5 Cara Mengatasi Layar HP Retak dengan Pasta Gigi

Abockbusup.com – Cara mengatasi layar HP retak dengan pasta gigi sering dilakukan karena caranya sangat sederhana. Bahkan semua orang bisa melakukan itu dengan baik tanpa harus memiliki kemampuan atau skill tertentu terlebih dahulu.

Biasanya setelah diterapkan cara ini, retak yang muncul akan hilang dengan sendirinya meskipun tidak akan terlalu karena mau bagaimanapun memang sangat sulit untuk menghilangkan retak dari partikel kaca.

Artikel ini tidak hanya akan membahas bagaimana cara menghilangkan retak pada layar HP pakai pasta gigi saja. Namun, juga akan ada beberapa alternatif lain untuk mengatasi HP retak agar bagian layar terlihat lebih sempurna.

Cara Mengatasi Layar HP Retak dengan Pasta Gigi

Apabila kamu ingin menerapkan secara langsung cara mengatasi layar HP retak dengan pasta gigi, bisa mengikuti beberapa langkah berikut.

  • Siapkan dahulu HP yang mengalami retak di bagian layarnya.
  • Gunakan pasta gigi atau odol yang biasa dan tidak dalam bentuk gel.
  • Setelah itu bisa diambil sedikit lalu digosokkan secara merata pada bagian yang retak.
  • Manfaatkan kain yang tipis untuk melakukan itu agar tidak menyebabkan gesekan.
  • Lakukan hingga layar mengering dan retak menipis.

Perlu diingat dengan baik jika cara ini tidak akan bisa benar-benar menghilangkan keretakan dengan baik. Namun, cara ini masih bisa dilakukan untuk meminimalisir keretakan. Jadi, jangan pakai metode ini untuk alternatif utama mengatasi HP yang mengalami retak.

Pasta gigi sebenarnya juga sangat berisiko saat digunakan. Jadi, pastikan untuk memahami apa saja risiko yang akan didapatkan jika menerapkan cara ini. Jika tidak, kamu sendiri yang akan rugi dan ponsel justru mengalami kerusakan yang jauh lebih parah.

Alternatif Lain yang Bisa Dipakai

Selain menggunakan pasta gigi, ternyata ada alternatif lain untuk mengatasi retak pada bagian layar HP. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

Baca Juga:  9 Cara Mengatasi HP Panas Batre Tanam Ampuh

1. Menggunakan lem khusus

Selain cara mengatasi layar HP retak dengan pasta gigi, ada alternatif lainnya yaitu dengan menggunakan lem khusus. Biasanya akan ada lem khusus yang digunakan untuk menyamarkan adanya retak di bagian layar lapisan atas.

Perlu diketahui bersama jika layar sebenarnya berlapis-lapis. Lapisan yang paling atas bisa digunakan untuk melindungi LCD di bagian bawahnya. Jadi, kalau bagian atas mengalami retak sebenarnya tidak ada masalah sama sekali.

Dengan menggunakan lem khusus ini, kamu bisa dengan mudah untuk menyatukan beberapa bagian yang dianggap tidak sesuai. Jadi, bagian retak masih bisa diminimalkan dan akhirnya bisa mengembalikan kondisi awal dari HP.

2. Memanfaatkan selotip

Sebuah HP mengalami keretakan yang cukup parah. Keretakan yang cukup parah ini biasanya membuat beberapa bagian jadi terbuka sehingga mau tidak mau memang harus diberikan selotip terlebih dahulu.

Penggunaan selotip ini dilakukan untuk membuat beberapa bagian dari layar tidak terbuka dengan sempurna. Jadi, apabila terkena kotoran ataupun terkena air tidak akan masuk ke dalamnya dan memicu kerusakan.

Selain itu, pemanfaatan selotip ini juga harus dilakukan secara maksimal. Gunakan selotip yang kuat tapi tidak terlalu tebal. Jadi, layar masih bisa dimanfaatkan dengan baik.

3. Menggunakan tempered glass

Selanjutnya adalah dengan memanfaatkan tempered glass. Layar yang mengalami retak biasanya akan rawan mengalami kerusakan. Jika dibiarkan begitu saja, dikhawatirkan retakan akan semakin melebar.

Untuk menghindari keretakan yang lebih parah serta bisa menyebabkan kerusakan pada LCD, disarankan untuk memanfaatkan tempered glass.

Cara pemasangan tempered glass sangat mudah. Tempelkan saja pada bagian atas layar untuk mengurangi risiko lebih parah.

Pemasangan dari tempered glass ini dilakukan untuk membuat permukaan menjadi lebih rata. Permukaan yang lebih rata ini akan lebih mudah dimanfaatkan sehingga ketika dipakai untuk bermain game atau sejenisnya jadi lebih nyaman.

Baca Juga:  4 Cara Mengatasi Layar Mati saat Menelpon HP Oppo

4. Diganti sendiri

Beberapa orang memiliki kemampuan servis yang cukup tinggi sehingga apabila terjadi retak bisa dilakukan penggantian layar sendiri. Ini bisa dilakukan jika lapisan bagian atas tidak menjadi satu dengan lapisan pada LCD.

Jadi, perbaikan ini dilakukan untuk mengganti bagian atas dari layar. Bukan mengganti seluruh layar sekaligus. Dengan melakukan ini berarti tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah yang terlalu banyak.

Namun, pastikan untuk melakukan dengan hati-hati apabila ingin mengganti sendiri. Apabila tidak dilakukan dengan hati-hati, kemungkinan besar bisa menyebabkan masalah yang cukup serius.

5. Dibawa ke tukang servis

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan cara dibawa ke tukang servis. Dengan melakukan itu, kemungkinan besar masalah retak pada layar masih bisa diatasi dengan lebih mudah. Hanya saja ada beberapa yang harus dipikirkan jika akan datang ke tukang servis.

Salah satu yang harus benar-benar dipikirkan dengan baik adalah biaya yang nantinya akan dikeluarkan. Beberapa tukang servis ada yang hanya memperbaiki bagian luar saja.

Sayangnya tidak sedikit yang meminta langsung mengganti layar LCD yang akan digunakan. Apabila hal ini yang terjadi, kemungkinan besar bisa mengeluarkan uang terlalu banyak. Jadi, sebelum memutuskan untuk ke tukang servis, cek fungsi dari HP terlebih dahulu.

Selama fungsinya tidak mengalami penurunan secara berlebihan, sepertinya tidak akan ada  masalah sama sekali. Namun, jika penurunannya terjadi cukup signifikan, lebih baik untuk dilakukan proses servis.

Cara Mencegah Layar HP Bisa Retak

Sebenarnya daripada melakukan perawatan pada layar HP yang retak, lebih baik untuk melakukan pencegahan. Cukup beberapa hal yang mungkin bisa mencegah agar layar HP tidak retak.

1. Gunakan casing

Cara mencegah layar HP rusak atau retak adalah dengan menggunakan casing. Ini adalah yang paling mudah untuk dilakukan karena akan membuat HP menjadi lebih aman. Baik untuk bagian layar atau bagian body yang lain.

Baca Juga:  7 Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Samsung

Casing yang digunakan sebenarnya bisa jenis apa saja. Tetapi disarankan untuk menggunakan yang berbahan cukup kuat. Bahan yang cukup kuat ini biasanya bisa menahan panas ataupun bisa juga mencegah air untuk masuk ke dalam HP.

2. Manfaatkan tempered glass

Pastikan untuk selalu menggunakan tempered glass versi standar ataupun yang versi biasa saja. Biasanya tempered glass ini bisa dimanfaatkan untuk menghindari retak pada bagian atas dengan mudah.

Meskipun terjadi retak, biasanya hanya pada bagian tempered glassnya saja. Bagian lainnya, terutama layar yang asli tidak akan ada masalah sama sekali.

3. Hindari terjatuh

Ada baiknya untuk menghindari ponsel digunakan secara sembarangan. Apabila digunakan secara sembarangan, kemungkinan besar bisa terjatuh dan akhirnya memicu masalah yang cukup serius.

4. Hindari benturan

Usahakan untuk menghindari adanya benturan yang terlalu keras khususnya pada bagian depan. Apabila benturannya tidak bisa diminimalkan, kemungkinan besar kerusakan pada layar bisa terjadi. Khususnya pada bagian LCD.

Cara mengatasi layar HP retak dengan pasta gigi merupakan salah satu alternatif. Selain itu, ada alternatif lain yang bisa digunakan untuk mengatasi retak sehingga bagian layar tidak terasa kasar atau tetap terlihat menarik.

Selain itu, pastikan untuk selalu menjaga HP dengan baik agar tidak mudah jatuh dan akhirnya retak. Karena pada beberapa merek HP, retak saja bisa menyebabkan kerusakan yang cukup besar yaitu memicu masalah pada LCD.

Baca Juga:

error: