakukan, tidak terhindarkan jika terjadi ada data yang hilang. Jadi agar tidak bermasalah dengan data, sangat perlu untuk membuat cadangan (back-up) agar semua data tetap aman. Baik dibutuhkan atau tidak, pencadangan tetap penting.

Cara mengatasi tombol back home dan recent tidak berfungsi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Namun, ada baiknya dilakukan satu persatu agar terlihat letak masalahnya atau penyebab terjadinya malfungsi tersebut.

Namun jika merasa khawatir malah memperburuk situasi, jangan lakukan tindakan teknis seperti reset. Lebih baik serahkan pada ahlinya agar penyebabnya diketahui dan diterapkan solusi yang tepat. Dengan begitu, tombol navigasi bisa berfungsi baik lagi seperti biasa.

Baca Juga: